Cara Mengatasi Tembok yang Retak Tanpa Memanggil Tukang

Table Of Contents

    Memiliki bangunan sendiri memerlukan perhatian ekstra. Apalagi bila berkaitan dengan perawatan bangunan, terutama rumah sendiri. Jika rumah sudah cukup lama berdiri, akan semakin kompleks jenis perawatan serta masalah yang timbul. Tidak jarang bahkan solusi akhirnya adalah harus melakukan renovasi untuk hasil perbaikan yang lebih efektif dan tahan lebih lama seiring bertambahnya usia bangunan tersebut.


    Namun, ada beberapa masalah bangunan yang dapat Anda atasi sendiri tanpa memanggil tukang reparasi. Selain lebih hemat biaya, Anda juga dapat memastikan sendiri kualitas akhir dari perbaikan yang Anda lakukan. Salah satunya adalah cara mengatasi tembok retak. Ini adalah masalah yang cukup umum terjadi di bangunan jenis apapun, terutama rumah yang Anda tempati bersama keluarga. Begini langkah-langkah cara mengatasi tembok retak itu.

     

    Bersihkan permukaan cat

    Langkah pertama dari cara mengatasi tembok retak yang harus Anda lakukan tentu saja membersihkan terlebih dahulu permukaan cat pada tembok. Khususnya di sekitar area yang mengalami keretakan. Fungsinya untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu yang dapat mengganggu proses perbaikan tembok Anda.

     

    Saat akan membersihkan permukaan cat pada tembok ini, pastikan terlebih dahulu tembok benar-benar bersih. Tidak hanya dari kotoran dan debu, tetapi juga dari paku atau jamur yang mungkin terdapat pada tembok rumah Anda. Setelah itu, gunakan kain lap yang sudah dibasahi oleh air untuk membersihkan permukaan cat. Lalu, lap dengan kain kering bersih.

     

    Amplas permukaan tembok

    Langkah berikut yang harus Anda lakukan adalah mengamplas permukaan tembok, khususnya area yang retak. Ini berarti Anda harus menyiapkan amplas kasar sebelum mencoba cara mengatasi tembok retak berikut. Pastikan amplas yang digunakan masih baru dan juga bersih dari kotoran dan debu sebelum digunakan.

     

    Pada permukaan tembok yang retak serta area di sekitarnya, gosok dengan amplas kasar secukupnya. Lakukan beberapa kali hingga acian pada tembok terlihat. Selanjutnya, Anda bersihkan kembali permukaan area yang telah diamplas tadi dengan lap basah untuk mengangkat debu dari proses amplas. Mulai dari sini, tembok akan terlihat lembab.

     

    Pakai wall filler

    Selain menyiapkan amplas, Anda juga perlu menyiapkan wall filler yang dapat Anda temukan di berbagai toko bahan bangunan terdekat di area Anda atau memesannya secara online. Setelah siap dengan wall filler, berarti Anda siap melanjutkan ke langkah selanjutnya dari cara mengatasi tembok retak ini.

     

    Wall filler pada dasarnya adalah campuran semen khusus yang memang dibuat dengan tujuan mengatasi masalah tembok retak pada bangunan. Siapkan campuran wall filler, lalu oleskan ke bagian tembok yang retak. Ratakan campuran agar sejajar dengan permukaan tembok di sekelilingnya. Tunggu hingga kering sebelum melanjutkan ke langkah yang berikutnya.

     

    Oleskan cat plamir

    Sembari menunggu wall filler yang sudah diaplikasikan mengering, Anda dapat menyiapkan cat plamir yang akan digunakan untuk memperbaiki tembok retak di rumah Anda ini. Cat plamir ini berbeda dari cat tembok biasa. Fungsi cat plamir tidak dipakai untuk mewarnai tembok, tetapi untuk meratakan dinding sekaligus jadi dasar tembok sebelum diwarnai dengan cat tembok.

     

    Setelah wall filler mengering, barulah Anda mengaplikasikan cat plamir pada area yang sudah diisi tadi. Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Bagian ini penting sekali karena cat plamir inilah yang akan memastikan penutup tembok yang retak tadi jadi lebih kuat dan tidak akan retak  kembali.



    Lakukan finishing

    Begitu proses pengecatan dengan menggunakan cat plamir selesai dan sudah benar-benar mengering, yang perlu Anda lakukan adalah tahap finishing. Tahap akhir ini Anda lakukan dengan mengamplas kembali dinding agar permukaannya menjadi halus dan menyatu dengan area di sekelilingnya.

     

    Setelah itu, aplikasikan cat tembok dengan warna yang sama dengan area yang lain. Dengan begitu, tembok rumah Anda yang retak sudah kembali ke kondisinya seperti sedia kala. Terlihat mulus tanpa cela. Begitu cat tembok yang diaplikasikan mengering, Anda tinggal membersihkan seluruh area tembok rumah agar bersih dari bekas-bekas perbaikan. Cukup mudah, bukan? Waktunya bagi Anda untuk mencobanya.

     

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Besi Bangunan

    4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

    Selengkapnya
    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Tips & Trik

    7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

    Selengkapnya
    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Tips & Trik

    6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

    Selengkapnya