Konstruksi

6 Cara Buat Kitchen Set dari Triplek yang Presisi dan Rapi!

Media
08 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kitchen set yang bagus merupakan sebuah kewajiban agar Anda dapat memasak lebih nyaman di rumah. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa harga kitchen set dengan kualitas bagus kadang bisa menguras isi kantong. Untungnya, ada banyak cara untuk mencapai impian memiliki kitchen set impian. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara bikin kitchen set dari triplek.


Murah, tahan lama, dan mudah digunakan, kayu yang satu ini memiliki banyak manfaat. Membuatnya secara DIY (do it yourself) akan bisa menghemat budget. Selain itu, kayu triplek juga dapat dikombinasikan dengan desain rumah atau dapur minimalis.

Harga kitchen set di pasaran bisa terbilang mahal. Apalagi jika produk tersebut terbuat dari material sangat berkualitas. Bayangkan, harga kitchen set ini kurang lebih antara Rp 30-50 juta/set untuk produk berkualitas tinggi dalam skala rumah tangga. Maka, dengan membuatnya sendiri, Anda akan bisa memiliki kendali atas bentuk, kreasi, dan modal yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Daftar Ukuran Triplek 1 Lembar Untuk Panduan Anda

Memahami Jenis-Jenis Triplek

Sebelum membuat kitchen set dari triplek, Anda perlu mengetahui jenis-jenis triplek yang sering digunakan dan memiliki fungsi berbeda terlebih dahulu.

1. Low Density Fiberboard

Dikenal dengan LDF, triplek ini dibuat dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu bekas kegiatan menggergaji, dan berbagai macam potongan kecil kayu lainnya. Harga cukup terjangkau, cocok dijadikan bahan untuk membuat lemari, meja kecil, dan berbagai kerajinan yang tidak perlu menopang beban yang berat.

2. Medium Density Fiberboard 

Merupkann versi yang lebih kuat daripada LDF. Terbuat dari campuran serat kayu lunak dan juga keras yang kemudian disatukan menggunakan lem dan di-press menggunakan tekanan tinggi. Triplek ini cocok sebagai bahan utama pembuatan furniture.

Baca Juga: Cara Memasang Sekat Kamar Tidur Dengan Triplek

3. Teakblock

Bahan dasar dari triplek jenis ini adalah lembaran kayu jati yang terkenal kuat dan tahan terhadap rayap. Harga triplek ini termasuk dalam jenis yang memiliki harga cukup tinggi karena bahan dasarnya. Namun, manfaatnya lapisan kayu yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Blockboard

Jenis ini juga dikenal dengan nama triplek meranti. Terbuat dari tiga lapisan kayu yang memiliki serat berbeda, lalu di-press menjadi satu. Menghasilkan triplek yang fleksibel namun memiliki ketahanan yang baik. Beberapa bentuk pemanfaatannya adalah pada pembuatan meja, pintu, lemari, ataupun panel kayu pada konstruksi bangunan.

5. Melaminto

Melaminto mempunyai permukaan yang dilapisi oleh melanin dan polyester, menciptakan tekstur yang mulus dan rapi. Dengan begitu sangat sering digunakan sebagai pelapis untuk mempercantik tampilan furniture ataupun pintu.

Cara Buat Kitchen Set dari Triplek

Proses pembuatan kitchen set dengan menggunakan triplek tidaklah sulit. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda memiliki peralatan dapur dari triplek.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kitchen set sendiri dari triplek, Anda sebaiknya mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan dengan baik. Hal ini agar saat proses pengerjaan kitchen set berjalan lancar.

Alat yang Dibutuhkan

Berikut adalah alat-alat yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah kitchen set sederhana dari triplek:

Bahan yang Dibutuhkan

Selain peralatan, Anda tentunya membutuhkan bahan-bahan dasar untuk membuat kitchen set sendiri dari triplek. Berikut adalah bahan-bahan yang akan Anda butuhkan:

  • Tripleks / plywood
  • HPL (High Pressure Laminate)
  • Cat kayu
  • Dempul
  • Lem kuning
  • Kaca
  • Kayu palet untuk menahan beban
  • Handle pintu
  • Engsel sendok
  • Rel roda
  • Rel pelor
  • Penahan pintu hidrolik (opsional)

Setelah mendapatkan seluruh alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kitchen set sendiri, saatnya mulai masuk ke langkah berikutnya.

Alat Pelindung Diri

Selain itu alat dan bahan dasar tersebut, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda selama proses pembuatan kitchen set, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata.

Alat pelindung diri tersebut akan melindungi tangan dan mata dari serpihan potongan triplek yang bisa saja menyerang bagian tubuh Anda saat memotong.

Baca juga: Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri

2. Desain Kitchen Set Anda

Untuk memastikan proses pengerjaan yang lancar dan hasil yang memuaskan, Anda sebaiknya membuat desain kitchen set terlebih dahulu. Anda bisa membuat desain kitchen set secara manual dengan menggambarnya langsung atau menggunanakan software yang bisa membantu Anda untuk lebih presisi saat membuat desain.

Karena Anda mendesain kitchen set sendiri, tidak adalah salahnya untuk melihat desain seperti apa yang sedang populer. Anda bisa mencari model untuk dijadikan inspirasi dengan mudah di internet.

Pastikan rencana desain kitchen set Anda sesuai dengan jumlah atau kebutuhan bahan yang telah Anda persiapkan. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda dapat membuat seluruh kitchen set yang Anda rencanakan.

3. Potong Tripleks Sesuai Pola

Kayu Tripleks dipilih karena harganya lebih terjangkau daripada kayu solid dan lebih mudah untuk dibentuk. Anda bisa memakai tripleks yang memiliki ukuran ketebalan minimal 1 cm. Pada intinya semakin tebal ukuran tripleks tersebut, maka semakin baik kemampuan menahan beban.

Jika belum mengetahui jenis triplek untuk Anda gunakan, ada baiknya Anda membaca jenis-jenis triplek pada artikel berikut ini "mengenal jenis-jenis Triplek Untuk Berbagai Macam Keperluan".

Mulai buat sketsa pada tripleks tersebut sesuai dengan rancangan desain awal. Selanjutnya Anda bisa memotong tripleks-tripleks ini sesuai dengan garis pola. Potong dengan rapi agar dapat memasangnya dengan mudah.

4. Buat Kerangka Kitchen Set

Anda bisa menggunakan meja beton sebagai rangka bagian bawah, sehingga Anda hanya perlu menambahkan lemari saja. Namun, jika Anda ingin membuatnya dari awal maka usahakan memiliki rangka untuk bisa menempatkan potongan triplek.

Baca juga: 7 Cara Membuat Meja Dapur Cor Beserta Perhitungannya

5. Perakitan

Untuk merakit potongan tripleks ini, gunakan sekrup dan bor tangan. Pasanglah sekrup-sekrup ini pada posisi yang tepat. Seperti pada sambungan bagian sudut-sudutnya saja. Meratakan permukaan triplek sekaligus menutupi sekrup-sekrup yang Anda pasang dengan dempul kayu. Aplikasikan dempul tersebut hanya di bagian permukaan tripleks yang belum rata saja.

Setelah kering maka Anda akan bisa mengamplasnya agar menjadi mulus. Mulai dengan memakai amplas nomor 200. Kemudian gunakan amplas 400 dan seterusnya sampai halus.

Dalam proses perakitan, mulai dari kitchen set yang paling mudah, seperti rak dan kabinet dapur. Hal ini agar Anda semakin semangat dalam proses dan mempermudah Anda ketika sampai pada perakitan kitchen set yang lebih sulit seperti meja dapur.

6. Pengecatan

Rangkaian kitchen set ini bisa Anda berikan finishing berupa cat kayu sesuai dengan selera dan preferensi. Pewarnaan akan memberikan kesan interior ruangan dapur yang menarik dan tidak membosankan.

Anda perlu melakukan pengecatan minimal sebanyak 2 kali lapisan supaya hasilnya lebih bagus. Jika sudah mengering, pasang berbagai elemen kecil seperti ganggang, engsel pintu, rel, dan lain-lain.

Setelah selesai melakukan pengecatan dan membiarkan cat kering, saatnya Anda mulai memasang kitchen set. Selamat, proses pembuatan kitchen set sendiri dari triplek telah selesai! Selamat menikmati.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Lemari Pakaian dari Triplek

Itulah dia cara bikin kitchen set dari triplek yang dapat Anda jadikan panduan. Memiliki kitchen set bagus merupakan idaman banyak orang. Tetapi, kadang harga kitchen set membuat banyak orang ragu untuk membelinya. Sebagai solusinya, Anda dapat menghemat banyak biaya dan memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda dengan membuat kitchen set sendiri dari kayu triplek.


Bila memiliki keterampilan yang lebih baik, maka Anda akan bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan menambahkan berbagai macam elemen lainnya. Semoga informasi  cara bikin kitchen set dari triplek ini bisa membantu, cari harga Triplek Teakwood di Klopmart sekarang juga untuk bahan dasar Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya