Cara Buat Cakar Ayam Semakin Kokoh Saat Dijadikan Pondasi

Ada berbagai macam jenis pondasi yang bisa digunakan oleh sebuah bangunan. Namun, bentuk cakar ayam dinilai menjadi yang paling baik ketika ingin mendirikan bangunan bertingkat ataupun membangun di tanah yang lembek. Tidak dimungkiri lagi jika kemampuannya diakui banyak orang. Namun, masih ada cara buat cakar ayam semakin kokoh. Melalui hal ini, dijamin bangunan akan bisa tahan terhadap berbagai macam gangguan mulai dari alam hingga waktu. Ketahui apa saja cara tersebut hanya di sini.

Cara Buat Cakar Ayam Semakin Kokoh

Kini, pondasi cakar ayam ramai digunakan pada berbagai macam bangunan dengan kondisi tanah yang berbeda-beda. Kekuatan yang dihasilkan untuk menopang dan menyalurkan beban menjadikan struktur ini sebagai primadona. Pondasi ini merupakan karya asli bangsa Indonesia. Penemunya adalah Prof. Dr. Ir. Sedijatmo. Didesak untuk bisa mendirikan 7 menara listrik pada daerah dengan tanah yang lembek atau berawa, beliau kemudian mencetuskan ide untuk mendirikan menara listrik di atas pondasi cakar ayam yang terdiri atas plat beton. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Memilih Material

Cara untuk membuat cakar ayam yang pertama adalah dengan memilih material cakar ayam yang ingin digunakan. Ada beberapa pilihan material yang dapat Anda gunakan. Tetapi, pada umumnya cakar ayam untuk fondasi menggunakan material dari besi ulir atau besi mulus.

Anda bisa menggunakan bahan berkualitas. Ini menjadi cara yang paling jelas. Bahan yang sudah terbukti berkualitas akan bisa memperkuat sebuah pondasi. Memang biaya untuk bisa membuat sebuah pondasi cakar ayam lebih daripada jenis yang lain. Namun, inilah sesuatu yang harus Anda bayar untuk bisa mendapatkan kualitas. Dalam jangka waktu yang panjang, penggunaan bahan berkualitas ini akan bisa membantu Anda.

2. Menghitung Kebutuhan Besi Fondasi

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menghitung kebutuhan besi untuk membentuk sebuah fondasi. Cara ini diperuntukan agar dapat menghitung jumlah pembelian besi yang tepat untuk membuat fondasi. Pada umumnya pondasi cakar ayam terdiri dari plat beton bertulang yang memiliki ketebalan antara 10-15 centimeter. Hal ini juga bisa berubah mengingat kondisi tanah dan jenis konstruksi yang berbeda-beda.

3. Membuat Fondasi Cakar Ayam

Bagian bawahnya akan ada pipa-pipa beton sebagai struktur pendukung yang akan mencengkeram tanah berawa yang lembek dengan kuat. 

Di bagian bawah plat beton tersebut dibuat sumuran untuk penempatan pipa-pipa dengan jarak 2-3 meter. pipa yang digunakan umumnya berdiameter 1,2 meter dengan ketebalan 8 centimeter. Sementara panjangnya disesuaikan dengan beban di atas plat dan kondisi tanah.

Walaupun sudah terbukti kuat dan mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik, ada hal yang bisa dilakukan demi mendapatkan kekokohan yang lebih terjamin.

Baca Juga: Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan dari Pondasi Cakar Ayam

Tahap Pembuatan Pondasi Cakar Ayam

Berikut ini adalah tahapan yang akan dilakukan ketika membangun sebuah pondasi cakar ayam.

1. Penggalian Tanah

Tanah akan digali sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Sediakan ruang bagi para pekerja agar bisa memasang bagian-bagian dari pondasi dengan nyaman. Sesuaikan juga dengan kondisi tanah di mana Anda membangun bangunan.

Baca Juga: Mengetahui Ukuran Cakar Ayam Yang Dibutuhkan

2. Proses Penulangan

Penulangan ada proses merakit besi beton menjadi struktur yang akan menahan semen cor. Kegiatan ini tidak perlu dilakukan langsung pada lubang galian. Perakitan bisa dilakukan terlebih dahulu, dan kemudian dipasang pada lubang. Tulangan diberi jarak 40 mm dengan dasar tanah dengan batu kali yang diletakkan di setiap ujung sisi sebagai pengganjal. 

3. Bekisting

Proses ini akan memberikan sebuah alat bantu sementara dalam mencetak beton. Beton akan dicor dari atas hingga kebawah. Struktur bantuan ini akan bisa membentuk beton yang menyelimuti tulangan.

4. Pengecoran

Semen, pasir, kerikil atau split, dan air akan dicampur dan kemudian dituang ke dalam bekisting. Kemudian akan dibiarkan mengering hingga membentuk pondasi cakar ayam.

Baca Juga: 10 Jenis Pondasi Rumah Populer Yang Aman Digunakan

Kesimpulan

Nah, itulah dia beberapa informasi seputar cara dan tahapan buat cakar ayam sebagai pondasi bangunan Anda. Ketahui juga berat besi beton yang dibutuhkan agar pondasi semakin kuat. Temukan informasi ini hanya di Klopmart.

Sumber artikel:

  • https://berita.99.co/cara-membuat-pondasi-cakar-ayam/
  • https://www.ahlikuli.com/cara-membuat-cakar-ayam/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Okt 2021

Related Article