5 Cara Membuat Rangka Tenda Besi dengan Benar agar Kokoh

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah acara di rumah seperti pesta pernikahan atau acara selamatan, ada cara membuat rangka tenda besi dengan mudah yang dapat dipasang di rumah sendiri. Tentunya, jika Anda dapat membuat tenda besi sendiri, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat.

Namun, pasti tidak jarang dari Anda yang berpikir bahwa membangun tenda besi sendiri sangatlah sulit dan membuang banyak waktu. Nyatanya, membuat rangka tenda besi sangatlah mudah jika Anda mengetahui tips dan triknya.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, Klopmart akan memberikan informasi seputar cara membuat rangka tenda besi yang dapat Anda coba sendiri untuk acara di rumah. Simak langsung pembahasan lengkapnya di bawah ini.
 

Cara Membuat Rangka Tenda Besi Dengan Mudah

Dalam membuat rangka tenda besi, Anda hanya membutuhkan 5 cara berikut ini, yaitu:
 

1. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan 

Pertama-tama, sebelum Anda membuat rangka tenda besi tentu saja harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Dalam membuat rangka tenda besi, hal alat-alat yang dibutuhkan tidak banyak.

Berikut ini merupakan peralatan dan bahan yang harus Anda siapkan, yaitu:

  • Mesin gerinda
  • Mesin las
  • Pipa besi hollow dengan berbagai ukuran
  • Paku tenda
  • Kawat tambal
  • Terpal atau kain sesuai dengan kebutuhan Anda
     

2. Membuat Desain Tenda

Setelah seluruh peralatan dan bahan dikumpulkan, maka selanjutnya Anda perlu membuat desain tenda terlebih dahulu. Desain tenda yang dibuat juga tidak bisa sembarang karena Anda harus memperkirakan sesuai dengan situasi lapangan.

Dalam membuat desain tenda, Anda perlu memperhitungkan berapa luas tenda yang akan dibuat. Setelah mengetahui luas tenda yang akan dibuat, Anda perlu menghitung berapa banyak pipa besi hollow yang dibutuhkan sesuai dengan luas tenda yang akan dibangun.
 

3. Membuat Rangka Tenda

Langkah selanjutnya, Anda perlu memotong-motong pipa besi hollow menggunakan mesin las dan juga mesin gerinda sesuai dengan kebutuhan tenda yang akan dibangun. Setelah seluruh pipa besi hollow dipotong-potong, Anda dapat mulai menyambungkannya sehingga membentuk sebuah kerangka tenda.

Baca juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow yang Mudah
 

4. Mendirikan Tenda Besi

Ketika rangka tenda besi sudah dibuat, maka sekarang saatnya untuk mendirikan tenda tersebut di tempat yang sudah Anda sediakan. Agar tenda besi dapat berdiri dengan kokoh, Anda dapat menggunakan paku tenda.

Selain menggunakan paku tenda, Anda juga dapat menggunakan pemberat yang dipasang di setiap kaki tenda. Pemberat yang paling disarankan untuk membuat tenda Anda dapat berdiri dengan kokoh adalah batu bata atau karung pasir.
 

5. Memasang Terpal atau Kain

Setelah rangka tenda besi siap dan sudah didirikan, maka langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memasang terpal plastik atau kain sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu mengikatkan terpal atau kain dengan menggunakan tali pada rangka tenda besi.

Pastikan terpal atau kain sudah diikat dengan kuat agar tidak terbang terbawa angin. Anda juga bisa memberikan pemberat tambahan untuk membuat terpal atau kain menjadi lebih kuat.

Jadi, apakah informasi di atas berguna untuk Anda? Cara membuat tenda besi sendiri untuk acara di rumah Anda sangat mudah sekali, bukan?

Demikian informasi yang dapat Klopmart berikan. Apabila Anda ingin mencoba cara membuat rangka tenda besi di atas dan membutuhkan pipa besi hollow, silakan cek harga besi beton polos yang tersedia melalui website Klopmart atau hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk.

Baca juga: Beberapa Macam Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
06 Sep 2021

Related Article