4 Cara Melukis 3D di Tembok dengan Mudah dan Hasil Ciamik!

Table Of Contents

Dinding merupakan salah satu bagian dari rumah yang sangat perlu diperhatikan. Saat dinding rumah terlihat kotor dan tidak menarik, pasti akan sangat mempengaruhi penampilan dari rumah. Itulah mengapa dinding juga harus dibuat indah agar tampilan rumah semakin terlihat menarik dan tidak membosankan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghiasi dinding yang bisa Anda coba lakukan. Salah satu cara yang paling populer yaitu dengan memberikan bingkai foto dan lukisan pada dinding. Namun, sebenarnya ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menghias bagian dinding, yaitu dengan membuat lukisan 3D.

promo klopmart

Sebenarnya dengan memberikan lukisan 2D sudah bisa membuat dinding terlihat menarik, tetapi dengan memberikan lukisan 3D, tentu saja akan menghasilkan nuansa yang berbeda.

Baca Juga: 4 Cara Menghias Kelas agar Suasana Belajar Semakin Seru

Cara melukis 3D di tembok

Melukis 2D dan 3D tentunya memiliki tingkat kesulitan serta teknik yang berbeda. Untuk menghiasi tembok, akan lebih mudah saat menggunakan lukisan 2D. Namun, jika ingin tembok terasa lebih hidup dan menarik, maka Anda bisa mencoba untuk membuat lukisan 3D.

Meskipun cukup rumit dan prosesnya memakan waktu yang lebih lama, tetapi lukisan 3D akan membuat hasil yang sangat memuaskan dan tentunya dapat menonjolkan keindahan tembok. Berikut ini beberapa cara melukis 3D di tembok yang perlu kamu ketahui.

1. Teknik airbrush

Teknik airbrush menjadi salah satu teknik yang paling sering digunakan untuk menggambar lukisan 3D. Teknik airbrush sangat membantu membuat objek lukisan terlihat lebih nyata dan jelas. Bahkan, teknik ini juga disebut menjadi salah satu teknik terbaik untuk membuat lukisan 3D karena mampu membuat kedalaman dan realisme yang luar biasa pada objek.

Saat membuat lukisan 3D masalah kedalaman sangat perlu diperhatikan karena kedalaman yang tepat dapat menentukan efek timbul yang lebih baik.

2. Teknik tumpang tindih

Selain teknik arsiran, terdapat teknik lain yang bisa digunakan untuk membuat lukisan 3D adalah dengan teknik tumpang tindih. Menggunakan teknik akan membuat objek yang digambar akan terlihat lebih hidup karena berbentuk 3D karena terdapat tumpukan media dengan kemiringan yang sudah diatur. Hal itu akan membuat efek ilusi mata sehingga objek lukisan yang dibuat akan terlihat lebih hidup.

3. Teknik perspektif

Teknik perspektif menjadi teknik yang paling populer untuk pembuatan lukisan 3D. Teknik ini akan membuat objek terlihat lebih nyata dan terlihat detailnya. Misalnya Anda ingin membuat objek lukisan berupa kumpulan buah dan sayur, maka hal pertama yang harus diperhatikan ialah komposisi dari objeknya.

Selain itu, Anda juga harus mencari tahu di mana setiap bagian objek berpotongan dan mencari tahu letak cahaya yang akan mengenai objek. Mempelajari teknik ini bisa dilakukan dengan menggambar kontur buta, yaitu dengan cara melihat terus objek yang digambar dan tangan tetap menggambar sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata. Namun, perlu diingat bahwa saat menggambar dengan teknik perspektif, Anda harus memperhatikan jarak pandang dengan objek aslinya.

4. Teknik lighting

Cara melukis 3D di tembok selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik lighting. Hal yang satu ini memang sangat penting saat melukis objek 3D. Teknik lighting atau teknik pencahayaan ini berguna untuk menentukan shading di area objek, sehingga efek 3D bisa terlihat.

Saat sumber cahaya berada lebih dekat dengan obyek, tentu saja pencahayaan yang dibutuhkan harusnya lebih terang. Selain itu, tekstur tembok atau dinding juga perlu diperhatikan karena tekstur permukaan juga sangat menentukan pencahayaan.

cat dan perlengkapannya

Itulah beberapa cara melukis 3D di tembok yang bisa Anda coba gunakan. Lukisan 3D memang akan memberikan kesan yang berbeda pada dinding rumah. Jadi, jika Anda ingin memiliki tampilan rumah yang unik dan tidak biasa, Anda bisa memberikan hiasan berupa lukisan 3D di dinding rumah Anda. Bila anda tertarik untuk membeli cat untuk menghias kamar dengan lukisan 3D, Anda bisa belanja online gratis ongkir di Klopmart.com

 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya