6 Cara Membuat Papan Tulis Putih Sendiri dengan Mudah dan Benar

Pernahkah Anda berpikir tentang cara membuat papan tulis putih sendiri? Mencatat ide, menyampaikan presentasi, atau menjelaskan konsep-konsep penting dalam kegiatan belajar menjadi lebih mudah dengan adanya papan tulis putih. Namun membeli papan tulis putih yang siap pakai bisa menjadi investasi yang mahal. 

Jika Anda ingin menghemat biaya dan menyalurkan kreativitas maka membuat papan tulis putih sendiri adalah pilihan yang cerdas. Dalam artikel ini, Anda akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara membuat papan tulis putih sendiri melalui langkah-langkah sederhana dengan berbagai bahan yang mudah ditemukan. 

Jadi mari siapkan semangat Anda dan mari mulai membuat papan tulis putih yang fungsional sekarang!


Jenis-Jenis Bahan Pembuat Papan Tulis Putih


Papan tulis putih adalah alat yang sangat berguna dalam berbagai situasi, baik di sekolah, kantor, maupun rumah. Permukaan papan tulis putih yang berkualitas sangat penting untuk memastikan tulisan jelas dan mudah dihapus. Berikut beberapa jenis bahan yang umumnya digunakan untuk membuat permukaan papan tulis putih. 

1. Melamin

Bahan melamin adalah salah satu jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan permukaan papan tulis putih. Melamin sendiri merupakan resin poliamida yang dioleskan pada lembaran kayu atau medium-density fiberboard (MDF). 

Penggunaan bahan melamin dalam pembuatan papan tulis putih memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer. Pertama, permukaan melamin sangat halus sehingga dapat memberikan pengalaman menulis yang lancar. 

Permukaan yang halus ini memungkinkan tulisan untuk muncul dengan jelas dan terbaca supaya proses komunikasi dan pencatatan informasi bisa dilakukan. Selain itu tulisan juga dapat dihapus dengan mudah menggunakan penghapus papan tulis, tanpa meninggalkan bekas atau noda yang mengganggu.

Kedua, bahan melamin juga memiliki ketahanan yang baik terhadap noda dan goresan. Permukaan melamin tahan terhadap noda seperti tinta spidol, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang tulisan yang tertinggal dalam jangka waktu lama. 

2. Hardcoat Laminate

Hardcoat laminate juga termasuk bahan yang sering digunakan dalam pembuatan permukaan papan tulis putih. Bahan ini memiliki lapisan pelindung yang sangat tahan terhadap goresan dan noda. Tidak heran kalau bahan ini banyak dipilih dalam pembuatan papan tulis putih.

Setidaknya ada dua keunggulan mengapa bahan ini digunakan sebagai pembuat papan tulis putih. Pertama, lapisan pelindung yang terdapat pada hardcoat laminate membuat permukaan papan tulis putih lebih tahan terhadap goresan. 

Hal ini sangat penting karena papan tulis sering kali digunakan dengan spidol dan pembersih yang dapat menyebabkan goresan jika permukaan tidak cukup kuat. Namun dengan adanya lapisan pelindung ini maka papan tulis putih dapat bertahan dalam kondisi baik meskipun digunakan secara intensif.

Kedua, hardcoat laminate memiliki ketahanan terhadap noda yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa bahan lainnya. Permukaan yang dilapisi hardcoat laminate dapat melawan noda permanen, seperti tinta spidol yang tertinggal lebih lama. 

3. Keramik

Selanjutnya ada bahan keramik yang juga menawarkan sejumlah keunggulan ketika digunakan untuk papan tulis putih. Pertama-tama, permukaan keramik sangat keras dan tahan terhadap goresan. 

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan dalam intensitas yang tinggi. Contohnya seperti penggunaan untuk sekolah atau kantor dalam ruang meeting. Kemudian permukaan keramik tidak mudah menyerap tinta atau noda lainnya sehingga memudahkan Anda dalam menghapus tulisan dan menjaga papan tulis tetap bersih.

Bahkan Anda tidak membutuhkan penghapus khusus. Tisu atau lap basah saja sudah cukup untuk membersihkan semua noda yang terlihat di keramik. Bisa dibilang keramik merupakan bahan yang minim perawatan. 

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik yang Berkualitas Serta Cara Memilihnya

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan papan tulis putih berbahan keramik memiliki beberapa pertimbangan. Meski bahan keramik sangat baik digunakan sebagai papan tulis, tetapi bahan ini umumnya lebih mahal daripada yang lainnya. 

Hal ini dikarenakan biaya produksi dan instalasi yang lebih tinggi. Selain itu papan tulis keramik juga membutuhkan instalasi yang cermat dan profesional, karena bahannya rentan terhadap keretakan atau kerusakan saat tidak dipasang dengan benar. 

4. Aluminum atau Baja

Bahan aluminium atau baja digunakan untuk membuat permukaan papan tulis putih yang tahan lama dan kokoh. Permukaan aluminium atau baja biasanya dilapisi dengan bahan khusus yang memungkinkan tulisan mudah ditulis dan dihapus. 

Keuntungan menggunakan bahan ini berada pada ketahanannya terhadap korosi, goresan, dan noda, sehingga memastikan papan tulis putih tetap dalam kondisi baik untuk jangka waktu yang panjang.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Distributor Baja Ringan, Dijamin Cuan

5. Lapisan Polypropylene

Bahan lapisan polypropylene tidak kalah populer dalam pembuatan papan tulis putih. Polypropylene adalah jenis plastik yang memiliki ketahanan cukup kuat dan bisa menahan noda dengan baik. 

Penggunaan lapisan polypropylene menawarkan kemudahan menulis karena sangat mudah untuk dihapus. Selain itu tinta spidol juga dapat dihapus dengan mudah menggunakan penghapus atau lap kering. Menggunakan papan tulis dengan lapisan polypropylene jelas praktis dan efisien untuk digunakan dalam presentasi, pelajaran, atau diskusi di kantor, sekolah, maupun rumah.

Selain kemudahan penulisan dan penghapusan, bahan lapisan polypropylene juga memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan dan keausan. Permukaan papan tulis dengan lapisan polypropylene cukup tahan terhadap penggunaan berulang, sehingga papan tulis dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami penurunan kualitas atau kerusakan. 

Lapisan polypropylene juga tahan terhadap noda seperti tinta spidol, yang membuat papan tulis tetap terlihat bersih dan terawat. Selain itu bahan ini juga memiliki kelebihan dalam hal ketahanan terhadap perubahan cuaca atau kelembaban sehingga papan tulis dengan lapisan polypropylene dapat digunakan di berbagai lingkungan tanpa risiko terhadap perubahan atau kerusakan permukaan.

6. Kaca Anti Gores

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan bahan kaca anti gores. Penggunaan bahan ini memiliki banyak keunggulan, bukan hanya karena kegunaannya tetapi juga dalam hal keindahan. 

Permukaan kaca ini pastinya tahan terhadap goresan dan noda sehingga sangat mudah dibersihkan. Melalui penggunaan bahan kaca anti gores maka papan tulis putih bisa awet digunakan dan tidak mudah menguning seiring berjalannya waktu. 

Kelebihan ini menjadikan papan tulis putih dengan bahan kaca anti gores menjadi pilihan yang sangat baik untuk lingkungan belajar, presentasi, atau pertemuan di mana kualitas tulisan yang jelas dan tampilan yang profesional sangat penting.

Cara Membuat Papan Tulis Putih Sendiri


Papan tulis putih adalah alat yang sangat berguna dalam kegiatan belajar, presentasi, atau sekadar mencatat ide-ide penting. Jika Anda ingin menghemat biaya dan kreativitas Anda terpicu, membuat papan tulis putih sendiri bisa menjadi solusi yang baik. Berikut langkah-langkah pembuatan papan tulis putih yang bisa Anda ikuti.

1. Persiapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan papan tulis putih, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Alat dan bahan material yang dibutuhkan tidak sulit dicari. Anda bisa menggunakan apa yang ada di rumah, serta memberi beberapa tambahan di toko material terdekat. Berikut berbagai bahan dan alat yang dimaksud:

  • Lembaran kayu MDF atau plywood

  • Cat whiteboard

  • Kuas atau roller

  • Penggaris

  • Pengukur

  • Pengaman sudut

  • Perekat

    Baca juga: Perbandiangan Kuas Rol Vs Kuas Tembok sebagai Alat Pengecat Tembok Terbaik

    2. Siapkan Lembaran Kayu

    Apabila semua bahan dan alat sudah tersedia maka Anda bisa mulai menyiapkan lembaran kayu MDF atau plywood sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Gunakan penggaris dan pengukur untuk memastikan ukurannya tepat sesuai papan tulis yang ingin dibuat. Jika perlu, gunakan gergaji atau alat pemotong kayu untuk memotong lembaran kayu sesuai ukuran yang diinginkan.

    3. Cat Permukaan Kayu dengan Cat Whiteboard

    Selanjutnya, aplikasikan cat whiteboard ke seluruh permukaan kayu. Gunakan kuas atau roller yang bersih untuk memastikan semua permukaan sudah dilapisi oleh cat. Penggunaan kuas dalam kondisi yang baik juga memastikan Anda akan mendapatkan hasil yang rata dan lebih halus. Pastikan Anda melapisi seluruh permukaan kayu dengan cat whiteboard hingga kepada sisi-sisi yang tidak terlihat.

    Baca juga: Catat! Kode Warna Cat yang Akan Populer pada Tahun 2023

    4. Biarkan Cat Mengering

    Sebelum lanjut ke proses berikutnya, pastikan semua cat yang ada di permukaan kayu mengering sempurna. Jangan biarkan ada bagian yang hanya sedikit mengering. Jika Anda sengaja langsung menggunakan kayu dengan cat yang belum mengering maka hal ini akan merusak hasil akhirnya. Supaya tidak ada tahap yang terlewatkan dalam penggunaan cat, lebih baik Anda membaca instruksi yang tertera pada kemasan. 

    Baca juga: Cara Membersihkan Kuas Cat Dengan Berbagai Bahan

    5. Pasang Pengaman Sudut

    Proses selanjutnya yang harus dilakukan ialah memasang pengaman pada setiap sudut papan tulis. Hal ini dilakukan untuk melindungi sudut-sudut papan tulis agar tidak mudah rusak atau tergores. Pada saat yang sama, penggunaan pengaman sudut berguna untuk melindungi penggunanya dari sudut tajam yang berbahaya. 

    Apalagi kalau Anda memiliki seorang anak bayi atau balita yang masih tidak bisa menjaga diri mereka sendiri. Tentunya Anda perlu berhati-hati agar barang yang disentuh tidak menimbulkan cedera. 


    6. Pasang Papan Tulis di Dinding atau Tempat yang Diinginkan

    Terakhir, pasang papan tulis di dinding atau tempat lainnya yang diinginkan. Anda bisa menggunakan perekat yang kuat dan sesuai dengan jenis dinding atau permukaan tempat memasang papan tulis. 

    Sebelum Anda benar-benar memakainya, pastikan papan tulis sudah terpasang dengan kokoh dan aman sehingga penggunaannya bisa maksimal. Kalau sudah maka proses pembuatan papan tulis telah selesai! 

    Bagaimana? Apakah Anda bisa mengikuti cara-cara membuat papan tulis putih yang sudah dijelaskan di atas? Membuatnya bisa jadi sulit untuk Anda yang tidak pernah membuat apa pun dari tangan sendiri. Namun jangan bersedih hati karena Anda bisa membaca informasi dalam artikel ini berulang kali untuk membantu dalam pembuatan papan tulis putih. 

    Anda juga tidak perlu bingung mencari bahan dan alat yang digunakan untuk membuat papan tulis karena Klopmart menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan. Tersedia tripleks melamin, tripleks kayu, cat, perekat, meteran, dan masih banyak lagi. 

    Bahkan Klopmart juga menyediakan semua barang yang dibutuhkan dalam proyek pembangunan. Anda bisa menemukan cat tembok, semen, mortar, gypsum, hingga baja ringan aplus. Anda hanya perlu mengunjungi Klopmart, kemudian cari semua bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proyek pembangunan. 

    Anda juga bisa memesannya dalam jumlah banyak selama stok masih tersedia. Masih bingung dan membutuhkan lebih banyak informasi tentang Klopmart? Anda bisa langsung menghubungi tim Klopmart untuk berkonsultasi. 

    Jadi mulailah berbelanja berbagai kebutuhan material dari mana saja dan kapan saja hanya melalui Klopmart sekarang! Semoga informasi tentang cara membuat papan tulis putih yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi Anda! 

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Lampu & Listrik

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Selengkapnya