Konstruksi

BERSIAP HADAPI LISTRIK PADAM!

Media
20 Nov 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Setiap kita pasti pernah mengalami situasi padamnya aliran listrik, baik di rumah, di kantor, atau bahkan di pusat perbelanjaan. Listrik padam atau mati lampu terutama yang berkepanjangan, dapat dikategorikan sebagai keadaan daruart, yaitu sebuah keadaan, situasi, atau kondisi yang tidak normal, yang terjadi tiba-tiba, mengganggu kegiatan masyarakat, dan perlu segera ditanggulangi. Bila tidak ditanggulangi secara cepat, maka keadaan darurat ini dapat berubah menjadi bencana yang dapat mengakibatkan banyak korban atau kerusakan. Tidak semua pemadaman listrik terjadi secara tiba-tiba, karena ada juga pemadaman listrik yang direncanakan dengan pemberitahuan, biasanya untuk maintenance atau tindakan pemeliharaan.
     
    Apapun penyebab padamnya listrik, baik yang terjadi karena bencana alam, kegagalan teknis maupun karena tindakan pemeliharaan, pemadaman listrik tersebut pasti akan mengurangi dan membatasi kegiatan kita. Terutama jika padamnya listrik terjadi di malam hari, akan sangat mengganggu kegiatan kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perlengkapan dan peralatan yang kita gunakan saat ini, hampir semuanya memerlukan aliran listrik untuk mengoperasikannya. Walapun perangkat tersebut memiliki daya tersendiri, tetapi pada akhirnya memerlukan aliran listrik untuk mengisi daya tersebut.
     
    LISTRIK PADAM? MILIKILAH BARANG-BARANG INI DI RUMAH!
     
    Saat keadaan darurat seperti listrik padam atau mati lampu terutama yang berkepanjangan, kita harus menggunakan barang-barang yang tidak memerlukan aliran listrik, walapun sederhana tetapi sangat menolong terutama saat kegelapan malam mulai meliputi kita. Barang-barang ini harus senantiasa ada khususnya di rumah kita. Apa saja barang-barang yang diperlukan dikala aliran listrik padam:
    • Senter, selalu siapkan senter dan simpanlah ditempat yang mudah dijangkau oleh semua orang di rumah. Pastikan senter terisi dengan baterai.
    • Baterai, selalu siapkan baterai cadangan ditempat yang mudah dijangkau juga. Usahakan untuk selalu menyimpan baterai cadangan yang cocok digunakan dengan senter yang ada di rumah.
    • Korek api / korek gas, jangan kira hanya untuk kebutuhan para perokok saja karena korek ini cukup praktis digunakan sebagai darurat cahaya dan untuk menyalakan lilin saat listrik padam. 
    • Lilin, sumber cahaya sederhana yang dapat menolong mengurangi pekatnya gelap. Selalu simpan lilin beserta korek ditempat yang aman tetapi mudah dijangkau. Waspadai penggunaan lilin, karena jika kita lalai bisa menimbulkan bencana kebakaran. Baca juga Manakala Lilin Penyebab Kebakaran.
    • Lampu darurat, selain senter, siapkan juga lampu darurat di rumah. Di jaman modern ini, lampu darurat tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.
    • Pengisi daya atau powerbank, salah satu benda yang cukup penting untuk kita miliki, bukan hanya untuk mengisi daya ponsel kita tetapi dapat juga digunakan untuk menghidupkan kipas portabel yang kita miliki. Jika memungkinkan, miliki powerbank yang memiliki lampu yang dapat digunakan juga sebagai senter.
    • Kipas portable, sangat berguna khususnya bagi kita yang sehari-hari harus menggunakan dan mengandalkan AC atau kipas angin. Hanya dengan memasang kipas portable ini ke powerbank dan kipas dapat digunakan sesuai kebutuhan.
    • UPS, khususnya bagi kita yang memiliki perangkat komputer sebagai salah satu perangkat kerja agar komputer tidak cepat rusak. UPS atau Uniteruptible Power Supply untuk komputer berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama tidak berfungsi (terhenti atau padam). Saat listrik padam, kita masih memiliki kesempatan untuk menyimpan hasil pekerjaan kita dan mematikan komputer sesuai prosedur.
    • Genset, tidak terbatas hanya untuk gedung atau fasilitas umum saja yang memerlukan genset. Di rumah pun kita bisa sedia genset untuk menyalakan beberapa peralatan penting yang memerlukan aliran listrik sebagai penunjang kebutuhan di rumah seperti menyalakan pompa air. Baca juga Tips Memilih Genset, untuk keperluan genset di rumah.
     
    Selain memiliki barang-barang tersebut diatas, ada beberapa hal juga yang perlu kita siapkan saat listrik padam, terutama jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, antara lain:
    • Uang tunai. Disaat semua serba cashless, kita tidak terbiasa lagi membawa uang tunai. Saat listrik padam, tidak adanya sinyal internet sehingga aplikasi digital tidak berfungsi, mesin EDC atau mesin ATM tidak berfungsi, maka uang tunai menjadi alat tukar yang penting. Pastikan kita memiliki cadangan uang tunai untuk keperluan mendesak.
    • Air bersih. Air merupakan kebutuhan yang diperlukan saat listrik padam karena tetap diperlukan untuk minum, mandi, toilet dan digunakan di dapur. Isilah air bak atau tampunglah air secukupnya agar kita senantiasa memiliki persediaan air di rumah.
    • Makanan kaleng dan makanan ringan. Sedia makanan kaleng dan makanan ringan yang cepat disajikan dan di konsumsi.
     
    Pastikan kita memiliki beberapa barang tersebut di rumah kita agar saat aliran listrik tiba-tiba padam, kita tidak panik menghadapi gelapnya rumah terutama di malam hari. Seperti pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan, sebaiknya kita dapat mengantisipasi sesesuatu sebelum segala sesuatu terjadi. Semoga bermanfaat!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya