Begini Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Benar

Beberapa ruangan memiliki fungsi khusus yang mengharuskan ruangan tersebut untuk dibuat dengan desain kedap suara. Ruangan seperti ini termasuk ruang musik dan studio rekaman, baik rekaman suara atau video. Namun, tidak jarang juga fungsi desain ruangan yang kedap suara ini diterapkan untuk ruangan personal, seperti ruang kerja dan kamar pribadi. Ternyata untuk membuat ruangan kedap suara tidak begitu sulit.

Terdapat beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang dapat Anda coba terapkan untuk kepentingan pribadi di rumah, kantor, atau barangkali studio Anda sendiri. Cara-cara ini menggunakan bahan yang mudah didapat di mana saja, sekaligus dapat disesuaikan dengan fungsi serta kebutuhan ruangan kedap suara seperti apa yang Anda inginkan.

Gunakan karpet atau pelapis karet di dinding

Cara membuat ruangan kedap suara yang paling sering diterapkan barangkali cara yang pertama ini, yakni dengan memanfaatkan karpet atau pelapis karet. Karpetnya pun bukan jenis karpet sembarangan. Pastikan karpet atau pelapis yang digunakan ini memiliki karet atau sejenis rubber mat. Bahan pelapis dari karet inilah yang nanti Anda tempelkan ke permukaan dinding ruangan.

Fungsi dari karpet atau pelapis karet adalah untuk meredam suara dan memperkecil jangkauan pantul dari suara yang dikeluarkan di dalam ruangan tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mempertimbangkan untuk melapisi seluruh bagian dinding bahkan hingga langit-langit ruangan dengan pelapis karet ini. Jadi, benar-benar tidak ada suara yang keluar dapat keluar dari ruangan tersebut.

Gunakan rug pad pada lantai ruangan

Selain karpet atau pelapis karet tadi, menggunakan rug pad juga bisa jadi cara yang ampuh untuk membuat ruangan menjadi kedap suara. Apalagi jika Anda tidak berniat untuk melapisi seluruh bagian dalam ruangan seperti cara pertama tadi. Dengan menggunakan rug pad, Anda cukup menempatkan nya pada lantai ruangan.

Dikarenakan struktur rug pad yang tebal, suara akan diserap dengan lebih baik. Rata-rata ketebalan rug pad sekitar satu hingga dua sentimeter. Tidak heran jika kemampuan menyerap suaranya juga bagus. Saat meletakkan rug pad ini di lantai ruangan, sebaiknya Anda melapisinya dengan karpet lantai juga untuk tetap menjaga keindahan ruangan dan memungkinkan fungsi serap suaranya bekerja lebih baik.

Manfaatkan panel akustik

Beberapa dari Anda yang pernah mengunjungi studio musik pasti pernah melihat panel akustik yang terpasang di sana. Panel akustik sendiri memiliki banyak jenis dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah panel akustik serap untuk mengendalikan pantulan suara yang berlebihan di dalam ruangan tersebut.

Panel akustik ini tidak melulu dipakai untuk kepentingan studio musik. Beberapa ruangan yang dipakai untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan suara bising juga sering terlihat menggunakan panel akustik serap untuk meredam suara bising yang dihasilkan. Fungsi panel akustik ini membuat ruangan kedap suara, sehingga tidak mengganggu. Apalagi jika ruangan ini berada di rumah atau bersisian dengan ruangan umum yang dipakai oleh orang lain.

Pasang gorden kedap suara

Cara membuat ruangan kedap suara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan inovasi yang satu ini, yakni gorden kedap suara. Tidak hanya memiliki fungsi untuk memperindah interior ruangan dengan gaya minimalis dan memberi kesan estetika tersendiri, gorden ini juga bisa menekan suara bising. Ini bisa jadi pilihan yang masuk akal bagi Anda yang hendak membuat ruangan berjendela menjadi ruangan kedap suara.

Gorden kedap suara ini tidak hanya meredam suara dari dalam ruangan untuk tidak keluar dari ruangan. Tetapi, di saat yang bersamaan, juga mencegah suara bising dari luar ruangan masuk.

Itu sebabnya banyak dari orang yang memiliki tempat tinggal atau kamar di area yang dekat dengan jalan raya memilih untuk menggunakan gorden ini untuk memastikan ruangannya lebih kondusif untuk ditinggali. Dengan bahan yang begitu tebal, tidak heran kalau gorden ini mampu menghalang suara masuk dan keluar.

Keempat cara membuat ruangan kedap suara ini bisa membantu Anda dengan efisien untuk melakukannya dengan benar dan memiliki hasil yang optimal pula. Selain menggunakan cara-cara yang telah dibahas di atas, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi ruangan yang akan dijadikan ruang kedap suara. Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dan tepat untuk diterapkan di ruangan tersebut.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
11 Mei 2020

Related Article