5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Memiliki lantai parket kayu bisa memberikan sentuhan estetika yang indah pada ruangan Anda. Namun, untuk menjaga keindahannya, penting untuk mengetahui cara membersihkan lantai parket kayu dengan benar. Membersihkan lantai parket kayu membutuhkan perhatian khusus agar tidak merusak permukaannya. 

promo klopmart

Setiap jenis lantai memiliki karakteristik pembersihan yang berbeda, termasuk lantai parket kayu. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat.

Apa itu Lantai Parket Kayu?

Lantai parket kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari potongan-potongan kayu asli yang disusun secara rapat dan teratur. Kayu yang digunakan biasanya berasal dari berbagai jenis pohon yang memiliki kekuatan dan keindahan yang berbeda-beda, seperti oak, maple, walnut, atau cherry. 

Potongan-potongan kayu ini dipasang dengan pola tertentu, seperti pola jari-jari atau pola herringbone, untuk menciptakan tampilan yang estetis dan elegan. Lantai parket kayu sering dipilih karena tampilannya yang hangat dan alami, serta kemampuannya untuk meningkatkan nilai estetika ruangan.

Selain keindahannya, lantai parket kayu juga dikenal karena kekuatan dan keawetannya yang tinggi. Kayu yang digunakan umumnya telah melalui proses pengeringan dan perlakuan khusus untuk mengurangi risiko perubahan bentuk akibat perubahan suhu dan kelembapan. Hal ini membuat lantai parket kayu cocok untuk digunakan di berbagai ruangan, termasuk ruang tamu, kamar tidur, atau ruang makan. 

Selain itu, lantai parket kayu juga relatif mudah untuk dipelihara dan diperbaiki jika terjadi kerusakan, sehingga banyak orang memilihnya sebagai pilihan lantai yang praktis dan estetis.

Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu dan Perawatannya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu dengan Tepat

Membersihkan lantai parket kayu dengan tepat menjadi langkah yang penting untuk menjaga keindahan dan keawetan permukaannya. Berikut cara membersihkan lantai parket kayu dengan tepat:

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Ini termasuk sapu atau vakum dengan kepala lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran secara menyeluruh dari permukaan lantai. Selain itu, sediakan juga kain microfiber yang bersih dan lap basah untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel.

2. Lakukan Pembersihan Ringan Secara Rutin

Salah satu kunci menjaga lantai parket kayu tetap bersih adalah dengan melakukan pembersihan ringan secara rutin. Ini meliputi menyapu atau menyedot debu setidaknya sekali sehari untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat merusak permukaan kayu. Pembersihan ringan juga membantu mencegah goresan dan kerusakan akibat gesekan dengan kotoran yang kasar.

3. Gunakan Cairan Pembersih Kayu yang Tepat

Ketika melakukan pembersihan lebih menyeluruh, pastikan untuk menggunakan cairan pembersih yang sesuai untuk lantai parket kayu. Hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras atau minyak yang dapat meninggalkan residu dan merusak lapisan pelindung kayu. Pilih cairan pembersih kayu yang diformulasikan khusus untuk jenis kayu yang Anda miliki.

4. Hindari Penggunaan Air Berlebihan

Saat membersihkan lantai parket kayu, hindari penggunaan air berlebihan karena dapat merusak permukaan kayu. Gunakan lap yang cukup lembap untuk membersihkan noda atau kotoran, namun pastikan untuk segera mengeringkan permukaan dengan lap kering untuk menghindari penyerapan air oleh kayu.

Baca juga: Inilah Perbedaan Parket dan Vinyl, Mana yang Lebih Bagus?

5. Lakukan Perlindungan Tambahan

Lakukan perlindungan tambahan terhadap lantai parket kayu dengan menempatkan karpet atau alas kaki di area yang sering dilalui. Hal ini membantu mengurangi risiko kerusakan akibat goresan atau tekanan berlebihan. Selain itu, pastikan untuk merawat furnitur dengan baik dan menggunakan pelindung kaki untuk mencegah gesekan langsung dengan permukaan lantai. 

5 Tips Merawat Lantai Parket Kayu

Merawat lantai parket kayu termasuk langkah penting dalam menjaga keindahan dan keawetan lantai di rumah Anda. Berikut beberapa tips merawat lantai parket kayu agar tetap terlihat indah dan tahan lama:

1. Rutin Melakukan Pembersihan

Pembersihan rutin menjadi kunci utama untuk menjaga lantai parket kayu tetap bersih dan terawat. Lakukan penyapuan atau penyedotan debu setiap hari untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menggores permukaan kayu. Lalu, lakukan pembersihan menyeluruh secara berkala dengan menggunakan cairan pembersih yang sesuai untuk menjaga kebersihan lantai.

2. Hindari Paparan Air Berlebihan

Air adalah musuh utama lantai parket kayu karena dapat menyebabkan pembengkakan, perubahan warna, dan bahkan kerusakan permanen. Pastikan untuk menghindari tumpahan air dan menjaga kelembapan ruangan dalam batas yang aman. Gunakan lap yang cukup lembap saat membersihkan noda atau kotoran, dan segera keringkan permukaan dengan lap kering untuk mencegah penyerapan air oleh kayu.

3. Gunakan Pelindung Furnitur

Untuk mencegah goresan dan kerusakan akibat pergesekan, letakkan pelindung kaki pada furnitur yang sering digunakan. Pelindung kaki ini dapat berupa bantalan karet atau kain yang dipasang di bagian bawah kaki furnitur. Selain itu, hindari menggeser furnitur secara langsung di atas lantai parket kayu, dan angkat atau geser furnitur dengan hati-hati untuk menghindari goresan.

4. Lakukan Perawatan Preventif

Selain pembersihan rutin, lakukan juga perawatan preventif untuk menjaga keindahan lantai parket kayu. Ini termasuk penyegelan ulang atau pengaplikasian lapisan pelindung secara berkala untuk melindungi permukaan kayu dari aus dan kerusakan. Perawatan preventif juga dapat mencakup penggunaan karpet atau alas kaki di area yang sering dilalui untuk mengurangi risiko kerusakan.

Baca juga: 5 Desain Lantai Kayu Palet

5. Perhatikan Suhu dan Kelembaban Ruangan

Suhu dan kelembapan ruangan berperan penting dalam menjaga kualitas dan keawetan lantai parket kayu. Pastikan ruangan Anda memiliki suhu dan kelembapan yang stabil dan terkendali. Hindari perubahan suhu dan kelembapan yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan perubahan bentuk dan retak pada lantai kayu.

Bagaimana, cara membersihkan lantai parket kayu yang telah dijelaskan di atas cukup mudah bukan? Bagi Anda yang membutuhkan perlengkapan dan peralatan untuk merawat lantai parket kayu, kunjungi Klopmart sekarang juga.

Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap

Klopmart adalah Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap yang menyediakan berbagai macam produk berkualitas untuk keperluan renovasi dan perawatan rumah Anda. Temukan produk-produk terbaik untuk merawat lantai parket kayu Anda secara efektif dan efisien hanya di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya