Berapa Tahun Kekuatan Baja Ringan Sepanjang Pemakaian?

Informasi mengenai berapa tahun kekuatan baja ringan semakin sering dicari di internet. Sejalan dengan popularitas baja ringan untuk digunakan dalam konstruksi bangunan rumah. 

Baja ringan memang menawarkan kelebihan tersendiri jika Anda gunakan untuk membangun struktur atap rumah. Begitu juga keunggulan dari sisi kekuatan baja ringan ini. Ingin mengenal lebih dalam? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Ringan dan Mudah Dipasang

Keunggulan pertama dari baja ringan adalah ringan dan mudah dipasang. Rata-rata berat baja ringan hanya 9 kg per meter persegi. Sudah pasti jauh lebih ringan dibandingkan rangka lain yang biasa dipakai untuk atap, seperti kayu. 

Sesuai namanya, ukuran berat yang terhitung ringan juga membuat jenis baja ringan ini mudah untuk dipasang. Tukang bangunan yang memasang rangka atap rumah Anda tidak akan mengalami kesulitan dan menghemat waktu juga. 

Selain itu, baja ringan memiliki sistem sambungan yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan proses penggabungan seluruh rangka. Penggabungan semua rangka bisa memakai sekrup, baut besik, keling, hingga pengelasan. Jadi secara garis besar, kemudahan yang diberikan oleh baja ringan harus Anda manfaatkan ketika nanti ingin membantu atau merenovasi rumah.

Mudah Dibentuk dan Disambung

Kemajuan zaman membuat desain rumah juga berbeda-beda. Ada bentuk baru yang mungkin membuat Anda tertarik untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Termasuk bentuk dari atap rumah. Beruntung, baja ringan mudah untuk dibentuk dan disambung.

Cara pasang atap baja ringan dengan bentuk yang unik bisa lebih maksimal karena baja ringan dapat dipotong dan dibentuk dengan mudah. Jadi rangka atap yang Anda inginkan pasti bisa didapatkan. Selain itu setelah proses penyambungan baja ringan, tetap bisa digabungkan dengan macam macam atap lainnya. Anda pasti berhasil mendapatkan bentuk atap yang diinginkan bersama baja ringan.

Memiliki Tingkat Kelenturan Tinggi

Baja ringan juga memiliki tingkat kelenturan yang tinggi. Bahkan melebihi rangka atap lainnya. Kelenturan baja ringan memang menjadi keunggulan yang tidak bisa disamai oleh material atap lainnya karena membuatnya mampu menyerang energi lebih besar. Bahkan semakin besar tegangan tarik yang dirasakan, semakin banyak energi yang dapat diserap baja ringan.

Tegangan tarik dari baja ringan bisa mencapai angka 550 Mpa. Dengan begitu sudah terbukti lebih tinggi dari rangka atap lainnya yang hanya mampu memiliki tegangan tarik di angka 300 Mpa saja. 


Tahan Lama Sepanjang Pemakaian

Sekarang saatnya masuk ke pertanyaan yang telah diberikan sejak awal. Berapa tahun kekuatan baja ringan selama pemakaian? Walau ringan dan terlihat kurang kuat, sebenarnya rangka atap ini sangatlah kuat. Baja ringan diperkirakan bisa bertahan hingga 15 sampai 20 tahun. Bandingkan dengan rangka atap dari kayu yang hanya awet hingga 10 tahun saja.

Baja ringan semakin populer dalam pembangunan rumah karena beratnya yang ringan, mudah dipasang, dan memiliki tingkat kelenturan tinggi. Material ini dapat bertahan hingga 15-20 tahun, lebih lama daripada kayu. Selain itu, baja ringan juga anti karat dan mampu menahan cuaca ekstrem. Perlindungan rumah Anda pasti lebih maksimal dengan baja ringan. Tidak ada lagi masalah rangka atap yang keropos , berkarat, atau bahkan terdapat rayap. Dengan baja ringan, Anda tidak perlu khawatir mengenai kekuatannya.

Keunggulan baja ringan rasanya sayang untuk Anda lewatkan. Jika Anda membutuhkan baja ringan dengan berbagai ukuran dalam proses pembangunan dan renovasi rumah, Klopmart siap menyediakannya. Klopmart merupakan solusi penjualan alat konstruksi material bangunan dengan sistem online. Dengan informasi berapa tahun kekuatan baja ringan, kunjungi jual baja ringan dari Klopmart untuk mendapatkan kebutuhan Anda sekarang juga

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya