10 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Benar

Beberapa ruangan memiliki fungsi khusus yang mengharuskan ruangan tersebut untuk dibuat dengan desain kedap suara, termasuk ruang musik dan studio rekaman. Terdapat beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang dapat Anda coba terapkan untuk kepentingan pribadi di rumah, kantor, atau studio Anda sendiri agar tidak menganggu tetangga.

promosi klopmart

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Cara-cara ini menggunakan peredam suara ruangan dengan bahan sederhana yang mudah didapat di mana saja, sekaligus dapat disesuaikan dengan fungsi serta kebutuhan ruangan kedap suara seperti apa yang Anda inginkan.

1. Pasang Karpet Tebal atau Pelapis Karet di Dinding

Cara membuat ruangan kedap suara yang paling sering diterapkan yakni dengan memanfaatkan karpet atau pelapis karet. Pastikan karpet atau pelapis yang digunakan ini memiliki karet atau sejenis rubber mat. Bahan pelapis dari karet inilah yang nanti Anda tempelkan ke permukaan dinding ruangan.

Fungsi dari karpet dan lapisan karet tersebut adalah untuk meredam suara dan memperkecil jangkauan pantul dari suara yang dikeluarkan di dalam ruangan tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mempertimbangkan untuk melapisi seluruh bagian dinding, menutup celah, bahkan hingga langit-langit ruangan dengan pelapis karet ini. Jadi, benar-benar tidak ada suara yang keluar dapat keluar dari ruangan tersebut.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Karpet Dengan Efektif

2. Gunakan Rug Pad pada Lantai Ruangan

Selain karpet atau pelapis karet tadi, menggunakan rug pad juga bisa jadi cara yang ampuh untuk membuat ruangan menjadi kedap suara. Apalagi jika Anda tidak berniat untuk melapisi seluruh bagian dalam ruangan seperti cara pertama tadi. Dengan menggunakan rug pad, Anda cukup menempatkannya pada lantai ruangan.

Dikarenakan struktur rug pad yang tebal, suara akan diserap dengan lebih baik. Rata-rata ketebalan rug pad sekitar satu hingga dua sentimeter. Tidak heran jika kemampuan menyerap suaranya juga bagus. Saat meletakkan rug pad ini di lantai ruangan, sebaiknya Anda melapisinya dengan karpet lantai juga untuk tetap menjaga keindahan ruangan dan memungkinkan fungsi serap suaranya bekerja lebih baik.

3. Manfaatkan Panel Akustik Sebagai Peredam Suara

Beberapa dari Anda yang pernah mengunjungi studio musik pasti pernah melihat panel akustik yang terpasang di sana. Panel akustik sendiri memiliki banyak jenis dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah panel akustik serap untuk mengendalikan pantulan suara yang berlebihan di dalam ruangan tersebut.

Benda yang satu ini tidak melulu dipakai untuk kepentingan studio musik. Beberapa ruangan yang dipakai untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan suara bising juga sering terlihat menggunakan panel akustik serap untuk meredam suara bising yang dihasilkan.

Fungsi panel akustik adalah membuat ruangan kedap suara, sehingga tidak mengganggu. Apalagi jika ruangan ini berada di rumah atau bersisian dengan ruangan umum yang dipakai oleh orang lain.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek

4. Pasang Tirai Tebal

Tirai tebal dapat membantu membuat ruangan kedap suara dengan beberapa cara. Pertama, material tebal dan padat pada tirai dapat menyerap gelombang suara, mengurangi pantulan suara di dalam ruangan. Kedua, tirai tebal biasanya terbuat dari bahan yang memiliki sifat isolasi akustik tinggi, seperti beludru atau bahan berat lainnya, yang efektif dalam meredam suara dari luar ruangan.

Selain itu, lipatan-lipatan pada tirai dapat menambah lapisan tambahan yang menghambat jalannya suara. Dengan menutupi jendela dan dinding dengan tirai tebal, celah-celah yang mungkin menjadi jalur bagi suara untuk masuk atau keluar dapat tertutup, sehingga membantu menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan kedap suara.

5. Menggunakan Rak Buku

Jika dinding ruangan belum bisa meredam suara dengan baik, Anda bisa menggunakan rak buku lho. Iya, rak buku dapat Anda gunakan untuk menahan gelombang suara yang datang dari dalam maupun luar ruangan.

Cara meredam suara ini cukup unik dan pasti akan sangat sesuai bagi Anda yang hobi baca. Saat membaca buku di kamar, Anda bisa lebih fokus karena gangguan suara dari luar telah diredam oleh rak buku tersebut.

6. Menggunakan Soundproof

Soundproofing foam atau busa peredam suara bekerja dengan menyerap gelombang suara yang mengenai permukaannya. Busa ini biasanya memiliki struktur sel terbuka yang memungkinkan gelombang suara masuk ke dalamnya dan menyebar ke seluruh material, sehingga energi suara tersebut berubah menjadi energi panas yang sangat kecil dan tidak terdengar lagi.

Selain itu, busa peredam suara memiliki permukaan yang tidak rata atau berbentuk piramida dan wedges, yang membantu memecah gelombang suara dan mengurangi pantulan serta gema di dalam ruangan.

Dengan demikian, dengan melapisi dinding dengan busa peredam suara efektif dalam mengurangi kebisingan dan menciptakan lingkungan yang lebih tenang, terutama di ruang-ruang seperti studio rekaman, teater rumah, dan ruang kerja.

7. Menggunakan Cat Peredam Suara

Ya, cat jenis ini berbeda dengan jenis cat dinding pada umumnya yang beredar di pasaran. Cat peredam suara merupakan salah satu solusi yang dapat Anda aplikasikan untuk meminimalisir suara dari luar ruangan.

Adapun cara kerjanya yaitu memantulkan suara yang terserap di dinding. Jadi, suara dari luar diserap terlebih dulu, selanjutnya dipantulkan supaya tidak menembus dinding dan masuk ke dalam ruangan.

8. Melapisi Plafon dengan Gypsum

Cara berikutnya untuk menghalangi gelombang suara adalah dengan menggunakan gypsum. Adapun penerapannya yaitu melapisi plafon atau langit-langit ruangan Anda dengan gypsum.

Agar hasilnya maksimal, kombinasikan gypsum dengan material peredam suara lainnya seperti rackwool dan glasswool.

Baca juga: Ukuran Plafon Gypsum Per Lembar yang Harus Anda Ketahui

9. Menggunakan Insulasi Pemblokir Suara 

Berikutnya adalah memasang insulasi pemblokir suara di seluruh permukaan kamar, hal ini menjadi solusi yang tepat dalam mencegah kebisingan dari luar.

Umumnya, insulasi ini terbuat dari gabungan material absorber yang ringan, lunak, dan berpori. Oleh karena itu, insulasi bisa menyerap suara serta memblokirnya.

Untuk memasang insulasinya, Anda dapat meminta bantuan dari ahli karena material ini tidak dapat dipasang sembarangan. 

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

10. Menggunakan Rak Telur

Yang terakhir cara efektif untuk meredam suara adalah dengan memanfaatkan rak telur. Cara ini tergolong cara yang paling murah, tetapi Anda juga perlu menyiapkan pilox sebagai pelengkapnya supaya rak telur terlihat estetis.

Caranya pun simpel, warnai rak telur dengan pilox yang telah Anda siapkan sebelumnya. Setelah cat mengering, Anda bisa langsung menempelkan rak telur di dinding atau langit-langit. Anda bisa menggunakan lem aibon untuk merekatkannya dengan sempurna.

bahan material bangunan

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat ruang kedap suara dengan mudah. Apabila Anda mempertimbangkan menggunakan rak telur, maka lem Aibon harus Anda siapkan.

Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mencarinya. Klopmart siap memberikan Anda produk dan harga lem aica aibon sesuai kebutuhan. Beli melalui Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya