Lampu & Listrik

Tidur Lebih Berkualitas, Inilah 9 Cara Mengatur Pencahayaan Kamar Tidur Anda

Media
04 Jul 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda sering merasa sulit tidur atau terganggu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak? Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda adalah pencahayaan di kamar tidur. Itu sebabnya Anda perlu tahu bagaimana cara mengatur pencahayaan kamar dengan benar. 

Pasalnya mengatur pencahayaan dengan baik merupakan langkah penting untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan berkualitas. Kamar tidur yang terang benderang atau terlalu redup dapat mengganggu siklus alami tidur. 

Pada akhirnya Anda jadi sulit tidur atau bahkan terbangun di tengah malam. Bagaimana? Memahami bagaimana mengatur pencahayaan kamar tidur dengan benar sangat penting, bukan?

Supaya wawasan Anda bertambah, kali ini sudah tersedia informasi mengenai cara mengatur pencahayaan kamar dengan baik sehingga tidur lebih berkualitas dan merasa segar saat bangun. 

Mulai dari memahami standar pencahayaan yang ideal, hingga teknik pengaturannya yang dapat diterapkan, semuanya akan dibahas secara detail dalam artikel ini. Mari mulai pembahasannya sekarang! 

Berapa Standar Pencahayaan dalam Kamar Tidur?

Dalam menciptakan lingkungan tidur yang optimal, pencahayaan kamar tidur perlu disesuaikan dengan baik. Namun pernahkah Anda bertanya “berapa standar pencahayaan yang ideal untuk kamar tidur?” 

Sejatinya standar pencahayaan dalam kamar tidur yang dianjurkan berkisar antara 120 hingga 250 lux saat tidur. Hal ini tertulis bahkan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2012 tentang Penghematan Pemakaian Tenaga Listrik. 

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca pada pasal 5 huruf c ayat 3 yang berbunyi, “ruang makan, kamar tidur, kamar mandi dan dapur 7 watt/m2 dengan tingkat pencahayaan paling rendah 250 lux.”

Lux sendiri mengacu pada satuan pengukuran intensitas cahaya yang diterima oleh permukaan. Rentang dari 120 sampai 250 lux ini dianggap cukup untuk memberikan pencahayaan yang nyaman, tetapi juga tidak merusakkan mata. 

Namun penting untuk dicatat bahwa preferensi pencahayaan setiap individu dapat bervariasi. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan pencahayaan yang lebih terang atau lebih redup. Oleh karena itu Anda dapat menyesuaikan tingkat pencahayaan sesuai dengan preferensi pribadi selama masih dalam rentang standar yang wajar.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Lesehan Ukuran 3X3

Alasan Mengapa Pencahayaan Kamar Tidur Perlu Disesuaikan dengan Baik

Pencahayaan yang baik di kamar tidur memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung tidur berkualitas. Mengapa pencahayaan kamar tidur perlu disesuaikan dengan baik? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

1. Mempertahankan Ritme Tidur Alami

Pencahayaan yang tepat dapat membantu mempertahankan ritme tidur alami Anda. Cahaya terang di kamar tidur pada malam hari justru dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab dalam mengatur siklus saat tidur dan terjaga. 

Melalui pengurangan atau penghilangan cahaya terang sebelum tidur maka keseimbangan hormon melatonin akan lebih terjaga. Siklus tidur Anda juga pasti akan lebih baik dari sebelumnya.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pencahayaan yang tidak sesuai anjuran pasti dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Cahaya yang terlalu terang jelas dapat membuat Anda sulit tidur. Sebaliknya, pencahayaan yang terlalu redup sangat mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan kesulitan melihat dengan jelas. 

Namun ketika pengaturan pencahayaan yang dilakukan tepat maka Anda dapat menciptakan suasana yang nyaman dan tenang sehingga dapat memfasilitasi tidur yang lebih berkualitas.

3. Menciptakan Lingkungan yang Relaks

Pencahayaan yang lembut dan hangat di kamar tidur dapat menciptakan lingkungan yang relaks. Warna dan intensitas cahaya yang tepat jelas akan memengaruhi suasana hati, pikiran dan tubuh untuk lebih bersantai. Nantinya suasana tersebut akan menjadi sinyal pada tubuh Anda agar bersiap untuk tidur. 

4. Mendukung Kegiatan di Kamar Tidur

Kamar tidur bukan hanya tempat untuk tidur, tetapi juga sering digunakan untuk melakukan kegiatan lain seperti membaca buku, menonton televisi, atau bekerja dengan laptop. 

Pencahayaan yang sesuai dapat membantu Anda melihat dengan jelas dan melakukan berbagai kegiatan tanpa memberikan tekanan yang seringkali merusak mata. Itu sebabnya Anda dianjurkan untuk menggunakan lampu tidur sehingga penerangan yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik. 

6. Meningkatkan Energi dan Produktivitas pada Pagi Hari

Pencahayaan kamar tidur juga berperan dalam membangunkan tubuh Anda secara alami pada pagi hari. Saat lampu dinyalakan dengan penerangan yang tepat maka tubuh Anda bisa mendapatkan sinyal untuk bangun dan mulai melakukan berbagai aktivitas. 

Namun saat penerangan lampu masih redup maka jangan heran kalau Anda jadi tidak bersemangat untuk menjalani berbagai aktivitas pada hari tersebut.

Baca juga: Lampu Kamar yang Baik untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Cara Mengatur Pencahayaan Kamar Tidur

Kalau pencahayaan di kamar begitu penting, pastikan Anda sudah memahami bagaimana mengaturnya dengan baik. Jangan lagi beraktivitas di kamar dengan lampu remang-remang atau yang berkedip karena dapat merusak penglihatan. 

Pastikan juga Anda menggunakan lampu sesuai aktivitas yang dilakukan. Berikut beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pencahayaan di kamar dengan maksimal. 

1. Pilih Lampu yang Sesuai

Pertama-tama, pilihlah lampu yang sesuai untuk kamar tidur Anda. Bukan hanya sesuai berdasarkan pemilihan desain dan warnanya saja, tetapi juga memiliki penerangan yang dibutuhkan. 

Ada baiknya Anda menggunakan lampu dengan tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan sehingga pengaturannya pun jadi lebih mudah untuk berbagai aktivitas yang ingin dilakukan. Lampu dengan teknologi LED atau lampu hemat energi juga lebih disarankan karena penerangan yang diberikan jauh lebih lembut. 

Kemudian penggunaan lampu LED juga lebih hemat energi sehingga beraktivitas menggunakan lampu tersebut tidak akan menyebabkan biaya listrik membengkak.

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui

2. Gunakan Lampu Tidur atau Lampu Redup

Lampu yang dibutuhkan di dalam kamar bukan hanya yang terang saja, melainkan lampu yang redup juga. Penggunaan lampu redup sangat berguna ketika Anda ingin menciptakan suasana yang lebih nyaman lagi untuk beristirahat alias tidur. 

Penerangan dari lampu yang redup biasanya akan cukup baik untuk memberikan sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah saatnya untuk tidur. 

3. Perhatikan Arah Pencahayaan

Selain tingkat kecerahannya, coba perhatikan juga arah pencahayaan di kamar tidur Anda. Hindari mengarahkan cahaya terang secara langsung kepada Anda, terutama saat ingin tidur. Sebaiknya Anda meletakkan lampu atau sumber cahaya di tempat yang tidak langsung mengarah ke tempat tidur atau bisa juga mengarahkannya ke langit-langit. 

Tindakan seperti ini akan membantu menjaga suasana yang lebih tenang dan membuat Anda lebih nyaman saat beristirahat.

4. Gunakan Tirai atau Penutup Jendela yang Tepat

Selanjutnya, gunakan tirai atau penutup jendela yang tepat untuk mengendalikan pencahayaan dari luar. Tirai yang tebal atau penutup jendela dengan lapisan penahan cahaya dapat membantu memblokir sinar matahari yang masuk secara berlebihan pada pagi hari. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap tidur nyenyak meskipun cahaya luar masih terang.

5. Pilih Warna Lampu yang Tepat

Jangan salah, warna lampu juga dapat memengaruhi suasana di kamar tidur. Jika Anda ingin menciptakan suasana yang hangat dan lembut maka menggunakan lampu berwarna kuning kekuningan atau putih hangat bisa jadi pilihan yang tepat. 

Sebaliknya, saat Anda ingin beraktivitas dengan baik, seperti bekerja atau belajar menggunakan perangkat elektronik maka pemilihan lampu berwarna putih akan lebih membantu penglihatan. 

Ingat bahwa warna yang tidak tepat bukan hanya akan memengaruhi suasana. Lebih jauh, pemilihan warna lampu dapat memengaruhi kesehatan mata. Selain itu perlu diketahui juga bahwa penggunaan warna lain, seperti hijau, terbukti dapat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. 

Ketika mata Anda terekspos dengan pencahayaan berwarna hijau maka siklus tidur bisa direset supaya waktu istirahat bisa lebih terjaga. Jadi bukan berarti warna lain yang tidak dianjurkan tidak boleh digunakan. Anda hanya perlu memahami fungsi dan akibatnya bagi mata, lalu pilihlah yang terbaik. 

6. Gunakan Dimmer atau Pengatur Cahaya

Menggunakan dimmer atau pengatur cahaya adalah cara yang efektif untuk mengontrol tingkat kecerahan pencahayaan dalam kamar tidur. Ketika menggunakan dimmer maka Anda dapat mengatur tingkat kecerahan lampu sesuai kebutuhan dan suasana yang diinginkan. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan atmosfer yang lebih tenang dan relaks di kamar tidur.

7. Hindari Cahaya Biru Berlebihan

Cahaya biru, terutama yang berasal dari perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau televisi, dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Hindarilah penggunaan perangkat elektronik ini sebelum tidur atau gunakan mode malam yang mengurangi emisi cahaya biru. Hal ini akan membantu melindungi ritme tidur Anda dan memastikan tidur yang lebih nyenyak.

Saat ini bahkan Anda bisa melakukan pengaturan mode malam tersebut di smartphone sesuai waktu yang diinginkan. Fitur pintar seperti ini akan membantu mengingatkan Anda sehingga tidak ada lagi insomnia atau lupa waktu untuk beristirahat. 

8. Perhatikan Cahaya Pada Malam Hari

Ketika Anda bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, hindari menyalakan lampu yang terlalu terang. Masuknya intensitas cahaya yang tinggi ke mata secara tiba-tiba sangat tidak baik untuk penglihatan Anda. Selain itu tubuh Anda juga jadi lebih kaget dan seolah “dipaksa” untuk bangun dengan kasar. 

Itu sebabnya penggunaan lampu redup sangat penting ketika Anda pergi tidur. Anda jadi bisa melihat arah dengan baik untuk pergi ke kamar mandi tanpa harus menabrak benda di sekeliling serta tidak membuat mata terlalu silau. 

9. Pertimbangkan Cahaya Alami Pada Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang ideal untuk mendapatkan paparan cahaya alami. Ketika pagi datang, ada baiknya Anda membiarkan sinar matahari masuk ke kamar tidur dengan membuka tirai atau penutup jendela. 

Selain menghemat listrik, sinar matahari mampu memberikan penerangan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari. Anda jadi bisa mendapatkan penerangan sesuai anjuran tanpa merusak penglihatan. 

Sekarang Anda sudah lebih mengerti mengapa mengatur pencahayaan sangat penting di dalam kamar. Anda pun sudah bisa dengan mudah menerapkan tips dan cara mengatur pencahayaan kamar tidur di atas untuk meningkatkan suasana yang nyaman dan relaks. 

Oleh karena itu pastikan Anda membeli lampu berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Memilih menggunakan lampu LED akan jadi langkah awal yang baik untuk memperbaiki pencahayaan di kamar. 

Jika Anda membutuhkan lampu LED berkualitas, jangan ragu untuk mengunjungi Klopmart! Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan lampu LED dengan desain menarik dan pastinya hemat energi. 

Harga jual lampu LED di Klopmart juga bersaing sehingga Anda bisa mendapatkan barang sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan. Langsung kunjungi Klopmart sekarang juga dan dapatkan lampu LED terbaik untuk menciptakan suasana yang sempurna di kamar tidur Anda!

Sumber rujukan: 

  • https://migas.esdm.go.id/uploads/regulasi/profil_peraturan_304.pdf

  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/23/211500276/3-cara-mengatur-pencahayaan-di-kamar-untuk-tidur-berkualitas?page=all

  • https://www.propertinews.id/interior/tips-tepat-mengatur-pencahayaan-untuk-kamar-tidur-anda 

  • https://narmadi.com/properti/cara-mengatur-lampu-di-kamar-tidur/

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya