9 Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek Sederhana untuk Lemari Anda

Bagi Anda yang ingin membuat sesuatu yang beda di rumah, maka cara membuat pintu geser dari triplek sederhana ini bisa dicoba. Lemari pakaian ataupun lemari lainnya akan bisa terlihat rapi jika ditutup dengan pintu yang bagus. Untuk bisa semakin menghemat tempat, pintu geser bisa menjadi pilihan yang bagus.

Anda bisa menggunakan triplek yang memiliki harga terjangkau sebagai bahan dasar dari pintu ini. Berbagai alat dan bahan lainnya juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Jika Anda benar-benar ingin membuat pintu yang satu ini, mungkin informasi di bawah ini akan sangat berguna.


Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek Sederhana dengan Mudah

 

Tambahkan privasi dan gaya ke ruangan atau lemari Anda dengan pintu geser gantung yang ramping ini. Jenis pintu ini tidak memerlukan track bawah, tetapi Anda memerlukan soffit pada bagian atas untuk memasang track agar pintu dapat digeser dengan lancar.

Berikut ini langkah-langkah membuat pintu geser dari triplek:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

 

Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah sebagai berikut.

  • Meteran rol
  • Amplas
  • Sekrup
  • Besi penyangga
  • Pengait
  • Cincin besi
  • Pipa besi kecil
  • Pipa 90â—¦
  • Cat kayu dan Kuas
  • Paku kecil
  • Gergaji kayu
  • Mesin Bor

Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan untuk melindungi tangan Anda selama bekerja.

2. Menentukan 3 Ukuran Utama

 

Ukuran apa yang harus ditentukan dalam membuat pintu geser dari triplek?

Anda membutuhkan setidaknya 3 ukuran berikut:

  1. Ukuran lebar total dinding puntu geser diletakkan. Lebar total ini dapat Anda ukur dari ujung ke ujung atau bisa berupa ukuran yang disesuaikan dengan seberapa jauh pintu ingin Anda geser nantinya.
  2. Ukuran tinggi. Ukuran tinggi yang dimaksud adalah ukuran dinding dari lantai ke langit-langit.
  3. Lebar kusen pintu geser.

Baca juga: Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Kusen Aluminium Bangunan

Agar lebih akurat, Anda dapat menggunakan meteran pada saat melakukan pengukuran ya.

3. Memilih Kayu Balok sebagai Kerangka

 

Setelah mengetahui ukuran-ukuran yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah memilih kayu yang berkualitas. Anda membutuhkan kayu balok berukuran kecil. Kayu ini nantinya yang akan berfungsi sebagai kerangka pintu geser triplek. Pastikan juga memilih kayu yang ringan dan lentur.

Selain itu, haluskanlah dengan amplas terlebih dahulu agar serat-serat kayunya hilang.

Jika diasumsikan ukuran pintu adalah 180 cm x 130 cm, maka jumlah dan panjang kayu yang dibutuhkan unutk membuat kerangka dalam adalah sebagai berikut:

  • 2 buah kayu dengan panjang 180 cm
  • 6 buah kayu dengan panjang 130 cm
  • 3 buah kayu dengan panjang 40 cm
  • 4 buah kayu dengan panjang 30 cm

Sedangkan untuk membuat kerangka luar Anda membutuhkan:

  • 2 buah kayu dengan panjang 185 cm
  • 2 buah kayu dengan panjang 135 cm

Hal yang perlu Anda ketahui yaitu fakta mengenai kayu balok. Umumnya, kayu balok dijual di pasaran dengan ukuran 2 meter. Jadi, jumlah kayu balok yang Anda perlukan untuk membuat kerangka dalam adalah sebanyak 8 balok kayu yang kemudian Anda potong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan di atas.

4. Menyusun Kerangka Dalam

 

Harap diingat, kerangka yang akan dibuat ada 2 yaitu kerangka pintu dalam dan luar. Kerangka-kerangka tersebut nantinya akan digabungkan.

Lalu, bagaimana cara membuat kerangka dalam?

  1. Ambillah kayu yang berukuran 180 cm dan 130 cm dan susun sehingga berbentuk persegi panjang. Anda dapat menggunakan sekrup ulir untuk menyatukannya.
  2. Setelah kerangka persegi panjang siap, pasanglah 6 buah kayu dengan panjang 130 cm secara vertikal hingga terbentuk kolom sebanyak 5. Untuk kolom pertama tingginya 40 cm dan kolom kedua adalah 30 cm, dan seterusnya hingga kolom kelima.
  3. Setelah terbentuk 5 kolom, kini saatnya memasang kayu yang berukuran 40 cm dan 30 cm. Pasang kayu yang sesuai dengan kolom yang memiliki tinggi yang sama. Untuk kayu 40 cm dipasang pada kolom pertama, ketiga dan kelima. Sedangkan ukuran 30 cm dipasang di kolom kedua dan keempat dengan jumlah kayu masing-masing dua buah.

Baca juga: 7 Perbedaan Baut dan Sekrup, Jangan Sampai Salah Ya!

5. Memasang Triplek Penutup

 

Langkah pembuatan pintu geser selanjutnya adalah memasang triplek penutupnya. Namun, sebelum itu, Anda perlu memotong triplek dengan gergaji sehingga berukuran 185 cm x 135 cm.

Amplaslah pinggir triplek karena dapat melukai tangan Anda. Selain itu Anda juga dapat mengecatnya agar terlihat lebih menarik.

Baca juga: Inilah Cara Mencampur Cat Kayu dan Thinner dengan Benar

Setelah itu, barulah Anda memasang triplek menggunakan paku khusus kayu yang berukuran kecil untuk membuat pintu geser Anda semakin kuat.

6. Giliran Kerangka Luarnya

Setelah melalui serangkai langkah-langkah di atas, saatnya untuk memasang kerangka luarnya.

Kerangka luar akan membuat pintu geser yang Anda buat terlihat lebih rapi. Adapun ukuran kerangka luar adalah 185 cm x 135 cm, lebih 5 cm dari ukuran kerangka dalam.

Gunakan sekrup untuk menggabungkan kerangka luar dan dalam. Cat juga agar terlihat lebih menarik. Namun, pastikan catnya telah kering sebelum menggabungkan dengan kerangka pintu bagian dalam.

7. Memasang Pengait Besi

 

Pintu geser Anda sudah mulai terbentuk, jadi berikutnya adalah memasang pengait besinya. Kalau pintu konvensional menggunakan engsel, maka pintu geser menggunakan pengait besi.

Pengait besi ini yang berfungsi sebagai besi penyangga dan terpasang di dinding. Oleh karena itu pintu geser dapat digantung.

Cara memasangnya dengan melubangi kayu terlebih dahulu menggunakan mesin bor. Pastikan lubangnya mencapai kayu pada kerangka dalam. Setelah selesai melubangi, pengait sudah bisa dipasang. Jangan lupa memasang 2 buah pengait agar pintu geser Anda lebih seimbang.

8. Memasang Roda Pintu

 

Roda yang dipasang berjumlah dua buah yang berada di posisi kiri dan kanan pintu. Agar tumpuannya seimbang, Anda harus memastikan roda sejajar dengan posisi pengait.

Untuk memasang roda, Anda perlu melubangi kayu bagian bawah hingga mencapai lapisan kayu kerangka dalam. Hal ini bertujuan agar roda tidak hanya menopang kerangka luar saja tetapi kerangka bagian dalam.

Gunakan sekrup untuk memasang roda dan lakukan hal tersebut pada sisi pintu lainnya.

9. Memasang Besi Penyangga

 

Cara membuat pintu geser dari triplek sederhana yang terakhir adalah dengan menancapkan pengait besi sebagai tempat pintu geser menggantung. Adapun panjang besi penyangga dapat disesuaikan dengan sejauh mana pintu bergeser atau lebar dinding pintu Anda.

Anda membutuhkan cincin besi sebagai penghubung untuk memasang besi penyangga di dinding. Gunakan sekrup ke dinding untuk memasang cincin besi dan sambung menggunakan pipa besi kecil. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan dengan pipa 90â—¦.

Terakhir, jangan lupa untuk memasang pintu bersama dengan pemasangan besi penyangga. Pastikan juga agar pintu geser yang Anda buat dapat terkunci rapat apabila Anda bertujuan menjadikan pintu geser sebagai pintu utama rumah Anda agar mencegah rumah kebobolan maling.

Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek

Selain membuat pintu geser untuk ruangan, Anda juga dapat membuat pintu geser dari triplek untuk lemari dengan cara berikut ini:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

  • Kayu 2x6
  • Kayu 2x4
  • Triplek
  • Wood stain
  • Perangkat keras pintu gantung (trek, rol/pelat)
  • Sekrup
  • Cat
  • Level
  • Gergaji meja/gergaji tangan
  • Bor
  • Kuas
  • Palu 
  • Kuas

2. Siapkan Alas untuk Atap Lemari

Jika Anda tidak memiliki soffit di lemari kamar Anda untuk menggantung pintu, maka solusinya adalah dengan membuatnya. Hubungkan dua 2 x 6 dengan panjang yang Anda butuhkan.

Untuk memasangnya ke dinding Anda, bor sekrup 10 cm kira-kira setiap 20 cm di sepanjang tepi dan letakkan sekrup dengan longgar di dalam lubang. Posisikan soffit ke atas pintu Anda, pastikan itu rata, lalu kencangkan. Cat sesuai keinginan Anda.

3. Siapkan Kusen Pintu

Potong empat kayu 2x4 untuk kusen pintu dan pasang setiap sudut ke sudut 45 derajat. Ukur sesuai pintu Anda nantinya.

4. Buat Potongan Dado

Dengan pisau dado di gergaji meja Anda, buat potongan dado di sepanjang tepi bingkai Anda sehingga ketebalannya sama dengan triplek. Anda juga bisa langsung memasang triplek tanpa perlu membuat potongan ini.

5. Berikan Cat Kayu

Berikan wood stain atau cat kayu pada bingkai pintu Anda. Potong triplek ke ketinggian yang tepat untuk pintu Anda menggunakan gergaji.

6. Pasang Triplek ke Bingkai

Geser salah satu dari dua potongan pembingkaian vertikal ke tempatnya setelah Anda memasang triplek ke bingkai. Ketuk dengan hati-hati dengan palu agar lebih pas.

Geser potongan bingkai bawah ke tempatnya, lalu letakkan lem kayu di sudut yang bertemu dengan potongan bingkai pertama. Rekatkan dan jepit bersama. Lanjutkan proses ini untuk sisa pembingkaian.

7. Buatlah Lubang untuk Menghubungkan Bingkai

Bor dua lubang di sepanjang bagian bawah dan atas masing-masing dari empat sudut. Mulailah dengan lubang kecil, lalu mulai bor lebih dalam. Masukkan sekrup 10 cm dengan bit countersink untuk menghubungkan bingkai.


8. Finishing

Pasang bagian pertama trek di bagian bawah soffit dengan sekrup. Tempatkan set rol pertama ke trek dan kemudian pasang bagian kedua trek. Pastikan sambungan di antara kedua potongan trek rata. Pasang plat ke bagian atas pintu kira-kira 8 cm dari setiap tepi. Pasang plat di dalam rol yang sudah terpasang di trek.

Setelah terpasang, kencangkan bautnya agar bisa pas. Setelah itu coba geserkan pintu Anda. Berikan sedikit pelumas apabila pintu sedikit macet. Anda juga bisa mendekorasi triplek terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Cara membuat pintu geser dari triplek sederhana menawarkan solusi praktis untuk menciptakan tampilan yang berbeda di rumah Anda. Dengan menggunakan triplek yang terjangkau dan bahan serta alat yang mudah ditemukan di toko bangunan, Anda dapat membuat pintu geser yang rapi dan hemat tempat. Langkah-langkahnya meliputi persiapan alat dan bahan, penentuan ukuran, pemilihan kayu balok sebagai kerangka, penyusunan kerangka dalam dan luar, pemasangan triplek penutup, pemasangan roda pintu, hingga memasang besi penyangga. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat pintu geser sendiri untuk ruangan atau lemari dengan hasil yang memuaskan dan efisien.

Itulah informasi cara membuat pintu geser dari triplek sederhana yang bisa berguna untuk Anda, temukan harga Triplek Teakwood di Klopmart sekarang juga untuk bahan dasar pintu geser Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya