4 Cara Mengatasi Tekanan Air Rendah pada Mesin Cuci

Apakah Anda mencari cara mengatasi tekanan air rendah pada mesin cuci? Permasalahan tekanan air rendah ini menjadi sahabat bagi siapa saja yang memiliki mesin cuci sendiri di rumahnya. 

Tekanan air rendah adalah masalah yang terjadi pada mesin cuci ketika tekanan air yang diterima oleh mesin cuci mengalir lebih kecil daripada tekanan normalnya. Alhasil, proses pencucian akan menjadi lebih lama. Uniknya adalah permasalahan ini bukan karena sumber air mesin cuci seperti, kran air. Aliran air dari kran bisa jadi kencang namun tidak begitu kencang ketika memasuki mesin cuci. 

Sesuai urutannya, air akan disaring terlebih dahulu sebelum memasuki mesin cuci. Air akan disaring dengan filter air yang terdapat pada mesin cuci untuk menyaring kotoran. Filter air ini berupa lubang-lubang kecil. Dapat diasumsikan bahwa tekanan air rendah bisa berawal dari sini.

Pada beberapa kasus, mesin cuci yang mengalami tekanan air rendah akan menghentikan proses pencucian. Mesin cuci akan mengeluarkan notifikasi kesalahan untuk memberitahukan kendala ini.

Anda datang ke tempat yang tepat! Klopmart akan memberi tahu cara mengatasi tekanan air rendah pada mesin cuci, sehingga Anda tidak perlu pusing bila masalah ini muncul tiba-tiba. Pastikan membaca artikel ini hingga akhir agar Anda bisa coba semua caranya!

Baca juga: 3 Jenis Pipa Saluran Air dengan Menggunakan Bahan Plastik

Cara Mengatasi Tekanan Air Rendah pada Mesin Cuci

Permasalahan tekanan air rendah adalah hal yang paling menjengkelkan ketika berurusan dengan mesin cuci. Selain menjengkelkan, tekanan air rendah dapat menghambat kegiatan Anda. Klopmart 

1. Bersihkan Filter Air pada Mesin Cuci

Kembali pada pembahasan filter air pada mesin cuci. Kemungkinan besar terjadinya tekanan air rendah pada mesin cuci Anda karena filter airnya yang kotor. Sesuai dengan fungsi utamanya, filter air akan bekerja untuk menyaring kotoran dari air.

Jika tidak sering diperhatikan, kotoran akan menumpuk pada tempat penyaringan. Aliran air yang semula kencang bisa terhambat oleh kotoran yang telah menumpuk pada penyaringan ini. Pastikan untuk selalu memeriksa dan membersihkan filter air pada mesin cuci Anda agar terbebas dari masalah tekanan air rendah!

2. Tambahkan Pompa Booster 

Apabila filter air Anda ternyata dalam keadaan bersih, namun aliran air masih rendah. Cobalah untuk menambahkan pompa booster untuk mengencangkan aliran air pada mesin cuci Anda! 

Pompa booster ini di pasang di antara tandon air atau water toren dan kran air. Apabila tandon air dan kran air Anda memiliki jarak yang cukup jauh, coba gunakan pompa booster dengan 128 bit. 

3. Pasangkan Pompa Booster untuk Mesin Cuci

Pompa booster yang sebelumnya untuk meningkatkan aliran dari sumber air utama rumah, seperti tandon air. Anda juga bisa memasang pompa booster yang khusus untuk mesin cuci. Pompa booster khusus mesin cuci ini memiliki cara kerja yang sama seperti pompa booster sebelumnya, hanya saja penempatannya di antara kran air dan mesin cuci. Pompa booster yang satu ini juga dinilai lebih terjangkau.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat yang Efektif

4. Tinggikan Posisi Sumber Air

Apabila Anda menggunakan tandon air di rumah, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah meninggikan posisi tandon air tersebut sebagai sumber air utama. Meninggikan tandon air adalah salah satu cara untuk meningkatkan tekanan air ke saluran rumah namun membutuhkan biaya yang lebih. Hal itu karena Anda membutuhkan jasa beberapa orang yang ahli untuk melakukannya dan menambah infrastruktur di rumah. 

Selain keempat cara di atas, pastikan saluran atau pipa air baik dari tandon air Anda memiliki kualitas terbaik untuk memudahkan Anda. Selain mengatasi masalah tekanan air rendah, seluruh kegiatan yang berurusan dengan air di rumah akan menjadi mudah. 

Anda bisa memilih berbagai macam jenis pipa air rumah Anda di Klopmart! Berbelanja melalui website Klopmart akan memudahkan Anda tanpa harus keluar rumah. Anda juga bisa melihat berbagai range harga produk seperti harga pipa air pada website kami. 

Apakah rasa penasaran Anda sudah terjawab? Segera coba berbagai cara mengatasi tekanan air rendah pada mesin cuci di atas agar aliran air Anda lebih kencang!

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Nov 2022

Related Article