6 Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana dengan Mudah dan Tahan Lama

Ingin punya ternak tetapi tidak tahu cara membuat kandang ayam yang benar? Anda tidak perlu khawatir karena Klopmart telah mengumpulkan seluruh informasi penting yang perlu diketahui.


Bagi sebagian orang, membuat kandang ayam bisa terlihat sulit dan memerlukan keahlian khusus. Padahal sebenarnya Anda hanya butuh sedikit bantuan dan panduan. Itu sebabnya informasi berikut ini perlu dibaca sampai akhir.


Di sini Anda akan banyak belajar tentang bagaimana menentukan ukuran kandang ayamnya hingga memasang perlengkapan dan aksesoris yang dibutuhkan. Langsung saja ikuti setiap langkahnya di bawah ini!


Berapa Ukuran Ideal Kandang Ayam

Ukuran kandang ayam yang ideal sangat penting untuk memastikan ayam merasa nyaman dan sehat di dalamnya. Ukuran kandang ayam yang terlalu kecil dapat membuat ayam merasa terkekang dan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. 


Sebaliknya, kandang yang terlalu besar dapat membuat ayam merasa kesepian dan stres. Kalau Anda bertanya-tanya berapa ukuran yang ideal, coba perhatikan pengukuran kandang berikut yang bisa Anda gunakan sebagai panduan:

  1. Setiap ekor ayam sebaiknya memiliki ruang gerak minimal 30 cm x 30 cm.

  2. Tinggi kandang ayam sebaiknya minimal 50 cm agar ayam dapat berdiri tegak di dalamnya.

  3. Kandang sebaiknya memiliki ukuran minimal 1 meter x 2 meter untuk 4-5 ekor ayam.

  4. Berikan ventilasi dengan membuat kandang seperti pagar sehingga ada sirkulasi udara yang baik untuk ayam.


Selain ukuran kandang per ayam yang sudah dijelaskan di atas, berikut Klopmart sajikan ukuran sesuai jenis ayamnya. Catat informasi berikut ini baik-baik dan coba periksa lagi saat Anda akan melakukan pengukuran:

  1. Ukuran kandang ayam untuk ayam petelur: Jika Anda ingin memelihara ayam petelur, ukuran kandang minimal yang dibutuhkan adalah 60 cm x 60 cm x 40 cm per ekor ayam. Namun, jika Anda ingin memberikan kenyamanan yang lebih untuk ayam Anda, sebaiknya pilih ukuran kandang yang lebih besar.

  2. Ukuran kandang ayam untuk ayam pedaging: Untuk ayam pedaging, ukuran kandang minimal yang dibutuhkan adalah 75 cm x 75 cm x 45 cm per ekor ayam. Namun, untuk memastikan ayam Anda tumbuh sehat dan optimal, Anda sebaiknya memilih ukuran kandang yang lebih besar.

  3. Ukuran kandang ayam untuk ayam hias: Ayam hias biasanya lebih kecil dan lebih ringan dari ayam petelur dan ayam pedaging. Ukuran kandang yang cocok untuk ayam hias adalah sekitar 50 cm x 50 cm x 35 cm per ekor ayam.

Syarat-Syarat Kandang yang Sehat


Selain panduan ukuran yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan saat Anda membuat kandang ayam yang tepat. 

1. Pastikan Luas Kandang Sesuai dengan Jumlah Ayam

Pertama, perhatikan jumlah ayam yang akan berada di dalam kandang. Makin banyak ayam yang dipelihara maka makin besar juga ukuran kandang yang harus dibuat agar ayam tidak saling berebut tempat.

2. Sesuaikan dengan Jenis Ayam yang Akan Dipelihara

Penting untuk tahu jenis ayam seperti apa yang akan dipelihara. Pasalnya beberapa jenis ayam memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada jenis lainnya. Sebagai contoh, ayam kampung biasanya lebih besar dari ayam petelur. Oleh karena itu ukuran kandang yang cocok untuk ayam kampung harus lebih besar dari kandang untuk ayam petelur.

3. Kandang Harus dapat Memberikan Perlindungan yang Dibutuhkan

Anda tentu tidak akan menaruh ayam di dalam rumah, bukan? Itu sebabnya kandang yang dibuat harus bisa memberikan perlindungan dari cuaca buruk, binatang liar, dan predator seperti ular atau elang. 


Meski beberapa binatang buas tidak ada di pemukiman warga, tetapi Anda tetap perlu berjaga-jaga untuk segala kemungkinan terburuk. Pastikan juga kandang ayam punya akses untuk dibersihkan sehingga menjaga kebersihan dan kesehatan ayam bukan hal sulit.

4. Pastikan Ada Akses Terbuka Saat Dibutuhkan

Terakhir, pastikan juga bahwa kandang ayam yang dibuat memiliki akses ke area terbuka untuk menjaga keseimbangan antara waktu yang dihabiskan di dalam dan di luar kandang. Hal ini sangat penting untuk mencegah ayam menjadi stres karena dapat memengaruhi produksi telur dan kualitas daging ayam.

5. Kandang Berada dalam Area Kering dan Berjauhan dari Tempat Tinggal

Kandang ayam yang sehat harus terhindar dari area yang basah seperti genangan air atau kubangan lainnya. Hal ini diperlukan agar ayam tidak mudah terkena penyakit. 


Selain itu penting untuk memberikan jarak antara kandang dengan rumah Anda supaya kotorannya tidak membuat keluarga terjangkit penyakit. Jika Anda memiliki sumur maka sebaiknya hindarkan juga kandang ayam dari sumber air bersih tersebut.  

Bahan dan Perlengkapan Membuat Kandang Ayam Sederhana


Bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang ayam sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan atau peternakan terdekat. Beberapa bahan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan antara lain:

1. Kayu atau Bambu

Kayu atau bambu merupakan bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang ayam. Kalau Anda ingin menggunakan kayu maka pastikan bahan yang dipilih kuat dan tahan terhadap cuaca. 


Baca juga: 10 Manfaat Kayu Meranti yang Perlu Anda Ketahui! - Klopmart

2. Kawat atau Jaring

Kawat atau jaring berfungsi untuk melindungi kandang dari serangan hewan liar dan juga memastikan sirkulasi udara tetap lancar di dalam kandang. Pilihlah kawat atau jaring yang kokoh serta tahan lama agar Anda tidak harus selalu melakukan penggantian berkala. Jangan sampai hanya karena murah tetapi Anda jadi harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. 

3. Perkakas

Selanjutnya Anda membutuhkan alat-alat perkakas untuk menyatukan semua bahan yang sudah dibeli. Untuk membuat kandang, Anda hanya perlu palu, gergaji, paku, dan obeng. 


Baca juga: Lengkapi perkakas di rumah Anda

4. Cat dan kuas

Soal pewarnaan kandang sebenarnya tidak wajib, tetapi Anda bisa melakukannya demi ketahanan kandang terhadap berbagai cuaca. Jadi kandang yang dibuat bisa tetap awet tanpa harus diganti berulang kali. Jangan lupa untuk memilih cat yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan ayam.

5. Tempat Pakan dan Minum

Tempat pakan dan minum ayam sangat penting dalam kandang ayam. Pastikan Anda menyediakan tempat yang cukup besar agar mudah diakses oleh ayam. Taruh tempat pakan dan minum pada area yang bisa diakses oleh seluruh ayam sehingga mereka tidak jatuh sakit.

6. Bahan Isolasi

Meski memiliki bulu, ayam termasuk hewan yang harus berada pada suhu tertentu agar bisa sehat dan menghasilkan telur terbaik. Itu sebabnya Anda butuh bahan isolasi untuk menjaga suhu kandang tetap stabil. Anda bisa menggunakan serbuk kayu, jerami, atau kain untuk mengisolasi dinding kandang.

7. Lampu pemanas

Lampu pemanas sangat penting terutama saat cuaca hujan. Lampu pemanas dapat membantu menjaga suhu kandang tetap hangat dan nyaman bagi ayam.

6 Cara Membuat Kandang Ayam Sederhana

Membuat kandang sendiri bisa jadi cara terbaik untuk memastikan bahwa ayam peliharaan Anda berada dalam lingkungan yang aman dan sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kandang ayam sederhana. 

1. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Sebelum membuatnya, tentukan dahulu lokasi yang tepat untuk menaruh kandang. Pastikan lokasi yang Anda pilih terlindung dari cuaca buruk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pilihlah lokasi yang mudah diakses untuk mempermudah membersihkan kandang dan memeriksa kondisi ayam.

2. Ukur dan Desain Kandang

Jika sudah, ukur area tersebut  sesuai dengan ukuran dan jumlah ayam yang akan dipelihara. Pastikan Anda sudah memperhitungkan luasnya dari jumlah dan jenis ayam yang akan dipelihara. 

3. Bangun kandang

Data ukuran yang sudah Anda dapatkan bisa langsung digunakan untuk memotong kayu-kayu kerangka kandang. Saat rangkanya sudah jadi, Anda bisa mulai untuk mengecat dan memasang kawat untuk memastikan ada udara yang masuk dan keluar dari kandang. 

4. Pasang atap

Jangan lupa buat atap untuk melindungi ayam dari hujan dan sinar matahari. Pastikan atap kandang terbuat dari bahan yang tahan air dan tidak mudah rusak.

5. Berikan Jerami atau Serbuk Kayu

Supaya suhu dalam kandang tetap terjaga, pastikan Anda memberikan jerami atau serbuk kayu. Menggunakan kedua bahan tersebut terhitung murah dan bisa langsung dibuang saat sudah kotor. Anda jadi dimudahkan dalam pembersihan karena tinggal mengganti jerami yang baru maka ayam akan kembali mendapatkan suhu yang tepat. 

6. Pasang Wadah Makan dan Minum

Untuk menyelesaikan pembuatan kandang, Anda bisa memasang wadah makan dan minum pada kandang ayam. Pastikan wadah tersebut mudah dijangkau oleh ayam dan tidak sulit untuk dibersihkan.


Memastikan kandang ayam dibuat dengan baik adalah tugas yang krusial. Jadi Anda hanya perlu mengikuti langkah serta syarat yang sudah dijelaskan di atas untuk memastikan seluruh ekor ayam memiliki kesehatan yang baik. 


Untuk memudahkan Anda dalam membeli semua kebutuhan tersebut, silakan kunjungi Klopmart yang menjadi tempat belanja bahan dan alat material secara online. Tersedia berbagai macam bahan dan perlengkapan untuk membuat kandang ayam, termasuk triplek melamin yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kandang. 


Klopmart jual triplek melamin dan alat-alat lainnya untuk memudahkan kamu membuat kandang dalam waktu singkat. Jangan ragu untuk mengunjungi situs Klopmart dan temukan produk berkualitas dengan harga pas sekarang juga!




Semoga penjelasan informasi cara membuat kandang ayam dalam artikel ini berguna untuk membuka perspektif dan wawasan Anda ketika akan melakukan ternak ayam. Jika Anda membutuhkan informasi berguna lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Klopmart!


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya