Bagaimana Cara Menghilangkan Cat di Keramik?

Cara menghilangkan cat di keramik selalu membuat kita jadi was-was karena takut keramik jadi rusak atau tergores. Namun, kesalahan ini biasanya terjadi karena teknik yang kurang tepat.

Bagi Anda yang belakangan ini dipusingkan dengan noda cat membandel pada keramik, berikut ini ada beberapa cara membersihkan cat di keramik yang bisa Anda coba. Mudah dan murah, tentunya!

Cara Menghilangkan Cat di Keramik

Bagaimana cara menghilangkan cat di keramik yang sangat mengganggu keindahan dan kebersihannya? Berikut barisan caranya.

1. Gosok cat dari keramik dengan sikat gigi

Cara ini paling sering dilakukan oleh para pekerja konstruksi atau tukang bangunan karena memang cenderung mudah. Noda cat apapun itu, jika sudah mengering di permukaan keramik, tentu akan lebih mudah terkikis bila digosok. Basuh keramik dengan air sabun dan mulailah menggosok.

Namun, Anda perlu tahu juga kalau cara mudah menghilangkan cat di keramik ini cukup berisiko karena bisa membuat keramik tergores. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang lebih lembut apabila hanya ada sedikit noda cat.

2. Lap dengan tetesan cuka

Kandungan asam yang tinggi pada cuka menjadikannya agen pembersih yang sangat baik. Cara menghilangkan noda cat di keramik ini juga alami dan aman, tidak berpotensi merusak keramik kesayangan Anda. Satu tips bagi Anda yang ingin membersihkan keramik dengan cuka adalah untuk tidak langsung meneteskannya ke keramik. 

Sebaiknya, teteskan cuka ke kain, lalu lap keramik dengan lap tersebut. Gosok lembut beberapa kali dan biarkan cuka bereaksi. Bila noda cat masih membandel, panaskan cuka selama beberapa menit di atas kompor, lalu ulangi menggosok cat pada keramik dengan cuka panas.

3. Semprotkan noda cat dengan hairspray

Selain cuka, hairspray juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cat di keramik. Jika Anda punya hairspray di rumah, segera ambil dan semprotkan tepat di area noda cat pada keramik. Tekstur hairspray yang lengket saat sudah mengering akan mempermudah noda cat terangkat bersih saat digosok. 

Setelah Anda menyemprotkan hairspray ke atas noda cat di keramik, tunggu beberapa detik hingga mengering, lalu bersihkan dengan lap bersih. Begitu keramik sudah bersih, bilas keramik dengan air hangat supaya tidak lengket. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Ember Bekas Cat Tembok

4. Gosok dengan belimbing wuluh

Ada satu lagi cara menghilangkan cat di keramik yang alami, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh.

Seperti cuka, belimbing wuluh terkenal sebagai buah dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Sehingga, aman digunakan untuk menghilangkan bekas cat di permukaan lantai keramik. Caranya juga sangat mudah, Anda bisa langsung mengoleskan potongan belimbing wuluh pada keramik yang ternoda cat. Lalu, seka dengan kain lembut.

5. Gunakan jeruk nipis

Noda cat di lantai dapat Anda bersihkan dengan perasan jeruk nipis lho. Bahkan jeruk nipis juga dapat membersihkan noda semen yang melengket di keramik.

Sama seperti belimbing wuluh, perasan jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang dapat membersihkan noda, termasuk noda cat di lantai.

Namun, saat membersihkan noda cat di lantai keramik, Anda harus hati-hati karena jika berlebihan dapat merusak permukaan lantai.

6. Gunakan ampelas halus

Cara berikutnya bisa menjadi cara yang paling mudah untuk menghilangkan bekas cat pada keramik.

Hanya saja, cara ini cukup berisiko jika Anda kurang berhati-hati. Jadi apa yang dapat Anda lakukan? Anda dapat menggosok noda cat yang menempel di lantai keramik, tetapi pastikan tidak digosok terlalu kuat.

Pertama, sekalah keramik yang terkena noda terlebih dahulu menggunakan kain basah, lalu gosok noda cat tersebut dengan perlahan menggunakan ampelas halus.

Saat mendapati noda cat mulai terkikis, bersihkan kikisan noda cat yang sudah menjadi debu tersebut dengan cara menyekanya secara perlahan.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi yang Membandel

7. Gunakan kape

Scraper atau kape dapat Anda gunakan untuk mengikis noda cat membandel yang menempel di permukaan lantai keramik.

Mirip seperti menggunakan ampelas cara ini cukup berisiko membuat keramik Anda tergores. Jadi, basahi terlebih dahulu keramik yang akan Anda hilangkan nodanya.

Gunakan kape secara perlahan untuk mengikisnya dan bersihkan kikisan bekas cat yang menempel di lantai keramik seperti cara No. 6.

8. Gosok dengan batu apung

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas cat yang menempel di lantai keramik adalah menggunakan batu apung.

Caranya cukup mudah, merendam batu apung terlebih dahulu di air panas. Kemudian, basahkan terlebih dahulu keramik yang akan dibersihkan.

Ada baiknya sebelum menggosok, gunakanlah sarung tangan supaya tangan Anda terlindungi. Pastikan Anda menggosok secara perlahan dan berhenti ketika bekas cat mulai terlihat pudar dan menghilang.

9. Gunakan thinner

Bila semua cara di atas masih belum ampuh, Anda bisa menggunakan thinner untuk membersihkannya. Nah, apakah thinner bisa menghilangkan cat di keramik?

Ya, tentu saja thinner bisa menghilangkan cat, fungsi thinner ini bekerja dengan menipiskan cat, sehingga mampu membantu Anda untuk membersihkan cat dari keramik dengan lebih mudah dan cepat.

Pastikan Anda menggunakan bahan ini di ruangan terbuka, lalu kenakan juga sarung tangan karet. Tuangkan thinner ke atas kain, kemudian gunakan kain tersebut untuk membersihkan cat dari keramik.

Jangan lupa untuk membilas lantai dengan air bersih Anda juga dapat menggunakan cairan pewangi lantai untuk menghilangkan bau yang menguap. 

Baca juga: 4 Jenis Thinner dan Berbagai Fungsinya

10. Gunakan paint remover

Bila menggunakan thinner masih belum bisa membersihkan noda cat dari keramik secara tuntas, maka cara menghilangkan cat di lantai keramik yang bisa Anda andalkan adalah paint remover.

Fungsinya memang khusus untuk membersihkan noda cat dan dijual dengan level agresivitas yang bervariasi. Kenakan sarung tangan karet, lalu celupkan kuas ke paint remover. Oleskan ke area keramik yang terkena cat dan tunggu sampai 3 menit. Kemudian, gosok dengan kape dan lap bersih dengan kain. 

Anda bisa mendapatkan paint remover dengan mudah di toko bangunan terdekat atau langsung pesan di Klopmart.

Baca juga: Pahami Cara Menggunakan Paint Remover

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan Propan Paint Remover yang ampuh membersihkan keramik dari cat tembok, duco, vernis, dan lain-lain. Nah, Anda bisa menemukan harga Propan Paint Remover terbaik di Klopmart. Semoga informasi seputar cara menghilangkan cat di keramik ini bisa membantu Anda!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya