Cat dan Kimia

15 Desain Cafe Industrial Kekinian

Media
18 Apr 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Belakangan ini, Anda mungkin banyak melihat konsep cafe industrial yang identik dengan bangunan setengah jadi. Interior dalam pembuatan cafe nyatanya menjadi bagian yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya banyak orang yang berkunjung tak hanya untuk mencicipi makanan atau minuman yang disajikan, melainkan juga untuk bekerja, bersantai, atau sekadar berfoto. 

Konsep industrial ini cukup menarik perhatian banyak orang sebab tak sedikit yang menganggapnya nyaman dan memiliki nilai estetika yang baik. Lalu, bagaimana Anda bisa menilai apakah cafe tersebut memiliki konsep industrial atau tidak? Sebaiknya simak informasi lengkapnya berikut ini untuk mengenal lebih jauh tentang cafe industrial. 

Memahami Apa itu Cafe Industrial

Cafe industrial merupakan sebuah konsep desain interior dan arsitektur yang terinspirasi dari bangunan pabrik atau gudang yang diubah menjadi ruang yang nyaman dan menarik untuk berinteraksi sambil ditemani dengan berbagai makanan dan minuman. 

Konsep ini menjadi desain yang cukup populer pada awal tahun 2000-an di Amerika Serikat dan Eropa. Kemudian, sejak saat itu industrial menjadi trend di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Cafe industrial ditandai dengan tampilan yang minimalis, menampakkan bahan bangunan tanpa proses finishing, dan perabotan khas. 

Sebagaimana cafe pada umumnya, cafe industrial biasanya menyediakan menu kopi yang dibuat langsung oleh barista terbaik dengan campuran biji kopi yang khas dan tersedia pula makanan ringan yang simpel tetapi lezat. Ruang yang dihasilkan dari konsep ini biasanya berkesan modern dan sederhana, namun tetap nyaman serta cocok untuk bersantai dan berkumpul bersama teman.

Karakteristik Cafe Industrial

Untuk mengenali sebuah tempat merupakan cafe industrial atau bukan, Anda dapat melihat dari beberapa karakteristiknya. Sedikitnya terdapat 6 karakteristik dari cafe industrial yang perlu Anda ketahui terutama jika berencana untuk membuat cafe industrial. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Konsep Unfinished

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu karakteristik cafe industrial adalah bentuk bangunan yang tampak belum selesai dibangun dan tidak melewati proses finishing seperti menggunakan cat tembok. 

Cafe industrial ini dibuat dengan menampakkan bahan bangunan seperti beton, kayu, atau bata. Bahan-bahan tersebut tidak disembunyikan atau dipakai sebagai lapisan dekoratif, melainkan dibiarkan terlihat dalam bentuk aslinya.

Dinding yang tidak dicat dan atap yang dibiarkan terlihat sebagai rangka baja pada cafe industrial ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pada pelanggan. Sebab, hal ini memberikan kesan ruang yang menciptakan keindahan dan estetika yang unik.

2. Perabotan Kasar

Cafe industrial menggunakan perabotan kasar dan sederhana yang umumnya terbuat dari kayu, besi, atau kain kasar. Banyak meja dan kursi dibuat dengan logam dengan berbagai pilihan warna unik seperti hitam, emas, atau bahkan warna asli logam itu sendiri agar memberikan kesan kasar dan tua. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk membuat perabotan tampak unik dan kuat serta memberikan kesan yang elegan.

3. Lampu Gantung

Lampu gantung menjadi salah satu elemen yang penting dalam desain cafe industrial. Lampu gantung tersebut biasanya terbuat dari logam atau baja yang memiliki desain sederhana namun elegan. Dalam banyak kasus, lampu gantung tersebut digantungkan dengan kabel yang terlihat jelas dan menggantung lebih rendah daripada yang biasanya ditemukan di dalam ruangan.

4. Kaca dan Besi

Kaca dan besi merupakan bahan penting dalam desain cafe industrial. Kaca digunakan untuk membuat dinding besar dan jendela besar, memberikan kesan terbuka dan alami. Besi sendiri digunakan untuk membuat meja, kursi, rak, dan dekorasi lainnya. Kombinasi dari kaca dan besi menciptakan tampilan industrial yang sangat khas dan modern.

Baca juga:  10 Rak TV dari Besi Hollow yang Estetik

5. Tekstur dan Pola

Tekstur dan pola juga menjadi bagian penting dalam desain cafe industrial kekinian. Banyak cafe industrial menggunakan tekstur kayu alami atau beton yang dicetak dengan pola yang unik. 

Pola ini dapat memberikan sentuhan kreatif dan menarik pada bahan bangunan yang sebelumnya kasar dan membosankan. Selain itu, cafe industrial kekinian juga menggunakan perabotan dengan pola dan tekstur yang menarik, seperti bantal dengan motif geometris atau karpet dengan pola warna-warni.

Desain Cafe Industrial Kekinian

Memikirkan konsep cafe industrial yang unik dan mampu menarik banyak calon pelanggan tentu tidak mudah. Anda perlu memastikan bahwa konsep yang dipilih dan dipadukan dengan gaya industrial cocok dan nyaman untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, atau hanya sekadar bersantai sekalipun. Berikut ini merupakan beberapa ide desain cafe industrial kekinian yang bisa Anda coba:

1. Cafe Industrial Minimalis

Cafe industrial minimalis adalah salah satu konsep desain interior cafe yang populer saat ini. Konsep ini mengusung gaya minimalis dengan sentuhan material bangunan seperti beton, kayu, dan logam. Cafe industrial minimalis menekankan pada kesederhanaan dan kepraktisan, sehingga menghasilkan tampilan yang bersih dan modern.

2. Cafe Industrial Scandinavian

Cafe industrial dengan konsep scandinavian memiliki sentuhan simpel dan warna yang cerah. Cafe dengan tema ini sering menggunakan warna putih, abu-abu, dan kayu alami untuk menciptakan suasana yang bersih dan hangat. Pada umumnya, konsep ini menggunakan furniture sederhana yang terbuat dari bahan kayu dengan sedikit aksen logam seperti lampu gantung atau kaki meja. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furniture Kayu dengan Mudah dan Efektif

3. Cafe Industrial Modern 

Cafe industrial modern menampilkan tampilan yang lebih futuristik dan teknologi canggih dengan penggunaan bahan-bahan modern dan inovatif serta sistem teknologi yang terintegrasi. Konsep ini sering menggunakan warna hitam dan putih untuk menciptakan tampilan yang bersih. Furniture dan aksesoris yang digunakan pun cenderung modern dan futuristik dengan bentuk-bentuk yang unik dan inovatif.

4. Cafe Industrial Nature 

Cafe industrial nature merupakan sebuah konsep desain interior dan arsitektur yang menggabungkan unsur industri dengan unsur alam. Konsep ini biasanya diterapkan pada cafe atau restoran yang memiliki suasana unik dan berbeda dari cafe pada umumnya.

Tampilan dari cafe industrial nature juga biasanya dihiasi dengan tanaman hijau dan ornamen-ornamen alam lainnya seperti batu, bunga artificial dan bambu. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan alami dan memberikan keseimbangan dengan unsur industri yang lebih menonjol.

5. Cafe Industrial Loft

Cafe industrial loft mengambil inspirasi dari gaya arsitektur loft New York dengan menggabungkan material bangunan seperti kayu, besi, dan beton yang dibiarkan terbuka. Ruangan yang tinggi dan jendela besar memberikan kesan yang luas dan terang.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Kursi Besi Hollow Minimalis yang Cantik

6. Cafe Industrial Vintage

Konsep industrial vintage mengambil inspirasi dari gaya vintage dan retro dengan penggunaan ornamen-ornamen seperti lampu gantung klasik, kursi retro, dan foto-foto hitam putih di dinding. Penggunaan kayu dan besi memberikan kesan yang klasik namun tetap modern.

7. Cafe Industrial Rustic

Desain ini menampilkan penggunaan material alami seperti kayu dan batu yang dibiarkan terbuka dan kasar. Selain itu, terdapat ornamen-ornamen seperti tanaman hijau dan dekorasi alam untuk memberikan kesan yang segar dan alami.

8. Cafe Industrial Eclectic

Desain eclectic menggabungkan elemen-elemen dari berbagai gaya seperti industrial, vintage, dan modern. Anda mungkin mengira bahwa desain ini akan tampak aneh dan kurang menarik, tetapi pada kenyataannya, hasil perpaduan 3 gaya tersebut justru menciptakan ruangan yang unik dan berbeda.

9. Cafe Industrial Sustainable 

Desain sustainable menekankan pada penggunaan bahan-bahan daur ulang dan dekorasi alam untuk menciptakan suasana yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Biasanya cafe ini diciptakan dengan material interior berupa kayu. 

10. Cafe Industrial Gaya Asia

Desain cafe industrial gaya asia menggabungkan elemen industrial dengan dekorasi dan furniture bergaya Asia seperti perabotan kayu yang bercorak Asia. meski jarang ditemukan, cafe industrial gaya Asia ini juga memiliki nilai estetika yang unik dan cantik. 

11. Cafe Industrial Bohemian

Cafe industrial bohemian memadukan elemen industrial dengan gaya bohemian yang terkenal dengan penggunaan warna-warna terang dan ornamen etnik. Nantinya, ruangan cafe Anda akan tampak  cerah, kreatif, dan menyenangkan.

Baca juga: Catat! Kode Warna Cat yang Akan Populer pada Tahun 2023

12. Cafe Industrial Shabby Chic

Industrial shabby chic memadukan konsep industrial dengan gaya Shabby Chic yang dikenal dengan penggunaan warna-warna lembut dan ornamen yang feminin seperti bunga, pita, dan dekorasi lain yang berwarna soft. Penggunaan bahan-bahan kasar seperti kayu dan besi memberikan kontras yang menarik.

13. Cafe Industrial Art Deco

Desain cafe industrial art deco memadukan elemen industrial dengan gaya art deco yang terkenal dengan penggunaan bahan-bahan seperti marmer dan kaca serta ornamen geometris. Penggunaan lampu-lampu gantung yang terbuat dari kaca memberikan kesan yang mewah.

14. Cafe Industrial Urban

Desain urban memadukan elemen industrial dengan gaya urban yang terkenal dengan penggunaan bahan-bahan seperti beton dan logam serta ornamen yang terlihat modern seperti graffiti. Penggunaan perabotan minimalis memberikan kesan yang elegan dan modern.

15. Cafe Industrial Negative Space

Dalam desain industrial negative space, penggunaan material seperti beton dan logam seringkali dilakukan untuk memberikan kesan yang tidak rapi. Material yang digunakan pada desain ini biasanya terletak pada dinding, lantai, dan plafon ruang. 

Baca juga: 4 Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu Parket

Namun, ruang kosong yang dibiarkan dalam desain ruangan menjadi fokus utama dalam desain negative space. Ruang kosong ini dapat ditempatkan pada dinding, plafon, atau bahkan lantai, tergantung pada preferensi desainer.

Cafe industrial merupakan sebuah inovasi dalam dunia kuliner yang menawarkan suasana yang unik bagi para pengunjung. Konsep desain interior yang terlihat belum sempurna pada konstruksinya namun menawan, serta sentuhan alam yang menyegarkan pada bagian outdoor membuat cafe industrial semakin diminati oleh masyarakat.

Jadi, cafe industrial dapat menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin mencari suasana baru dalam menikmati kopi atau makanan di tempat nyaman dan unik bersama teman-teman, keluarga, atau bahkan sendiri.

Jika Anda tertarik untuk membuat cafe industrial, pastikan untuk menggunakan bahan dan material yang berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, material bangunan yang berkualitas biasanya juga memiliki tampilan yang unik dan menarik. Tak perlu bingung mencari yang tepat, Anda bisa langsung saja mengunjungi Klopmart.

Sebagai platform belanja kebutuhan bahan bangunan yang lengkap dan tepercaya, Klopmart jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai yang tentunya dengan kualitas unggulan dan harga yang terjangkau. Segera kunjungi Klopmart dan bangun cafe industrial impian Anda dengan material dan dekorasi yang unik, awet, dan menarik sekarang juga! 

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb