Inilah Cara Melepas Wallpaper Dinding Dengan Mudah

Mengetahui cara melepas wallpaper dinding yang mudah tentu akan bisa menghemat banyak hal, dari segi waktu dan juga biaya. Sulit untuk melepaskan benda ini dari dinding rumah Anda jika tidak memiliki pengetahuan yang lengkap karena saja merusak tampilan interior yang malah membuat semakin rugi. Nah, demi mengatasi masalah ini, kami menyajikan panduan dan juga tips mengenai cara untuk melepas wallpaper dengan mudah. Simak informasi di bawah ini ya.

Cara Melepas Wallpaper Dinding

Wallpaper merupakan salah satu opsi untuk menghias interior rumah selain menggunakan cat. Pemasangannya yang cepat dan tersedianya berbagai macam motif unik menjadi keunggulan yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. 

Namun, seiring berjalannya waktu, kita bisa melihat adanya kerusakan atau warna yang memudar dari wallpaper ini. Bahkan tren desain interior rumah yang selalu berkembang akan bisa membuat apa yang melekat di dinding saat ini terkesan kuno. 

Baca Juga: Merawat Wallpaper Dinding

Oleh karena itu Anda pasti ingin melepasnya dan kemudian menggantinya dengan desain yang lain. Namun, proses yang satu ini mudah-mudah gampang. Secara kasat mata tidak terlihat susah, namun melepaskannya dari lem yang menempel ke dinding bisa menjadi sesuatu yang tricky. Untuk memudahkan Anda, mari ikuti cara berikut ini dan persiapkan peralatan berikut:

  • Pengikis/pisau dempul
  • Botol semprotan
  • Air panas dari keran atau ketel listrik
  • Cuka
  • Pelembut kain
  • Obeng
  • Kacamata pengaman
  • Terpal/plastik besar
  • Selotip
  • Tong sampah

1. Bersihkan Area Dinding dan Lindungi Lantai serta Outlet Listrik

Sebelum memulai proses untuk melepaskan wallpaper, Anda harus melindungi lantai karena akan membutuhkan bantuan air yang disemprotkan ke dinding, bersihkan juga area tersebut dari perabotan dan berbagai ornamen lainnya. Letakkan terpal atau plastik dan gunakan selotip untuk mengamankannya. Bila terdapat outlet listrik, Anda bisa menutupnya dengan selotip juga agar tidak kemasukan oleh air.

2. Cungkil Wallpaper

Untuk jenisnya, wallpaper bisa terbuat dari vinyl hingga serat bambu yang akan melindungi lapisan dalam berupa kertas. Mulailah dengan pisau dempul atau pengikis yang besar, temukan tepian pada wallpaper Anda dan cungkil menggunakan pengikis. Kupas wallpaper dengan hati-hati. Jika bisa terlepas dengan mudah, lanjutkan proses ini. Namun, pada kebanyakan kasus, akan ada sebagian kertas yang tidak gampang untuk terlepas. Untuk itu kita akan menggunakan campuran air panas untuk melepasnnya.

3. Menyemprotkan Larutan Air

Pada sebagian besar kasus melepaskan wallpaper, larutan air panas yang dicampur dengan pelembut pakaian atau cuka akan sangat membantu. Untuk resepnya ada dua, yaitu:

  • 1/4 pelembut kain dengan 3/4 air panas
  • 1/3 cuka rumah tangga dengan 2/3 air panas

Dengan lantai dan outlet listrik yang sudah tertutup dan terlindungi, Anda siap untuk membasahi dinding. Sebelum mulai, jangan lupa untuk menggunakan kacamata pengaman untuk melindungi mata. Kemudian semprotkan cairan ini dan gunakan pengikis untuk mempermudah mengangkat sisa-sisa wallpaper. 

Sediakan tempat sampah besar untuk membuang potongan-potongan besar wallpaper. Nantinya akan ada banyak potongan kecil yang jatuh ke lantai dan akan ditampung oleh terpal, sehingga akan mudah untuk membersihkannya. 

Itulah cara untuk bisa melepaskan wallpaper dengan mudah sehingga dinding tidak akan rusak. Nah jika Anda ingin melepaskan cat rumah, maka paint remover adalah solusinya. Cek harga Remover di Klopmart sekarang juga. Semoga informasi cara melepas wallpaper dinding ini bisa membantu Anda.

Baca Juga: 5 Tahapan Cara Memasang Wallpaper Dinding


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2021

Related Article