Besi Siku Galvanis untuk Konstruksi Bangunan

Besi siku galvanis telah lama menjadi salah satu material penting dalam konstruksi bangunan. Bentuknya yang sudah didesain sedemikian rupa menjadikannya penopang yang kokoh dan dapat diandalkan sebagai material konstruksi.

Besi siku galvanis terbuat dari bahan baja siku yang sudah melalui proses galvanisasi. Proses tersebut berupa pemberian cairan pelapis yang terdiri dari cairan seng dan aluminium. Cairan ini memiliki sifat non korosi sekaligus mencegah besi berkarat dengan cepat.

 

Jenis-Jenis Besi Siku Galvanis

Ada beberapa jenis besi siku yang dijual di pasaran, beberapa di antaranya adalah:

 

Besi Siku Sama Sisi

Jenis ini merupakan besi siku polos dengan ukuran sudut 90 derajat dan memiliki panjang sisi yang sama.

 

Besi Siku Tidak Sama Sisi

Jenis besi ini memiliki sudut 45 derajat. Ini yang membuat satu sisinya lebih panjang dibandingkan sisi lainnya. Sisi yang lainnya biasa disebut dengan L-bracket.

 

Besi Siku Lubang

Sesuai namanya, besi siku galvanis jenis ini memiliki lubang di salah satu sisi atau keduanya. Pemanfaatan besi siku lubang seringnya untuk rak portable yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

 

Fungsi Besi Siku Galvanis

Besi siku memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah untuk pembuatan rak besi, rangka tangga, rangka pintu, hingga tower. Siku-siku galvanis ini dipilih karena bahannya yang kuat, kokoh, dan tahan lama. Selain itu, besi galvanis juga dikenal karena tidak mudah berkarat atau keropos juga tahan terhadap api dan rayap.

Ukuran siku 90 derajat memang sudah teruji secara ilmiah memiliki konstruksi yang kuat. Tidak perlu lagi merasa khawatir dengan kualitas dari besi siku galvanis karena telah terbukti memiliki material konstruksi yang kuat.

 

Beberapa fungsi lain dari besi siku adalah:

 

Pembuatan Rak Besi

Besi siku sudah jamak dipakai sebagai bahan pembuatan rak besi atau sejenisnya yang memerlukan struktur material yang cukup kuat. Dalam pembuatan rak besi, besi siku yang digunakan biasanya adalah besi siku lubang yang memiliki lapisan galvanis untuk daya tahan yang kuat. Kekuatan struktur besi siku bergalvanis ini sudah teruji, kekuatannya dapat menopang beban sampai kurang lebih 250 kg.

 

Pembuatan Rangka Pintu

Bahan pembuat rangka pintu juga seringnya menggunakan besi siku galvanis. Mempertimbankan struktur materialnya yang kokoh, pintu-pintu jenis tertentu memang sudah menggunakan material besi siku. Selain untuk memperkuat, pintu juga akan terlihat lebih estetik dan pastinya memberikan tambahan pengamanan lebih pada rumah.

 

Pembuatan Rangka Jendela

Selain sebagai rangka dan pengaman pintu, besi siku juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat rangka jendela. Penggunaan besi siku juga sekaligus sebagai pengaman pada jendela. Besi yang digunakan sebagai rangka atau teralis dipasang pada sisi-sisi jendela.

 

Pembuatan Pagar Rumah

Besi siku juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan pagar rumah. Pertimbangannya, tentu saja karena materialnya yang kokoh dan tahan lama. Besi siku galvanis dipilih karena usia penggunaannya tergolong lama. Ini karena anti karat dan mampu menghalau korosi.

 

Membutuhkan besi siku galvanis yang sesuai dengan kebutuhan harga terjangkau? Segera kunjungi Klopmart untuk solusi material dan bahan bangunan terbaik.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya