Baut & Perkakas

Ini Dia Cara Membuka Baut yang Berkarat

Media
24 Feb 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda saat ini sedang membutuhkan informasi mengenai cara membuka baut yang berkarat? Jika demikian, maka Anda dapat menyimak informasi yang akan disajikan melalui artikel ini.

Baut merupakan salah satu barang yang rentan mengalami karat. Apalagi jika baut tersebut sering berada di tempat yang lembap atau bahkan terkena air, maka proses korosi akan terjadi dengan lebih cepat.

Baut yang sudah berkarat tentu saja harus diganti dengan yang baru. Namun, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa baut yang berkarat akan sulit untuk dibuka atau dilepas.

Lalu, bagaimana cara membuka baut yang sudah berkarat tersebut? Silakan simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuka Baut yang Berkarat?

Untuk membuka baut yang sudah berkarat, ada 3 tahapan yang perlu Anda lalui, yaitu:

1. Membersihkan Permukaan Baut

Cara membuka baut yang berkarat yang pertama adalah dengan membersihkan permukaan baut terlebih dahulu. Permukaan baut yang sudah berkarat akan menyimpan banyak kotoran yang dapat menghambat Anda untuk membuka baut tersebut.

Gunakan sikat atau sabut besi untuk membersihkan permukaan baut. Sikat hingga seluruh kotoran rontok atau permukaan baut mulai terasa lebih halus.

Baca juga: 4 Cara Membuka Baut Slek dengan Mudah

2. Mengolesi Baut dengan Minyak Rem

Setelah permukaan baut dibersihkan, maka cara membuka baut yang berkarat selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengolesi baut tersebut dengan minyak rem. Anda dapat mengolesi bagian permukaan baut terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak rem pada bagian celah baut.

3. Melepaskan Baut dengan Kunci

Tahap terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan baut tersebut dengan kunci yang sesuai. Akan tetapi, Anda perlu menunggu sekitar 15 hingga 30 menit agar minyak rem dapat meresap sehingga proses pelepasan baut menjadi lebih mudah.

Dalam melepaskan baut yang sudah berkarat, Anda harus melakukannya dengan lebih berhati-hati. Apabila Anda membuka baut tersebut dengan kasar atau penuh tekanan, baut akan menjadi gundul dan tentu saja menjadi sulit untuk dilepaskan.

Bukalah baut dengan pelan hingga benar-benar dapat dilepaskan. Anda juga dapat menambahkan minyak rem kembali jika baut masih juga tidak dapat dilepaskan.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah

Bagaimana Cara Mencari Baut Berkualitas?

Anda pastinya akan mengganti baut yang sudah berkarat dengan yang baru, bukan? Namun, tahukah Anda bagaimana cara mencari baut yang berkualitas?

Baut yang berkualitas akan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan lama. Maka dari itu, Anda harus mencari baut yang berkualitas dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, yaitu:

  • Pilihlah baut yang sudah memiliki lisensi SNI (Standar Nasional Indonesia). Baut yang sudah mengikuti SNI telah melalui rangkaian proses penilaian sehingga dapat dipastikan bahwa baut tersebut memiliki kualitas yang baik.
  • Selain dari segi kualitas, Anda juga harus memilih baut dengan ukuran yang tepat. Ukuran baut ini harus dilihat dari lebar diameter dan juga panjangnya.
  • Baut yang berkualitas biasanya terbuat dari bahan material yang kuat seperti besi dan baja. Kedua bahan material ini yang membuat baut menjadi lebih kuat dan tidak mudah mengalami karat.

Baca juga: Tabel Ukuran Baut Lengkap dengan Cara bacanya

Bagi Anda yang ingin membeli baut yang terbuat dari bahan material baja ringan, KlopMart memiliki rekomendasi produk yaitu Sherlock Baut Baja Ringan. Baut ini memiliki 3 macam ukuran dan Anda dapat melihat daftar harga baut baja ringan tersebut langsung melalui laman produk kami

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Sekian informasi dari KlopMart mengenai cara membuka baut yang berkarat dengan tepat dan mudah.

 

Sumber::

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211101164358-389-715131/cara-lepas-baut-yang-sudah-dol-dan-karatan
https://www.gridoto.com/read/221033185/sulit-buka-baut-yang-karatan-ini-cara-akalinya
https://www.jpnn.com/news/begini-cara-memilih-mur-dan-baut-berkualitas

 

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb