2 Cara Cat Pagar Bambu Agar Tampak Menarik dengan Mudah

Dengan menambahkan cat pagar bambu, maka rumah Anda akan bisa terlihat lebih menarik. Pagar bambu memang menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang yang menginginkan kesan natural dan eco-friendly untuk rumah mereka. Bila digabungkan dengan desain yang minimalis modern dan kontemporer, pagar bambu ini tidak akan terlihat ketinggalan jaman. Untuk bisa melindungi pagar bambu Anda dari cuaca serta sinar matahari yang menyengat, ada baiknya untuk melapisinya dengan cat atau pernis. Sehingga bambu yang menjadi bahan utama bisa bertahan lebih lama sekaligus tetap terlihat menarik. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda ikuti untuk mengecat pagar bambu Anda.
 

Cara Cat Agar Tampilan Pagar Bambu Semakin Cantik

Bambu merupakan salah satu tanaman rumput berkayu yang mudah tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Bambu juga mudah dibentuk dan menjadi bahan baku untuk berbagai macam benda dan furniture seperti kursi, meja, pintu, dan juga pagar. Untuk bisa digunakan untuk membuat pagar dan berbagai benda lainnya, bambu akan melewati berbagai macam proses. Untuk bisa menjaga kondisi pagar bambu, proses pengecatan dan finishing harus bisa dilakukan dengan benar.

Ada dua jenis cat pagar bambu yang bisa Anda gunakan, cat dengan warna natural dan juga cat dengan warna solid. Berikut ini adalah cara untuk mengaplikasikannya dengan benar.

Baca juga: Bahan Bangunan Natural: Bambu
 

1. Cat Pagar Bambu Warna Natural

Warna natural menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menampilkan tekstur serat bambu yang asli karena sifatnya yang transparan. Anda bisa menggunakan pada berbagai jenis bambu yang telah dikeringkan dan sudah siap untuk di-finishing. Untuk bisa mengaplikasikan cat dengan warna natural ini, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan permukaan pagar bambu sudah kering. Dan bebas dari kotoran serta debu.
  • Ratakan permukaan bambu dengan menggunakan filler. Aplikasikan dengan pisau palet ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Lakukan secara searah dengan serat bambu. Kemudian tunggu kering sekitar 20 menit 
  • Mulai amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga halus dan serat terlihat.
  • Aplikasikan pernis atau cat bambu natural ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit. Setelah kering, Anda bisa mengeceknya dan lakukan aplikasi kembali jika warna dirasa masih kurang.

Hasilnya adalah pagar bambu yang terlihat natural dan juga eksotis dengan warna aslinya. Cocok sekali dengan konsep rumah eco-friendly.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Fungsi Pernis
 

2. Cat Pagar Bambu Warna Solid

Warna solid ini akan menutup warna asli bambu, Anda akan bisa mendapatkan kesan menarik dari warna-warna solid, salah satunya adalah warna hitam yang bisa memberikan kesan modern, elegan, dan minimalis. Untuk bisa melakukan hal ini, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan pagar bambu yang kering dan bersih dari debu serta kotoran.
  • Campurkan cat kayu warna solid dengan air. Sesuai perbandingan yang ada di kemasan cat. Aduk cat hingga rata kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan pagar bambu hingga rata. Jangan terlalu tebal, lakukan secara tips dan berulang.Setelah kering, amplas dengan kertas amplas no. 400. 
  • Berikan finishing yang glossy jika Anda ingin hasil warna yang mengkilap.

Warna solid bisa Anda tentukan berdasarkan tema seperti apa yang Anda inginkan dari pagar bambu tersebut. Kreasikan sesuai selera Anda.

Selain melindungi pagar bambu, cat akan menjadi sebuah visual yang bisa memperlengkap tampilan rumah Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menuangkan ide-ide kreatif untuk semakin mempercantik rumah dan juga pagar bambu Anda. Semoga dengan informasi mengenai cara cat pagar bambu ini bisa membantu Anda, cek harga pernis kayu di Klopmart sekarang juga!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Apr 2021

Related Article