Tips & Trik

10 Cara Menghilangkan Lem Korea di Tangan tanpa Bekas

Media
17 Feb 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara menghilangkan lem korea di tangan menjadi topik yang sangat penting, terutama bagi yang sering berurusan dengan pekerjaan kreatif atau proyek DIY. Saat melakukan proyek tersebut, Anda pasti pernah mengalami momen lem korea yang sulit dihilangkan ketika menempel di tangan. 



Dalam situasi saat lem korea menempel di tangan, rasa kebingungan seringkali muncul karena melepaskan rekatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Artikel ini hadir untuk memberikan solusi dengan menjelaskan panduan tentang cara efektif menghilangkan lem korea yang membandel dari kulit tangan Anda. Simak artikel ini sampai tuntas!

Apa itu Lem Korea dan Mengapa Sulit Dihilangkan dari Tangan?

Lem Korea adalah jenis lem yang sering digunakan dalam berbagai proyek kerajinan tangan, seperti scrapbooking, membuat kartu ucapan, dan berbagai proyek DIY lainnya. Lem ini dikenal karena kekuatan rekatnya yang sangat baik dan kemampuannya untuk menempel pada berbagai jenis permukaan.

Lem korea umumnya mengandung bahan-bahan seperti resin sintetis, pelarut, dan zat kimia lainnya. Adapun komposisi ethyl cyanocrylate yang dikandungnya membuat lem korea cepat mengering dan memiliki daya rekat yang kuat. 

Baca juga: 6 Jenis Jenis Lem beserta Kegunaannya

Cara Menghilangkan Lem Korea di Tangan

Untuk mengatasi masalah lem korea yang menempel di tangan, berikut adalah sepuluh cara yang dapat Anda coba. Meski begitu, pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

1. Dikelupas Perlahan

Cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan lem korea yang menempel di tangan adalah dengan mengelupasnya perlahan. Meski begitu, untuk melakukan langkah ini, pastikan lem sudah agak mengering sehingga memudahkan proses pengelupasan. Sebaiknya, lakukan dengan hati-hati untuk menghindari rasa tidak nyaman atau bahkan cedera kulit.

2. Air Sabun

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba adalah mencuci tangan dengan campuran air hangat dan sabun. Kombinasi air hangat dan sabun bekerja secara sinergis, yakni air hangat membantu melunakkan lapisan lem, sedangkan sabun membantu mengangkat residu dan kotoran dari lem itu sendiri.

3. Minyak atau Mentega

Metode penggunaan minyak atau mentega telah lama menjadi rahasia alami tanpa harus merusak kulit untuk menghilangkan lem korea yang menempel di tangan. Kedua bahan ini memiliki sifat yang melembutkan dan melumasi sehingga berfungsi sebagai agen pelunak yang efektif. Begitu lem mengering, segera oleskan dengan lembut minyak atau mentega pada area yang terkena lem tersebut.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Lem Kayu Fox Putih yang Tepat

4. Aseton

Pada umumnya, aseton merupakan bahan yang populer sebagai penghapus cat kuku. Meski begitu, bahan yang satu ini terkenal ampuh menghilangkan lem korea yang menempel do tangan.

Caranya sederhana, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit aseton pada kapas atau kain lunak, lalu tepuk lembut pada area yang terkena lem. Penting untuk diingat, penggunaan aseton perlu dilakukan dengan hati-hati karena mungkin menyebabkan iritasi, terutama pada kulit yang sensitif.

5. Air Lemon

Memiliki sifat asam, air perasan lemon dapat menjadi bahan alami untuk menghilangkan lem korea yang menempel di tangan. Anda perlu merendam area kulit yang terkena lem selama 5 hingga 10 menit, kemudian gosok halus menggunakan kapas sampai lemnya hilang dan bilas dengan air bersih. 

Perlu diingat bahwa air lemon dapat membuat kulit Anda kering. Oleh karena itu, setelah proses penghilangan lem, sebaiknya aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Hindari juga area sensitif, seperti mata, hidung, dan mulut. 

6. Garam

Sebagai agen pengikis yang efektif, garam dapat membantu melepaskan daya rekat lem dengan mudah. Caranya adalah dengan menaburkan garam ke area kulit yang terkena lem. Selanjutnya, gosok perlahan dan masukkan tangan yang telah ditaburi dengan garam ke dalam air. Anda dapat melepaskan lem yang melekat tadi di dalam air dengan cara menggosoknya perlahan.

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Lem Besi atau Epoxy

7. Batu Apung

Batu apung menjadi alat yang efektif untuk mengatasi masalah lem korea yang menempel di tangan. Meski begitu, perlu diperhatikan untuk menggunakan batu apung dengan hati-hati, terutama pada area wajah atau kulit sensitif. Apabila cara ini dirasa terlalu menyakitkan, segera mencari atau mencoba cara lain.

Untuk menghilangkan lem korea di tangan, sebaiknya Anda merendam terlebih dahulu area yang terkena lem dalam campuran air hangat dan sabun. Air sabun yang hangat membantu melunakkan lem sehingga nantinya penggunaan batu apung dapat lebih efektif. Selanjutnya, gosokkan batu apung ke area kulit yang terkena lem dengan gerakan memutar sehingga tidak merusak kulit. 

8. Thinner

Selain sebagai pengencer cat, thinner juga dapat digunakan untuk melarutkan lem korea dengan efektif. Memiliki kandungan alkohol, sebaiknya gunakan thinner jika Anda tidak memiliki riwayat alergi kulit.

Thinner bekerja dengan prinsip melarutkan senyawa-senyawa yang membentuk lem korea untuk memecah daya rekatnya terhadap permukaan kulit. Penggunaan thinner juga relatif mudah, yaitu cukup aplikasikan cairan thinner pada area yang terkena lem menggunakan kapas atau kain bersih. Selanjutnya, gosok lembut hingga lem mulai melarut.

9. Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah suatu zat semacam gel yang terbuat dari campuran minyak mineral dan lilin sehingga aman untuk digunakan pada kulit. Bahan yang satu ini seringkali dianggap ampuh untuk menghilangkan lem korea yang melekat pada tangan dengan cara melembutkan lem. 

Proses penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan mengoleskan petroleum jelly secara merata pada area yang terkena lem. Selanjutnya, diamkan beberapa saat agar petroleum jelly meresap dan bekerja secara optimal pada lem yang menempel. Setelah merasa lem sudah lebih lunak, Anda dapat mengelupasnya dengan lebih mudah.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Lem Super Glue di Tangan

10. Detergen

Detergen yang umumnya digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian juga dapat digunakan untuk mengatasi lem korea yang menempel di tangan. Detergen sendiri memiliki sifat pembersih yang mampu melunakkan daya rekat lem menjadi lebih lentur dan memungkinkan untuk dilepaskan dengan lebih mudah.

Adapun proses penggunaannya sangat sederhana, yaitu campurkan detergen dengan air hangat. Selanjutnya, gosok perlahan campuran larutan tadi pada area kulit yang terkena lem untuk memastikan detergen meresap ke dalam lapisan lem. Setelah itu, rendam tangan yang terkena lem tadi selama 15 hingga 20 menit hingga lapisan lem mengelupas. 

Demikianlah informasi seputar cara menghilangkan lem korea di tangan dengan efektif, mulai dari penggunaan air sabun, minyak atau mentega, aseton, air lemon, hingga batu apung. Pastikan untuk memilih metode dan bahan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda guna menghindari terjadinya iritasi. 



Tidak ingin lagi repot dengan lem korea yang sulit menempel di tangan? Temukan solusi terbaik dan kualitas tepercaya di Klopmart! Sebagai toko material bahan bangunan online terlengkap, kami menyediakan berbagai pilihan lem korea berkualitas untuk proyek Anda. Kunjungi laman Klopmart sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://health.clevelandclinic.org/how-to-get-super-glue-off-your-skin 

  • https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-petroleum-jelly-untuk-perawatan-kecantikan 

  • https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-atasi-super-glue-yang-menempel-di-tangan

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb