Cat dan Kimia

Cara Menambal Dak Beton dari Bawah

Para pemilik rumah, baik yang berlantai satu atau lebih, harus mengetahui cara menambal dak beton dari bawah untuk berjaga-jaga ketika rumah suatu saat mengalami kebocoran. Walau wajar-wajar saja jika rumah bocor saat sedang hujan deras, namun tentu saja terasa mengganggu apalagi jika bocornya sudah berlebihan.

Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan bocornya dak beton pada rumah. Beberapa kondisi tersebut antara lain komposisi dak beton (pasir, semen, dan batu spling) yang tidak sempurna sehingga mengurangi daya tahan dak beton terhadap air, serta adanya keretakan pada dak beton yang gampang dimasuki air.

Untungnya, kebocoran dak beton bisa diatasi dengan cara menambal dak beton dari bawah. Caranya pun tidak terlalu sulit dan tidak banyak menyita waktu sehingga bisa dilakukan oleh para pemilik rumah di kala senggang. Lantas, bagaimana cara menambal dak beton dari bawah? Simak terus penjelasan di bawah ini!
 

Rekomendasi Cara Menambal Dak Beton dari Bawah

Untuk menambal dak beton dari bawah, ada beberapa cara yang perlu Anda ikuti. Ingat, seluruh cara ini perlu dilakukan secara optimal agar hasilnya juga bagus.
 

1. Bersihkan Plafon dari Kotoran 

Mungkin Anda merasa bingung kenapa bagian ini menyinggung soal plafon, padahal artikel ini jelas-jelas membahas dak beton. Nah, dak beton sebetulnya berbatasan dengan plafon. Dak beton merupakan pembatas antara lantai bawah dengan lantai atas rumah (untuk rumah dua lantai atau lebih) dan juga pembatas antara lantai dengan atap (untuk rumah satu lantai). 

Setelah dak beton beres dikerjakan, barulah dibuat plafon di bawah dak beton agar rumah tampak semakin apik. Jadi, langkah pertama dalam rangkaian cara menambal dak beton dari bawah adalah bersihkan kotoran dan debu yang melekat pada plafon dengan menggunakan sikat atau scraper. Plafon harus betul-betul bersih supaya bisa dilapisi sealer pada langkah berikutnya.
 

2. Basmi Jamur pada Plafon

Plafon, terlebih yang pernah mengalami kebocoran, biasanya dihinggapi jamur atau lumut karena lembap. Untuk membersihkannya, pakailah larutan antijamur (fungicidal wash) yang efektif menumpas 99% jamur maupun lumut.
 

3. Lapisi Plafon dengan Sealer 

Setelah plafon bersih sempurna, maka langkah selanjutnya dalam rangkaian cara menambal dak beton dari bawah adalah melapisi plafon dengan menggunakan alkali sealer. Alkali sealer merupakan cat dasar yang berfungsi untuk menahan garam alkali yang terdapat pada tembok. 

Dengan demikian, ketika tembok dilapisi cat, maka warna cat akan lebih kuat dan tahan lama. Oleskanlah alkali sealer di seluruh permukaan plafon secara merata dan tunggu sampai alkali sealer benar-benar mengering selama satu sampai dua jam.

Baca juga: 6 Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor Untuk Jangka Panjang
 

4. Lapisi Plafon dengan Cat Anti Bocor (Lapisan Pertama)

Setelah alkali sealer kering, oleskan cat anti bocor atau waterproof pada plafon. Tujuannya untuk mencegah plafon kembali mengalami bocor atau terkena rembesan air di kemudian hari. Lapisi seluruh permukaan plafon dengan cat anti bocor secara merata.
 

5. Tempelkan Kasa Penguat di Atas Lapisan Cat Anti Bocor

Saat lapisan cat anti bocor masih basah, tempelkan kasa penguat di atas lapisan cat anti bocor, terutama di bagian plafon yang terdapat lubang atau retak. Tekan yang kuat hingga kasa penguat dan lapisan cat anti bocor menyatu sepenuhnya dan tidak ada rongga udara.
 

6. Lapisi Kasa Penguat dengan Lapisan Cat Anti Bocor (Lapisan Kedua)

Langkah terakhir dalam rangkaian cara menambal dak beton dari bawah adalah mengoleskan cat anti bocor tepat di atas kasa penguat. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kasa penguat sudah betul-betul menempel pada bagian plafon yang berlubang atau retak tersebut.

Saat lapisan cat anti bocor yang pertama masih basah dan kasa penguat sudah menempel, oleskan lagi cat anti bocor di atasnya, lalu tunggu sampai kering. Lapisan cat anti bocor ini sengaja dilakukan dua kali supaya kasa penguat semakin erat melekat pada plafon dan tidak mudah copot.

Yuk, segera coba lakukan cara menambal dak beton dari bawah yang sudah dijelaskan ini dan jangan lupa gunakan kasa penguat AM612 Reinforcing Mesh untuk menyempurnakannya!

Baca juga: 4 Cara Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton yang Bagus

Media
Admin Klopmart
20 Jul 2021
Inspirasi Lainnya
Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Konstruksi

Mengetahui Apa itu Abutment Jembatan dan Jenis-Jenisnya

Selengkapnya
4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Konstruksi

4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Selengkapnya
12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Konstruksi

12 Jenis-Jenis Proyek Konstruksi Disertai Contoh!

Selengkapnya