4 Cara Menggunakan Obeng dengan Tepat

Terdapat beberapa cara menggunakan obeng dengan tepat. Meskipun terkesan mudah, cara menggunakan obeng perlu Anda perhatikan, karena jika salah bisa melukai tangan Anda dan merusak sekrup sehingga tidak lagi bisa dilepas atau dipasang. Ini karena obeng memiliki berbagai jenis dengan fungsinya masing-masing. 

Tujuan penggunaan setiap obeng berbeda-beda tergantung pada pekerjaan yang Anda kerjakan. Selain jenis, terdapat berbagai ukuran yang dimiliki oleh mata obeng, sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan ukuran sekrup yang digunakan. Untuk membuat Anda lebih memahami cara menggunakan obeng, perhatikan penjelasan berikut. 

Cara Menggunakan Obeng dengan Benar

Memiliki 12 jenis dengan berbagai ukuran, bentuk dan tujuan penggunaannya, setiap obeng sebenarnya digunakan dengan cara yang sama. Anda hanya perlu memutar ke arah kanan untuk mengencangkan sekrup atau ke arah kiri untuk mengendurkan sekrup. Namun Anda perlu memperhatikan fitur lain yang terdapat pada setiap obeng. Sebelum memilih dan menggunakan obeng untuk pekerjaan Anda, perhatikanlah beberapa poin di bawah ini.

Baca juga: Sejarah Obeng, Perkakas Serba Guna!

1. Memastikan Obeng dalam Keadaan Baik

Sebelum Anda menggunakan obeng untuk berbagai pekerjaan ingin dikerjakan, pastikan bahwa obeng dalam keadaan baik. Ini penting untuk dilakukan karena obeng yang patah atau berada dalam kondisi yang tidak baik bisa melukai Anda. Pastikan bahwa batang obeng yang Anda pegang tidak ada yang retak.

Selain itu pemasangan mata obeng juga harus pas dan tidak kendur. Apalagi jika Anda menggunakan obeng elektrik yang akan sangat berbahaya jika pemasangan mata obeng tidak dilakukan dengan baik. Mata obeng bisa saja terpental dengan tidak terkendali. 


2. Memilih Mata Obeng yang Sesuai

Saat Anda mengerjakan proses mengencangkan atau mengendurkan sebuah sekrup, memastikan bahwa mata obeng memiliki bentuk yang pas adalah hal yang penting. Jika bentuk sekrup dengan bentuk mata obeng tidak sesuai, maka sekrup tidak akan bergerak pada arah yang Anda inginkan. Hal ini juga bisa melukai Anda saat melakukan pekerjaan. Jadi pastikan bahwa bentuk mata obeng dan sekrup sama. 

Baca juga: Punya Fungsi Tambahan, Ini Dia Fungsi Obeng yang Harus Anda Ketahui

3. Memilih Ukuran Mata Obeng yang Pas

Cara menggunakan obeng dengan benar selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa ukuran mata obeng dan sekrup sesuai juga tidak boleh dilewatkan. Ada dua kemungkinan jika ukuran mata obeng dan sekrup tidak pas.

  • Jika ukuran mata obeng lebih kecil dari sekrup, daya atau kekuatan obeng untuk memutar sekrup tidak cukup. Jadi Anda tidak bisa melepas atau memasang sekrup dengan benar.
  • Jika ukuran mata obeng lebih besar dari sekrup, maka kekuatan untuk memutar sekrup jadi terlalu besar. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan sekrup atau barang tersebut. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Obeng Terbaik untuk Anda


4. Memastikan Penggunaan Obeng Sesuai Pekerjaan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bahwa Anda perlu menggunakan setiap jenis obeng sesuai dengan fungsinya. Misalnya Anda ingin mengencangkan sekrup dengan maksimal di suatu mesin kendaraan, maka Anda bisa menggunakan obeng ketok. Jangan sampai Anda menggunakan obeng gagang stabil untuk mengencangkan dengan maksimal, karena sekrup tidak akan bisa terpasang dengan maksimal. 

Selain itu Anda tidak bisa asal mengetuk obeng dengan palu atau alat bantu lain untuk mengencangkan, karena obeng bisa patah. Apabila pekerjaan cukup ringan, Anda bisa menggunakan obeng plus, obeng minus dan obeng aksesori. Sebaliknya, jika pekerjaan cukup berat, Anda bisa menggunakan obeng elektrik atau obeng ketok.

Memperhatikan penggunaan obeng sesuai bentuk, ukuran dan tujuan penggunaannya akan menghindarkan Anda dari kejadian yang tidak diinginkan. Saat ini mencari obeng dan alat perkakas lain bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun. Anda bisa berbelanja bahan dan alat material sesuai kebutuhan di KlopMart.

Misalnya seperti jenis-jenis obeng untuk pekerjaan Anda, ketik saja nama obeng pada bar pencarian dan sistem bisa langsung menemukannya. Terdapat berbagai obeng yang tersedia di KlopMart, salah satunya adalah obeng pantek. Dengan memiliki semua jenis obeng di rumah, Anda telah mempraktikkan cara menggunakan obeng yang tepat sesuai dengan jenis, ukuran dan tujuan penggunaannya. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya