Saniter

BENDA-BENDA INI SEBAIKNYA TIDAK DISIMPAN DI KAMAR MANDI!

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Kadang kita lihat di film-film dan di buku-buku desain kamar mandi ada benda-benda yang ada dan sengaja disimpan di kamar mandi. Tampaknya cantik dan fungsional, tetapi pada kenyataannya justru sebaliknya…

    Kamar mandi orang Indonesia itu cenderung lebih lembab dan basah dibandingkan kamar mandi orang-orang yang tinggal di Dunia Barat. Hal ini karena budaya mandinya yang berbeda dengan kita. Kita cenderung menggunakan air lebih banyak dan mandi dua kali sehari. Tentu saja budaya mandi ini berkaitan dengan iklimnya. Iklim tropis dengan temperature dan kelembaban tinggi membuat kita lebih senang mandi dua kali sehari karena kita berkeringat lebih banyak dibandingkan orang-orang yang berada di area beriklim sub-tropis dan non-tropis.

    Hal ini akan membuat kondisi kamar mandi kita cenderung lebih basah dan lebih lembab. Belum lagi faktor kurang adanya ventilasi yang baik, yang akan menambah kelembaban pada kamar mandi.

    Berkenaan dengan itu, benda-benda di bawah ini sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi:

     

    1. Obat-obatan

    Sebaiknya lemari obat-obatan diletakkan di area yang kering, tidak lembab dan sejuk, terhindar dari sinar matahari. Jika diletakkan di kamar mandi, kelembaban akan membuat obat-obatan lebih cepat rusak sebelum masa kadaluwarsanya.

     

    1. Handuk

    Handuk bersih sebaiknya disimpan dalam lemari di luar area kamar mandi. Kamar mandi yang lembab membuat handuk mudah dihinggapi jamur. Handuk yang sedang digunakan dalam kamar mandi sebaiknya diganti sekali seminggu.

     

    1. Pakaian

    Kadang kita menggantung pakaian untuk dipakai ulang di kamar mandi. Lebih baik gantungkan di luar area kamar mandi. Seperti handuk di atas, pakaian juga akan mudah dihinggapi jamur. Apalagi jika pakaian telah dipakai, bakteri akan tumbuh subur di tempat yang lembab.

     

    1. Buku

    Bagi Anda yang gemar membaca sambil nongkrong di WC, buku-buku jangan dibiarkan diletakkan dalam kamar mandi! Kelembaban akan merusak kertas dan jamur akan tumbuh subur di situ. Hal ini akan membuat udara di kamar mandi menjadi tidak sehat. Selain itu koleksi buku Anda akan rusak karenanya. Sayang, bukan? Buku sekarang harganya tidak murah lhooo…

     

    1. Perhiasan

    Jangan meniggalkan perhiasan di kamar mandi, karena kelembaban akan membuat noda pada permukaan logam perhiasan Anda. Perhiasan sebaiknya selalu disimpan di tempat yang kering dan aman dari tangan jahil.

     

    1. Perlengkapan Rias Wajah

    Perlengkapan rias wajah atau make-up akan lebih cepat rusak jika disimpan di kamar mandi. Kelembaban akan merusakkannya. Belum lagi jika dekat dengan toilet, bakteri akan hinggap dan tumbuh subur pada peralatan rias tersebut.

     

    1. Sikat Gigi

    Sikat gigi akan dihinggapi bakteri dan jamur apalagi jika berdekatan dengan kloset. Lakukan kebiasaan menutup kloset saat diguyur. Jika mengguyur kloset yang terbuka, terjadi cipratan butiran air yang halus. Butiran halus ini akan menyebar keluar dan mengkontaminasi area di sekitarnya dengan bakteri dari kotoran kita. Baca selengkapnya:

     

    1. Silet Cukur

    Selain silet cukur yang sedang dipergunakan, sebaiknya silet cukur cadangan disimpan di tempat yang kering di luar kamar mandi. Kelembaban akan membuat silet cadangan cepat menjadi berkurang ketajamannya. Untuk silet cukur yang sedang dipergunakan, selalu bersihkan dengan kucuran air dan keringkan sesudah selesai digunakan.

     

    1. Handphone

    Selain jika handphone Anda memang waterproof, sebaiknya handphone ditinggal di luar area kamar mandi. Sekali lagi, kelembaban dapat merusakkan komponen-komponen elektronik di dalamnya. Jika perlu musik untuk mengiringi aktivitas menyanyi di kamar mandi, gunakan perangkat pemutar lagu yang memang waterproof.

     

     

    Untuk mengurangi kelembaban di kamar mandi, usahakan menambah saluran ventilasi udara. Jika tidak memungkinkan, investasikan penggunaan sebuah exhaust fan.

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya