Pompa dan Pipa

8 Cara Membuat Lampu Hias dari Paralon dengan Mudah daan Murah

Media
08 Agu 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki banyak waktu luang dengan berbagai pipa yang tersisa? Tidak perlu khawatir, Anda dapat mencoba cara membuat lampu hias dari pipa paralon. Pipa paralon dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kerajinan tangan yang dapat digunakan pada kegiatan sehari-hari pula. Salah satunya menjadi lampu hias yang unik dan cantik serta dengan cara pembuatan yang tidak sulit. Simak informasi cara membuat lampu hias selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Lampu Hias dari Paralon

Ternyata pipa paralon yang digunakan untuk mengalirkan air dari keran juga dapat Anda gunakan untuk membuat kerajinan tangan yang tentunya bermanfaat. Berbagai perkakas seperti lampu hias dapat diciptakan sendiri dengan biaya yang cukup murah karena bahan dan alat mudah sekali dicari. 

Pipa paralon dapat menjadi sebuah lampu hias yang menarik untuk hiasan pada berbagai ruangan di dalam rumah. Untuk mengubah pipa menjadi lampu hias, lakukan beberapa cara berikut ini: 


1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Membuat Lampu Hias dari Paralon dengan Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat lampu hias, persiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan berikut ini: 

  1. Bahan yang pertama disiapkan tentunya pipa paralon PVC berukuran 4 atau 6 inch, panjang pipa dapat disesuaikan dengan selera Anda. Pipa ini bisa Anda dapatkan pada toko bangunan seperti Klopmart atau bisa juga memakai pipa bekas yang ada di rumah.
  2. Untuk membuat lampu hias dari paralon, temukan ide pola atau pattern gambar untuk motif yang akan digunakan pada pipa paralon.
  3. Siapkan bor listrik beserta mata bor khusus untuk melubangi pipa.
  4. Sediakan pula amplas yang digunakan untuk memperhalus pipa setelah dilubangi.
  5. Siapkan kabel listrik dan steker.
  6. Cat semprot untuk mempercantik paralon dengan berbagai warna.
  7. Sediakan lem bakar atau lem pipa.
  8. Sediakan pula rumah lampu beserta bohlam lampu.
  9. Terakhir, persiapkan fiber putih blur untuk menutupi sisi dalam lampu.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

2. Membuat Pola Pada Pipa 

Membuat Pola Pada Pipa

Setelah menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat lampu hias, Anda dapat mulai membuat lampu hias. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggambar pola motif atau sketsa untuk lampu hias pada kertas menggunakan pensil. Perhatikan saat menggambar pola pada kertas, usahakan untuk tidak robek. Selanjutnya letakkan dan karetkan kertas dengan gambar motif di atasnya pada pipa tersebut.

3. Memotong dan melubangi Pipa

Memotong dan melubangi Pipa

Setelah menggambar motif, Anda dapat mulai memotong pipa menjadi beberapa bagian dengan panjang sesuai keinginan. Kemudian Anda dapat mulai lubangi pipa tersebut dengan menggunakan mata bor sesuai dengan motif yang telah digambar sebelumnya. 

Selain itu, buat lubang pada bagian jalur kabel listrik. Saat melubangi pipa, usahakan untuk sesuai dengan motif yang tertempel di atasnya  karena apabila berlebihan, hasilnya tidak akan rapi dan terlihat tidak maksimal.

Baca juga: Cara Aman Menggunakan Mesin Bor

4. Menghaluskan Pipa

Menghaluskan Pipa

Setelah memotong dan melubangi pipa sesuai dengan pola dari gambar, selanjutnya Anda dapat menghaluskan seluruh bagian baik lingkaran atas, bawah, maupun lubang pola pada pipa dengan amplas. Tujuannya untuk membuat lingkaran dan pola pada pipa menjadi lebih halus dan rapi saat dilihat.

5. Mengecat Pipa

Mengecat Pipa

Cara membuat lampu hias dari paralon berikutnya adalah pengecatan pipa paralon. Pengecatan dilakukan dengan cat semprot yang biasa disebut dengan pilox. Anda dapat menggunakan merk apa saja dan warna yang anda inginkan. Setelah dilakukan penyemprotan, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 4 jam agar cat dapat menempel sempurna.

Agar lebih cepat kering, jemur pipa yang telah dicat di bawah terik matahari. Setelah cat kering, Anda dapat mencuci paralon agar paralon lebih bersih untuk dipajang. Lalu keringkan kembali selama beberapa saat.

Baca juga: 9 Kreasi dari Pipa Paralon untuk Mempercantik Rumah Anda

6. Memasang Lampu

Memasang Lampu

Langkah selanjutnya adalah pemasangan lampu. Letakkan paralon pada bagian atas dudukan lampu dan pasangkan lampu beserta kabel untuk menyalakan lampu. Kabel tersebut dapat Anda pasang melalui lubang pada bagian pipa yang telah dibuat sebelumnya. Pasang dudukan lampu terlebih dahulu pada alas lampu hias.

Apabila kabel lampu tidak memungkinkan untuk diletakkan pada lubang pipa, Anda dapat membuat lubang baru pada alas sebagai tempat dudukan lampu. Pastikan Anda telah memasang steker pada ujung kabel dan switch pada bagian tengah. Selanjutnya, pasang lampu pada dudukan lampu tersebut.


7. Memasang Fiber  

Memasang Fiber

Cara membuat lampu hias dari paralon yang selanjutnya adalah memastikan bahwa lampu dapat menyala. Apabila lampu sudah dipastikan menyala dengan baik, Anda dapat memasangkan fiber putih agar cahaya lampu yang menyala menciptakan warna lampu yang tidak terlalu mencolok. 

Cara memasangnya sangat mudah, Anda hanya perlu melingkarkan fiber pada paralon. Tidak perlu menggunakan lem, sebab akan mempersulit proses penggantian ketika diperlukan.

Baca juga: 5 Cara Memasang Lampu Tumblr di Dinding Kamar Tanpa Paku

8. Finishing

Finishing

Langkah terakhir adalah finishing. Sebenarnya tahap finishing dapat menjadi opsi yang tidak harus dilakukan yaitu menyemprotkan clear coat agar cat terlihat lebih mengkilap dan mengeluarkan warna aslinya. Setelah itu, lampu hias siap digunakan dan dipajang pada setiap sudut rumah Anda.

Jadi apakah Anda tertarik untuk membuat lampu hias dari pipa paralon? Selain memberikan hiasan rumah yang cantik, membuat lampu hias dari paralon dapat menjadi kegiatan yang mengasyikan bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang. Selain itu, kreasi ini juga dapat menjadi salah satu ide usaha homemade untuk menambah pendapatan. 

Apabila Anda membutuhkan berbagai peralatan dan kebutuhan membuat lampu hias terutama pipa paralon, cek harga pipa paralon dan kebutuhan lainnya di Klopmart. Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan bahan material yang lengkap dan terjangkau. Untuk mencoba cara membuat lampu hias dengan paralon, hubungi kami sekarang juga dan temukan pipa sesuai dengan kebutuhan Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya