Ketahui Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12

Biaya untuk membangun pondasi rumah adalah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Dari sini mungkin Anda akan bisa membuat penyesuaian yang akan bisa mengurangi biaya total dalam proses pembangunan. Biaya pondasi rumah ukuran 6x12 tentu akan berbeda dengan rumah ukuran lainnya. Selain luas, kebutuhan bahan dan tenaga untuk membuatnya juga akan berbeda. Hal ini bisa langsung memengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Nah, buat kamu yang mungkin punya rencana membangun rumah dengan ukuran 6x12, maka pahami berapa biaya yang dibutuhkan dalam membuat pondasinya.

Biaya Pondasi Rumah Ukuran 6x12

Rumah akan terdiri dari beberapa bagian dan tentu saja semuanya sangat penting. Mulai dari bagian paling bawah hingga paling atas. Untuk memulai konstruksi sebuah rumah ataupun bangunan, pondasi menjadi titik permulaan. Bagian ini yang bisa memberikan rumah sebuah “pijakan” agar berdiri dengan sempurna. Waktu dan upaya yang diberikan untuk memastikan sebuah pondasi bisa berdiri sempurna akan sepadan.

Baca Juga: Podasi Rumah Yang Kuat dan Murah

1. Keuntungan dari Pondasi

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memberikan perhatian lebih ke pondasi Anda dan memastikannya bisa berdiri dengan sempurna.

  • Menyokong Rumah Anda

Pondasi akan terkubur di bawah rumah Anda. Tujuan utamanya adalah untuk menopang rumah agar tidak tenggelam ke tanah secara tidak merata. Jika hal ini terjadi maka akan muncul retakan dan kerusakan pada rumah Anda. Pondasi yang dibangun dengan benar akan menjaga rumah tetap rata dan berdiri dengan benar, bahkan saat banjir atau gempa bumi.

Baca Juga: Bangunan Tahan Gempa, Mungkinkah?

  • Menolak Gerakan 

Tingkat kelembapan tanah sering berubah, fluktuasi suhu memengaruhi kondisi tanah, lempeng tektonik bergerak ke bawah, dan banyak hal lainnya yang akan bisa mengganggu rumah. Jika tidak menggunakan pondasi, akan muncul berbagai macam masalah. Pondasi yang kokoh dapat menahan setiap gerakan musiman yang terjadi di bawah dan di sekitar rumah Anda. Pondasi akan mentransfer beban struktur ke tanah atau batuan di bawahnya, untuk mencegah penurunan atau pergerakan yang berlebihan.

  • Menjaga Kelembaban

Pondasi yang kokoh dan drainase yang baik akan menjaga air keluar dari ruang bawah tanah Anda, menjaga rumah tetap kering dalam kondisi cuaca apa pun. Lapisan anti lembab pada dinding pondasi juga dapat mencegah kelembaban melewati dinding beton, membuat rumah Anda bebas dari jamur dan kerusakan struktural.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Tembok Yang Lembab dan Berjamur

2. Perkiraan Biaya

Rumah dengan ukuran 6x12 adalah hunian yang cukup luas dan cocok digunakan satu keluarga. Opsi yang paling populer adalah rumah dengan 3 kamar tidur. Untuk membangun pondasi rumah ini, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Pertama adalah jenis pondasi yang digunakan. Tiap jenis tentu akan memiliki keunggulan, sesuaikan dengan kondisi tanah Anda.

Selanjutnya biaya bahan. Perkiraan biaya bahan yang Anda butuhkan adalah:

Material

Ukuran

Harga

Pasir Urug

m3

Rp180.000

Batu Belah

m3

Rp800.000

Semen

Sak

Rp58.000

Pasir pasang

m3

Rp242.000

 

Harga di atas merupakan harga pasaran untuk tiap bahan. Selanjutnya adalah biaya pekerja. Umumnya Anda akan membutuhkan 4 orang tukang atau kuli. Perkiraan untuk tiap tukang adalah 80 hingga 100 ribu per hari.

Anggap Anda membutuhkan galian sedalam 0.9 meter dan lebar 1 meter, sedangkan ukuran pondasi untuk lebar bawah 0.7 meter dan lebar bagian atas 0.3 meter. Maka:

Luas Pondasi = ½ x (0.7 + 0.3) x 0.7

Luas Pondasi = 0.35 m2

Untuk rumah 6x12, panjang dari pondasi yang dibutuhkan kurang lebih 67 meter, maka volume pondasi adalah:

Volume Pondasi = 0,35 x 67

Volume Pondasi =  23.45 m3

Maka jika kita kalikan volume ini dengan berbagai harga pasaran di atas, biaya yang akan dibutuhkan kurang lebih ada di kisaran 18-20 juta Rupiah.

Itulah dia biaya pondasi rumah ukuran 6x12. Jika Anda membutuhkan bahan bangunan lainnya seperti terpal plastik, maka segera cek di Klopmart. Tunggu apalagi yuk kunjungi website kami.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya