Pompa dan Pipa

5 Cara Memasang Talang Air Dari Pipa Paralon yang Benar

Media
23 Feb 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara memasang talang air dari pipa paralon bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menyewa seorang kontraktor. Hanya saja, dibutuhkan perencanaan yang tepat sebelum mengeksekusi pembangunan talang air di bagian eksterior rumah. Sama seperti bagian rumah lainnya, talang air harus dibangun sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Talang air memiliki fungsi penting bagi rumah, yakni mengalirkan air hujan sampai ke selokan. Air yang tergenang dari kanopi mengalir lancar lewat bagian ini sehingga tidak masuk ke dalam rumah. Anda tidak perlu khawatir kalau tembok jadi kotor atau berjamur saat hujan karena ada talang air.

Cara Memasang Talang Air dari Pipa Paralon yang Tepat

Pipa paralon atau PVC menjadi salah satu material andalan untuk memasang talang air di rumah. Salah satu keunggulannya, pipa ini tidak mudah lapuk jadi tahan air. Dibandingkan pipa logam, pipa paralon tidak mudah terkena korosi jadi minim karat.

Jangan ragukan kekuatan pipa PVC karena beratnya lebih ringan daripada pipa logam. Sesuai namanya, pipa paralon terbuat dari Polyvinyl Chloride yang sifatnya keras dan anti pecah. Talang air yang dipasang lebih tahan lama, asalkan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Sudah mantap memilih pipa paralon sebagai material talang air? Mulailah proses pembangunan talang air mengikuti langkah di bawah ini.

1. Tentukan Panjang Pipa PVC

Lakukan perencanaan pembangunan talang dengan membeli material pipa paralon yang dibutuhkan. Anda juga membutuhkan pengikat tambahan untuk menyambungkan potongan pipanya. 

Kebutuhan pipa PVC yang dibeli harus sesuai ukuran dinding dan kanopi rumah. Pola talang air yang ideal adalah memanjang mengikuti atap, kemudian membentuk vertikal sebagai pembuangan airnya. Apabila ukurannya lebih dari 12 meter, talang air harus dipasang dari tengah, kemudian mengarah ke bawah agar aliran airnya lebih mudah.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC?

2. Tentukan Lokasi Pemasangan Talang Air

Anda harus menandai lokasi pembangunan talang air menggunakan kapur garis (chalk line). Mulailah dengan menentukan titik awal pemasangan talang yang paling tinggi dari semua titik lainnya.

Kemudian, tentukan titik ujung pipa vertikal di area kanopi. Tandai kedua titik tersebut dengan chalk line dan gunakan tongkat pengukur sebagai alat bantu membuat garis lurus.


3. Potong Pipa PVC

Potong pipa PVC sesuai ukuran yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk memotongnya, Anda bisa menggunakan gergaji logam atau gunting besi. Gunakan juga pita pengukur agar hasil pemotongan pipanya tidak meleset.

Baca juga: 7 Jenis Talang Air Untuk Rumah Anda

4. Pasang Penyambung Talang

Ada dua cara memasang penyambung atau pengikat talang, yakni menempelkan ke papan permukaannya langsung atau dipasang di talang air. Anda bisa memilih salah satu opsi berdasarkan jenis pipa yang digunakan.


5. Tempelkan Pipa PVC di Lokasi Pemasangan

Cara memasang talang air dengan pipa paralon yang terakhir yaitu mulailah dengan memasang pipa horizontal di sepanjang kanopi terlebih dulu. Kemudian, pasang pipa dengan menempelkan baut sekrup berbahan baja di papan permukaannya. Idealnya, baut ini dipasang setiap 60 cm. 

Setelahnya, pasang pipa talang vertikal melalui penyambung pipa (shock pipa). Pastikan agar ujung pipa talang vertikalnya menuju arah yang tepat. Untuk merekatkan sambungan pipanya, Anda bisa menggunakan lem sealant dan membiarkannya kering hingga semalaman.

Setelah pemasangannya selesai, uji dulu apakah ada kebocoran yang mungkin terjadi. Pastikan juga aliran airnya tidak pampat sehingga talang air siap digunakan. Anda bisa mengecat talang airnya setelah jadi menggunakan cat anti bocor sehingga masalah kebocoran ini bisa dihindari.

Baca juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika yang Layak Dipertimbangkan

Untuk pipa PVC-nya, Anda bisa mendapatkannya secara online di Klopmart. Harga pipa PVC yang tersedia juga terjangkau karena kami memberikan harga grosir untuk Anda. Sempurnakan cara memasang talang air dari pipa paralon di atas dengan membeli produk material bangunan di Klopmart.

 

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya