Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi dengan Benar

Pembangunan kanopi memerlukan biaya yang tidak sedikit, jadi diperlukan cara menghitung biaya pembuatan kanopi secara rinci. Sekilas kanopi tidak memerlukan banyak material dibandingkan bagian rumah lainnya, Anda tetap harus memperkirakan biaya pembuatannya. Lagipula, Anda ingin merencanakan pembangunan sesuai anggaran, bukan?

Baik membangun kanopi sendiri atau memercayakan kepada tukang, biaya pembuatan adalah hal utama yang harus dipikirkan. Klopmart akan memberikan panduan lengkap dalam menghitung biaya pembuatan kanopi di artikel ini.

3 Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kanopi

Rumah minimalis mengandalkan kanopi untuk menambah aksen di fasadnya. Kanopi tidak sekadar membuat halaman depan rumah menjadi lebih indah, tapi memiliki banyak fungsi di dalamnya. Bagi pemilik rumah lahan sempit, kanopi dijadikan sebagai alternatif garasi untuk menyimpan mobil rumah.

Bentuk dan desain kanopi yang tersedia di internet bisa Anda jadikan sebagai inspirasi. Bagian atap kanopi tidak melulu tertutup, bisa pula dibuat transparan menggunakan bahan kaca. Paparan sinar matahari yang menembus kaca memberikan kesan hangat saat Anda berteduh di bawahnya.

Hal penting yang harus dilakukan dalam pembuatan kanopi adalah sketsa atau desain kanopi, selain biaya yang diperlukan. Anda bisa memilih inspirasi kanopi yang tersebar di internet, tapi sesuaikan pula dengan tampilan depan rumahnya. Sketsa tersebut menjadi gambaran ukuran kanopi yang hendak dibangun dan dari situlah kita bisa membuat perkiraan kebutuhan materialnya.

Baca juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Supaya Hemat!

Setelah membuat sketsa, lakukan penghitungan biaya pembangunannya. Beginilah cara menghitung biaya pembuatan kanopi yang tepat.

1. Hitung Harga Material

Perkirakan material kanopi sesuai desain yang telah dibuat. Misalnya, Anda hendak membuat kanopi atap spandek, lakukan riset harga pasaran material tersebut. Pertimbangkan juga ukuran yang dibutuhkan, karena harga material tergantung pada ukurannya.

Berikut ini harga pasaran material kanopi yang tersedia di Klopmart:

  • Atap spandek: Rp85.000 ukuran 0.30 mm
  • Atap UPVC Rooftop: Rp150.000 per m²
  • Atap Tembus Pandang Rp3.850.000 ketebalan 5 mm
  • Tiang besi hollow Rp137.000 ukuran 4x4. Panjang 6 meter, jadi bisa dibagi dua sesuai ukuran tinggi yang dibangun.

Misalnya, Anda hendak membuat kanopi berukuran 2x2 meter dengan tinggi 2,5 meter, jadi luasnya adalah 4 m². Bahan yang atap yang diperlukan adalah UPVC dan tiangnya dari besi hollow. Anda hanya perlu membeli dua tiang besi hollow, tapi harus mengkalkulasikan harga atap yang diperlukan.

Jadi, total material kanopi yang dibutuhkan adalah:

  • Atap UPVC: 4 m² x Rp150.000= Rp600.000
  • Besi hollow: 2 x Rp137.000= Rp274.000

Total biaya material kanopi yang dibutuhkan adalah Rp874.000.

Baca juga: 7 Tanaman Rambat Untuk Kanopi di Rumah

2. Hitung Biaya Pemasangan dari Tukang

Anda mungkin memerlukan kontraktor untuk memasang kanopi di rumah. Riset biaya tukang untuk membuat kanopi terkini. Alangkah baiknya Anda membuat perjanjian mengenai biaya kontraktor sehingga tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak.

3. Hitung Biaya Bahan Bangunan Lainnya

Cara menghitung biaya pembuatan kanopi yang terakhir adalah memasukkan biaya bahan bangunan lainnya. Anda mungkin memerlukan bahan bangunan lainnya untuk kelancaran pembuatan kanopi, seperti bor, paku, dan lain-lain. Anda mungkin memerlukan cat untuk mewarnai kanopi agar tidak terkesan polos.

Tidak ada salahnya menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga apabila ada kekurangan material dalam proses pembangunannya. Anda pun harus menyewa alat keamanan saat bekerja karena pemasangan kanopi cukup tinggi.

Baca juga: Ukuran Kawat Bendrat yang Beredar di Pasaran & Kegunaannya

Gunting kawat beton harus ada dalam pembuatan kanopi agar proses pemotongan besi bisa berjalan lebih lancar. Hasil potongan pun menjadi lebih mulus, sehingga tiang kanopi terlihat lebih menarik. Kabar bagusnya, Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah hanya di Klopmart.

Semoga cara menghitung biaya pembuatan kanopi di atas bisa menjadi panduan lengkap untuk Anda.

Sumber artikel:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Mar 2022

Related Article