Cat dan Kimia

5 Cara Mencairkan Cat Tembok yang Sudah Kering Pada Rumah

Media
30 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Seperti apa cara mencairkan cat tembok yang sudah kering? Apakah Anda pernah membeli cat untuk memberi nuansa baru pada rumah namun melupakannya sehingga tersimpan cukup lama? Jika pernah, maka pasti akan menemukan cat dinding di dalam kaleng yang sudah mulai mengering. Jika ingin kembali menggunakannya maka Anda harus mencarinya. Namun seperti apakah cara yang tepat untuk bisa mendapatkan cat cair yang bisa digunakan kembali? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka beberapa informasi di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Cara Mencairkan Cat Tembok yang Sudah Kering

Anda mungkin akan merasa kecewa ketika membuka kaleng cat lama dan menemukan bahwa cat telah mengering di dalam kaleng. Sementara beberapa orang mungkin dengan cepat membuang kaleng tersebut, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kita dapat memperbaiki cat kering ini jika cat tersebut berbasis minyak. Cat yang dihasilkan tidak akan memiliki kualitas yang sama dengan cat aslinya, namun masih cukup baik jika digunakan untuk beberapa sentuhan atau untuk pelapisan pada cat yang rusak atau mulai pudar.

Lalu seperti apakah caranya untuk melarutkan atau mencairkan cat yang sudah kering ini? Sebelum masuk pada langkah-langkahnya, kita harus mengenal larutan yang akan digunakan, yaitu thinner.

Thinner atau pengencer cat adalah pelarut yang digunakan untuk mengurangi ketebalan cat berbahan dasar minyak atau membersihkannya setelah digunakan. Mereka juga dapat digunakan untuk menghilangkan penumpukan tar dan senyawa lainnya.

Secara komersial, pelarut cat ini adalah mineral spirit dengan titik nyala sekitar 40°C. Mineral spirit juga disebut white spirit, dan terdiri dari hidrokarbon yang tersisa dari penyulingan minyak bumi. Zat lain yang digunakan sebagai pengencer cat antara lain:

  • Turpentine
  • Isopropyl alcohol
  • Naphtha
  • Acetone
  • Methyl ethyl ketone (MEK)
  • Dimethylformamide (DMF)
  • 2-Butoxyethanol
  • Berbagai eter glikol lainnya

Beberapa pelarut lain yang juga digunakan dalam produksi pengencer cat meliputi:

  • Ethylbenzene
  • Xylene
  • N-butyl acetate
  • 1-Butanol

Pelarut cat memiliki banyak kegunaan dalam proses pembersihan kimia domestik dan industri. Thinner paling cocok karena tidak merusak lapisan lain. Kini saatnya kita masuk pada langkah-langkah untuk mencairkan cat.


1. Buka Kaleng di Tempat Terbuka

Tempatkan kaleng cat terbuka di atas lembaran plastik untuk melindungi permukaan kerja Anda dari noda cat. Hal ini juga bisa memastikan tidak ada aroma kimia yang mungkin bisa membuat Anda merasa tidak nyaman

2. Tuangkan Thinner Ke Dalam Kaleng Cat

Tuang 100 ml pengencer atau thinner ke dalam kaleng cat. Gunakan lebih atau kurang tergantung pada jumlah cat di kaleng, tetapi yang terbaik adalah memulai dengan jumlah yang lebih kecil dan terus menunggunya hingga hasil yang Anda inginkan.

3. Aduk Dengan Rata

Aduk pengencer atau thinner tersebut ke dalam cat kering dengan pengaduk cat atau tongkat bersih sampai cat terlalu kental untuk diaduk.

4. Kembali Tambahkan Thinner

Tambahkan lagi kira-kira 50 ml hingga 100 ml pengencer atau thinner dan aduk cat dengan baik. Hingga mulai terlihat encer.

Baca Juga: Fungsi Thinner dalam Proses Pengeceatan Bangunan dan Harganya


5. Tunggu Hingga Mendapatkan Konsistensi yang Pas

Lanjutkan untuk menambahkan lebih banyak pengencer secara perlahan sampai Anda telah mengencerkan semua cat kering dan mencapai konsistensi yang diinginkan.

Itulah dia cara mengencerkan cat yang sudah kering menggunakan thinner.  Cek harga thinner ND yang bisa Anda gunakan di Klopmart. Manfaatkan untuk cara mencairkan cat tembok yang sudah kering di atas.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya