Belum Berhasil? Ikuti 6 Cara Menghilangkan Noda Di Marmer di Sini!

Noda membandel di marmer sulit hilang meski sudah coba dibersihkan? Mungkin saja cara yang Anda lakukan belum tepat. Pasalnya membersihkan noda yang sudah cukup lama bisa jadi sangat sulit dilakukan. 

Promo Klopmart

Namun jangan khawatir, Klopmart punya berbagai cara menghilangkan noda di marmer yang bisa Anda coba dengan beberapa bahan sederhana yang ada di rumah. Selain itu Klopmart juga akan mengajak Anda mempelajari cara merawat marmer sehingga usia pemakaiannya dapat bertahan untuk waktu yang sangat lama. 

Begini 6 Cara Menghilangkan Noda di Marmer

Menghilangkan noda di marmer sebenarnya tak sulit dilakukan. Hanya saja Anda perlu tahu cara melakukan atau menanganinya dengan benar. Coba ikuti beberapa caranya di bawah ini!

1. Menggunakan Larutan Air dan Sabun

Jika noda pada marmer masih terbilang baru, berarti penanganannya masih cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu membasahi kain lembut dengan campuran air dan sabun, kemudian lap perlahan permukaan marmer yang terkena noda. Gosok dengan lembut dan ulangi prosesnya sampai noda hilang. 

2. Menerapkan Pasta Baking Soda

Perlu Anda ketahui bahwa baking soda adalah bahan pembersih alami yang efektif untuk menghilangkan noda pada permukaan marmer. Itu sebabnya penggunaan baking soda sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat umum dan profesional. 

Penggunaannya mudah saja, Anda tinggal mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang kental. Lalu oleskan pasta ini ke noda dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu bersihkan dengan kain lembut dan bilas lagi dengan air bersih. 

3. Menggunakan Larutan Cuka

Tahukah Anda bahwa cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan noda? Penggunaan cuka untuk proses pembersihan dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam air di suatu botol semprot. Kemudian Anda bisa menyemprotkannya langsung ke noda tersebut. 

Diamkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan kain lembut. Pastikan untuk membilas permukaan marmer dengan air bersih setelah penggunaan cuka. Anda pun bisa mengulangi proses ini beberapa kali untuk memastikan seluruh noda pada marmer bersih seperti sedia kala. 

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

4. Menerapkan Pasta Hidrogen Peroksida

Pasta hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada marmer. Campurkan hidrogen peroksida dengan tepung jagung atau tepung maizena hingga membentuk pasta. 

Kemudian oleskan pasta ini ke noda dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya dengan kain lembut. Metode ini terbukti efektif untuk menghilangkan noda membandel, seperti minyak. Jika permukaan marmer masih terasa berminyak dan menyisakan noda, Anda bisa mengulangi proses ini lagi hingga benar-benar bersih. 

5. Menggunakan Amonia

Untuk membersihkan noda di marmer menggunakan amonia, Anda perlu mencampurkan satu bagian amonia dengan tiga bagian air dalam sebuah wadah. Setelah larutan terbentuk, basahi kain bersih dengan larutan tersebut dan gunakan untuk membersihkan permukaan marmer yang terkena noda. 

Gosok perlahan-lahan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat noda secara perlahan. Setelah selesai, bilas permukaan marmer dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut. Pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan tangan dan memastikan ruangan berventilasi dengan baik saat menggunakan amonia karena bahan tersebut dapat beracun.

6. Campurkan Jeruk Nipis dan Garam

Untuk membersihkan noda pada marmer dengan jeruk nipis dan garam, pertama, ambil jeruk nipis dan peras sehingga jusnya keluar. Taburkan sedikit garam di atas noda yang ingin Anda bersihkan. 

Kemudian, teteskan jus jeruk nipis ke atas garam. Biarkan campuran tersebut meresap ke noda selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan kain lembut atau spons untuk menggosok perlahan area yang bernoda dengan gerakan melingkar. Bilas dengan kain basah dan keringkan. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

5 Tips Merawat Marmer untuk Pemakaian Jangka Panjang

Demi penggunaan marmer dalam waktu yang lama, Anda perlu memahami bagaimana cara merawatnya dengan benar. Berikut beberapa tips merawatnya yang perlu dilakukan secara berkala:

1. Gunakan Pembersih yang Tepat

Pilihlah pembersih yang dirancang khusus untuk marmer saat membersihkan permukaannya. Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras yang dapat merusak lapisan pelindung alami marmer. Gunakan bahan pembersih yang lembut dan tidak abrasif untuk menjaga keindahan permukaan marmer Anda.

2. Hindari Produk Abrasif

Hindari penggunaan produk pembersih atau alat yang bersifat abrasif seperti sikat berbulu keras atau spons kasar saat membersihkan marmer. Penggunaan bahan yang abrasif dapat merusak lapisan permukaan marmer dan menyebabkan goresan atau kerusakan lainnya. 

3. Lakukan Penyegelan Rutin

Penyegelan alias sealant adalah langkah penting dalam merawat marmer untuk mempertahankan keindahannya dan melindungi permukaannya dari noda dan kerusakan. Proses penyegelan ini sangat penting dan perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan perlindungan yang optimal. Penyegelan akan membantu mencegah penetrasi noda dan cairan ke dalam permukaan marmer sehingga kilau alami dari batuan tersebut dapat bertahan lama.

4. Hindari Paparan Terhadap Bahan Kimia Berbahaya

Hindari meletakkan bahan kimia berbahaya seperti asam atau bahan berbasis alkali secara langsung di atas permukaan marmer. Kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan korosi dan merusak marmer secara permanen. Jadi pastikan Anda selalu berhati-hati saat menggunakan bahan kimia di sekitar permukaan marmer.

Baca juga: 4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

5. Bersihkan Tumpahan Sesegera Mungkin

Segera bersihkan tumpahan cairan atau noda yang ada pada permukaan marmer untuk mencegah penyerapannya ke dalam marmer. Gunakan kain lembut dan bersihkan dengan gerakan ringan untuk menghindari goresan. 

Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak lapisan permukaan marmer. Dengan menjaga permukaan marmer Anda tetap bersih dan kering maka Anda dapat mencegah terjadinya noda dan menjaga keindahannya dalam jangka waktu yang lama.

Jadi itu dia berbagai cara menghilangkan noda di marmer sehingga permukaannya berkilau seperti sedia kala. Melalui informasi ini semoga Anda jadi bisa membersihkan permukaan marmer dengan baik. Kemudian jangan lupa untuk melakukan perawatan yang diperlukan secara berkala agar pemakaian marmer tersebut dapat terus dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Jual Material Bangunan

Jika Anda membutuhkan bahan pembersih atau perlengkapan perawatan marmer yang berkualitas, langsung saja kunjungi Klopmart yang merupakan Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap

Di Klopmart, Anda dapat menemukan berbagai produk perawatan marmer untuk merawat dan memperindah marmer di rumah. Jangan khawatir jika Anda tidak punya waktu untuk membeli berbagai bahan material yang dibutuhkan karena Klopmart dapat diakses dari mana saja dan kapan saja secara online. Lalu tunggu apa lagi? Temukan semua bahan dan peralatan yang Anda butuhkan sekarang juga hanya di Klopmart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya