6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Menghilangkan bau apek pada sofa bisa menjadi tugas yang menantang bagi banyak orang. Bau apek sering kali muncul akibat kelembapan yang terperangkap di dalam bahan sofa, terutama jika sofa tersebut sering terkena hujan atau kelembapan udara yang tinggi. Bau ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa membuat ruangan terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode sederhana yang dapat Anda coba. 

Dari membersihkan sofa secara menyeluruh hingga menggunakan bahan alami sebagai penghilang bau, berbagai cara ini bisa membantu mengembalikan kesegaran sofa Anda. Simak artikel ini untuk mengetahui cara-cara efektif dalam menghilangkan bau apek pada sofa dan menjaga kualitas serta kenyamanannya.

promo klopmart

6 Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa 

Menghilangkan bau apek pada sofa memerlukan perhatian khusus dan beberapa langkah pembersihan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah bau apek pada sofa Anda:

1. Vakum Sofa Secara Rutin 

Salah satu langkah paling dasar dan efektif dalam menghilangkan bau apek pada sofa adalah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan mesin penghisap debu atau vakum. Selipkan alat penyedot kain pada vakum dan usahakan untuk menyedot setiap bagian sofa, termasuk celah-celah di antara bantal dan lipatan sofa.

Debu, kotoran, dan partikel lainnya yang menumpuk di sofa dapat menjadi salah satu penyebab utama munculnya bau apek. Melalui pembersihan secara rutin, Anda dapat mengurangi akumulasi debu dan kotoran yang dapat menyebabkan bau tidak sedap.

2. Membersihkan Noda dan Basahi Kain

Jika sofa Anda memiliki noda atau area yang basah, segera bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dengan campuran air dan sedikit detergen ringan. Hindari penggunaan terlalu banyak air karena bisa memperparah masalah bau apek dan menyebabkan kelembapan berlebih di dalam sofa. Setelah membersihkan noda atau basahan, keringkan dengan kain bersih atau gunakan pengering rambut dengan pengaturan dingin untuk menghindari kerusakan pada bahan sofa.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Akuarium dengan Mudah

3. Penggunaan Pembersih Khusus Sofa 

Ada berbagai jenis pembersih khusus untuk sofa yang tersedia di pasaran. Pilihlah pembersih yang aman untuk bahan sofa Anda dan ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Sebelum mengaplikasikan pembersih secara menyeluruh, lakukan tes kecil pada bagian tersembunyi dari sofa untuk memastikan tidak ada reaksi yang tidak diinginkan. Pembersih khusus sofa ini dirancang untuk membersihkan bahan sofa tanpa merusak atau mengubah tekstur dan warnanya.

4. Menggunakan Bahan Alami 

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk menyerap dan menghilangkan bau apek. Taburkan baking soda secara merata di seluruh permukaan sofa dan biarkan selama beberapa jam atau semalam penuh sebelum menyedotnya dengan vakum. 

Baking soda akan menyerap bau yang tidak sedap dan meninggalkan sofa Anda dengan aroma segar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan arang aktif sebagai alternatif lain untuk menyerap bau apek pada sofa dengan cara yang sama.

5. Menjaga Kelembapan Ruangan 

Kelembapan yang tinggi dalam ruangan dapat menjadi penyebab utama munculnya bau apek pada sofa. Gunakan dehumidifier atau alat pengering udara untuk menjaga kelembapan ruangan tetap optimal, yaitu antara 40%-60%. 

Selain itu, pastikan ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dengan membuka jendela atau menggunakan kipas angin. Hindari menempatkan sofa di area yang lembap atau dekat dengan sumber kelembapan seperti area yang sering terkena hujan atau dekat kamar mandi.

6. Menggunakan Aromaterapi 

Minyak esensial dengan aroma yang menyegarkan seperti lavender, lemon, atau peppermint dapat menjadi solusi alternatif untuk menghilangkan bau apek pada sofa. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dalam botol semprot dan semprotkan pada sofa Anda.

Aroma segar dari minyak esensial tidak hanya akan membantu mengatasi bau apek tetapi juga memberikan kesan yang lebih menyenangkan dan relaksasi dalam ruangan. Anda dapat melakukan ini secara rutin untuk menjaga sofa tetap harum dan segar.

Baca juga: 10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut

5 Penyebab Sofa Memiliki Bau Apek 

Sofa yang memiliki bau apek bisa menjadi masalah yang mengganggu dan tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini dengan efektif, penting untuk memahami penyebab munculnya bau apek pada sofa. Berikut adalah beberapa penyebab utama sofa memiliki bau apek:

1. Kelembapan Tinggi 

Salah satu penyebab utama sofa memiliki bau apek adalah kelembapan udara yang tinggi di sekitar sofa. Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan sofa menjadi lembap, dan ini menjadi lingkungan ideal bagi jamur dan bakteri untuk tumbuh. Jamur dan bakteri inilah yang seringkali menjadi penyebab munculnya bau apek.

2. Tumpukan Debu dan Kotoran 

Sofa yang jarang dibersihkan atau tidak pernah disedot debunya dapat menumpuk debu, kotoran, dan partikel lainnya. Partikel-partikel ini dapat menahan kelembapan dan menjadi media pertumbuhan bagi jamur dan bakteri, yang pada akhirnya menyebabkan sofa berbau apek.

3. Tumpahan Cairan Basah 

Tumpahan cairan seperti air, teh, kopi, atau minuman lainnya yang tidak segera dibersihkan dapat meresap ke dalam bahan sofa dan menyebabkan sofa menjadi basah atau lembap. Kelembapan yang disebabkan oleh tumpahan cairan ini dapat menjadi penyebab munculnya bau apek jika tidak segera ditangani.

4. Kurangnya Sirkulasi Udara 

Sofa yang diletakkan di area yang kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik, seperti di sudut ruangan yang tertutup atau di area yang jarang terkena sinar matahari, cenderung lebih mudah mengembangkan bau apek karena kurangnya ventilasi udara yang baik.

Baca juga: 12 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah!

5. Penggunaan Bahan Material yang Tidak Tahan Air

Beberapa sofa terbuat dari bahan material yang tidak tahan air atau mudah menyerap kelembapan, seperti kapas atau linen. Jika sofa terbuat dari bahan material ini dan sering terkena cairan, maka sofa akan mudah lembap dan berpotensi mengembangkan bau apek.

sanitary ware

Melalui pemahaman akan penyebab serta menerapkan langkah-langkah pembersihan dan perawatan yang tepat, Anda dapat menghilangkan bau apek pada sofa dan menjaga sofa Anda tetap bersih, segar, dan nyaman digunakan. Membersihkan sofa secara rutin, menjaga kelembapan ruangan, dan menggunakan bahan alami seperti baking soda atau minyak esensial adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah bau apek.

Jika Anda membutuhkan peralatan atau bahan-bahan untuk melakukan perawatan dan pembersihan sofa Anda, Anda dapat mengunjungi toko jual material bahan bangunan online terlengkap, yaitu Klopmart. Klopmart menyediakan berbagai macam material dan peralatan rumah tangga termasuk pembersih khusus sofa, vakum, dan bahan-bahan alami seperti baking soda atau minyak esensial. 

Maka dari itu, dengan berbelanja di Klopmart, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk merawat dan membersihkan sofa Anda agar tetap dalam kondisi terbaik dan bebas dari bau apek.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya