CARA BASMI LALAT BUAH DARI RUMAH ANDA

Apa itu lalat buah? Hmmm… Contoh paling mudah adalah saat Anda membeli buah pisang dan menggantungnya di dapur atau meletakkannya di ruang makan. Setelah permukaan kulit buah pisang mulai terdapat bercak-bercak berwarna coklat, biasanya akan ada serangga-serangga kecil yang beterbangan di sekitarnya. Apalagi jika rumah kita tidak dilengkapi dengan kawat nyamuk pada semua lubang ventilasi, jendela, dan pintunya. Itu seperti membuka undangan bagi berbagai serangga untuk berpesta makan di rumah kita!

Belum lagi jika kerumunan lalat buah yang beterbangan ini menabrak wajah kita saat kita berjalan melintas di dalam rumah kita. Bayangkan berapa jumlah lalat berukuran mini ini yang masuk ke dalam mulut atau terhirup ke dalam hidung kita! Alamak!

Lalat buah yang diberi nama Latin bactrocera dorsalis ini, termasuk hama yang dapat mengganggu panen buah apalagi dalam jumlah banyak. Mereka kawin dan menyuntikkan telur-telurnya dengan organ khusus yang disebut ovipositor ke dalam daging buah. Sekali bertelur menghasilkan 100-120 butir! Kemudian setelah menetas menjadi berenga, ia akan memakan daging buah dari dalam. Berenga dewasa kemudian keluar dari buah dan jatuh ke tanah. Di tanah, ia menggali terowongan dan berubah menjadi pupa yang kemudian akan berubah menjadi lalat buah dewasa.

Nah, daripada buah-buahan yang sudah kita beli menjadi rusak, lebih baik kita pikirkan bagaimana cara membasmi lalat buah dari rumah kita tanpa menyemprotkan insektisida langsung ke buah yang akan kita makan tadi. Itu namanya makan buah beracun jadinya. Cara membasmi lalat buah sebenarnya cukup mudah dan dapat dibuat sendiri di rumah, seperti beberapa cara di bawah ini:

 

  1. Jebakan Gelas Plastik Bening

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Gelas plastik sekali pakai
  2. Plastic wrap atau kantong plastik bening
  3. Karet gelang
  4. Umpan: cuka apel

Tuang sedikit cuka apel ke dalam gelas plastic sekali pakai. Kemudian tutuplah gelas dengan lembaran plastic wrap bening. Ikatkan karet gelang supaya plastiknya menutup rapat. Kemudian buatlah 2 atau 3 lubang kecil di lembaran plastic sehingga aroma cuka apel akan mengalir keluar. Letakkan di dekat buah-buahan yang kita beli tadi. Lalat buah akan tertarik dengan aroma tersebut dan masuk melalui lubang-lubang kecil dan terjebak di dalamnya. Setelah penuh, buanglah jebakan dan ganti dengan yang baru.

 

 

  1. Jebakan Toples Kaca Bening

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Toples kaca
  2. Selembar kertas bekas
  3. Umpan: cuka apel dan sedikit potongan kecil buah yang kelewat matang

Taruh potongan-potongan kecil buah tadi di dasar toples. Kemudian tuang sedikit cuka apel di dasarnya. Gulung kertas selembar tadi membentuk corong kerucut. Letakkan di dekat buah-buahan yang kita beli tadi. Aroma buah yang membusuk akan memancing lalat buah masuk ke toples. Corong akan membuatnya sulit keluar lagi. Setelah penuh, buanglah kertas dan umpan jebakan. Cuci toples dan ganti dengan umpan jebakan yang baru.

 

 

  1. Jebakan Mangkuk Kaca/Plastik Bening

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Mangkuk kaca atau plastik bening
  2. Umpan: cuka apel dan sabun cuci piring

Tuangkan sedikit cuka apel ke dalam mangkuk. Kemudian beri sabun cuci piring sekitar 3 tetes ke atas cuka apel tersebut. Biarkan tanpa ditutup. Letakkan di dekat buah-buahan yang kita beli tadi. Aroma cuka apel akan memancing lalat buah untuk datang dan hinggap di atas cairan cuka apel. Cairan sabun cuci piring akan memecah tegangan permukaan pada permukaan cuka apel sehingga lalat buah yang hinggap akan menempel dan tenggelam ke dasar mangkuk. Setelah penuh, buanglah cairan umpan, cuci mangkuk kaca dan gunakan dengan cairan umpan yang baru.

 

Catatan: Jika diperhatikan dari antara ketiga jebakan di atas tadi, semuanya menggunakan bahan yang bening atau transparan. Hal ini ada tujuannya, yaitu supaya lalat buah yang masuk ke dalam jebakan kita ini akan kesulitan mencari jalan keluar, karena baginya semuanya terlihat terang benderang. Jika menggunakan bahan berwarna gelap, maka lubang jebakan akan mudah ditemukan dari dalam toples atau gelas jebakan tadi.

 

Jika rumah kita sudah terbebas dari lalat buah, kita perlu untuk menjaganya agar sedapat mungkin lalat buah tidak masuk lagi:

  1. Tutuplah buah dengan tudung saji
  2. Lebih baik lagi jika kita simpan buah-buahan dan sayur mayur di dalam kulkas
  3. Buanglah buah yang sudah terlalu matang ke luar rumah
  4. Buanglah sampah secara teratur jangan menunggu hingga dikerumuni lalat
  5. Jagalah selalu kebersihan rumah
  6. Semprotlah rumah terutama pada bagian yang tersembunyi dengan insektisida secara teratur khususnya pada saat sebelum Anda bepergian

 

Selamat menikmati buah-buahan Anda!


Cek harga klik disini

Related Article