Atap & Lantai

12 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara yang Dapat Anda Tirukan

Media
28 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Beberapa ruangan memiliki fungsi khusus yang mengharuskan ruangan tersebut untuk dibuat dengan desain kedap suara. Ruangan seperti ini termasuk ruang musik dan studio rekaman, baik rekaman suara atau video. Namun, tidak jarang juga fungsi desain ruangan yang kedap suara ini diterapkan untuk ruangan personal, seperti ruang kerja dan kamar pribadi.

Ternyata untuk membuat ruangan kedap suara tidak begitu sulit. Terdapat beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang dapat Anda coba terapkan untuk kepentingan pribadi di rumah, kantor, atau studio Anda sendiri agar tidak menganggu tetangga. 

12 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Cara-cara ini menggunakan peredam suara ruangan dengan bahan sederhana yang mudah didapat di mana saja, sekaligus dapat disesuaikan dengan fungsi serta kebutuhan ruangan kedap suara seperti apa yang Anda inginkan.

1. Cek Pintu dan Jendela

Cara membuat ruangan kedap suara yang pertama adalah dengan mengetahui di mana sumber kebocoran terjadi. Jika Anda dapat mendengar orang di luar kamar dengan jelas, bisa jadi masih ada celah udara di pintu.

Untuk mengurangi kemungkinan orang lain di luar dapat mendengar suara dari kamar Anda dan sebaliknya, Anda dapat menutup celah tersebut salah satunya dengan memasang penutup celah pintu (door seal) yang terbuat dari karet.

Selanjutnya, periksa juga jendela. Anda harus menutup celah yang bisa Anda lihat. Semakin banyak celah yang Anda tutup, semakin terlindungi ruangan Anda dari suara apa pun yang mungkin masuk. Selain itu, menutup celah pintu dan jendela juga dapat mencegah masuknya debu dan serangga ke dalam ruangan Anda.


2. Gunakan Karpet atau Pelapis Karet di Dinding

Cara membuat ruangan kedap suara yang paling sering diterapkan barangkali cara yang kedua ini, yakni dengan memanfaatkan karpet atau pelapis karet. Karpetnya pun bukan jenis karpet sembarangan.

Pastikan karpet atau pelapis yang digunakan ini memiliki karet atau sejenis rubber mat. Bahan pelapis dari karet inilah yang nanti Anda tempelkan ke permukaan dinding ruangan.

Fungsi dari karpet dan lapisan karet tersebut adalah untuk meredam suara dan memperkecil jangkauan pantul dari suara yang dikeluarkan di dalam ruangan tersebut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mempertimbangkan untuk melapisi seluruh bagian dinding bahkan hingga langit-langit ruangan dengan pelapis karet ini. Jadi, benar-benar tidak ada suara yang keluar dapat keluar dari ruangan tersebut.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Karpet Dengan Efektif

3. Gunakan Rug Pad pada Lantai Ruangan

Selain karpet atau pelapis karet tadi, menggunakan rug pad juga bisa jadi cara yang ampuh untuk membuat ruangan menjadi kedap suara. Apalagi jika Anda tidak berniat untuk melapisi seluruh bagian dalam ruangan seperti cara pertama tadi. Dengan menggunakan rug pad, Anda cukup menempatkannya pada lantai ruangan.

Dikarenakan struktur rug pad yang tebal, suara akan diserap dengan lebih baik. Rata-rata ketebalan rug pad sekitar satu hingga dua sentimeter. Tidak heran jika kemampuan menyerap suaranya juga bagus. Saat meletakkan rug pad ini di lantai ruangan, sebaiknya Anda melapisinya dengan karpet lantai juga untuk tetap menjaga keindahan ruangan dan memungkinkan fungsi serap suaranya bekerja lebih baik.

4. Manfaatkan Panel Akustik Sebagai Peredam Suara

Beberapa dari Anda yang pernah mengunjungi studio musik pasti pernah melihat panel akustik yang terpasang di sana. Panel akustik sendiri memiliki banyak jenis dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah panel akustik serap untuk mengendalikan pantulan suara yang berlebihan di dalam ruangan tersebut.

Benda yang satu ini tidak melulu dipakai untuk kepentingan studio musik. Beberapa ruangan yang dipakai untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan suara bising juga sering terlihat menggunakan panel akustik serap untuk meredam suara bising yang dihasilkan.

Fungsi panel akustik adalah membuat ruangan kedap suara, sehingga tidak mengganggu. Apalagi jika ruangan ini berada di rumah atau bersisian dengan ruangan umum yang dipakai oleh orang lain.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sekat Ruangan dengan Triplek

5. Pasang Gorden Kedap Suara

Cara membuat ruangan kedap suara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan inovasi yang satu ini, yakni gorden kedap suara. Tidak hanya memiliki fungsi untuk memperindah interior ruangan dengan gaya minimalis dan memberi kesan estetika tersendiri, gorden ini juga bisa menekan suara bising. Ini bisa jadi pilihan yang masuk akal bagi Anda yang hendak membuat ruangan berjendela menjadi ruangan kedap suara.

Gorden kedap suara ini tidak hanya meredam suara dari dalam ruangan untuk tidak keluar dari ruangan. Tetapi, di saat yang bersamaan, juga mencegah suara bising dari luar ruangan masuk.

Itu sebabnya banyak dari orang yang memiliki tempat tinggal atau kamar di area yang dekat dengan jalan raya memilih untuk menggunakan gorden ini untuk memastikan ruangannya lebih kondusif untuk ditinggali. Dengan bahan yang begitu tebal, tidak heran kalau gorden ini mampu menghalang suara masuk dan keluar.

6. Menggunakan Rak Buku

Jika dinding ruangan belum bisa meredam suara dengan baik, Anda bisa menggunakan rak buku lho. Iya, rak buku dapat Anda gunakan untuk menahan gelombang suara yang datang dari dalam maupun luar ruangan.

Cara meredam suara ini cukup unik dan pasti akan sangat sesuai bagi Anda yang hobi baca. Saat membaca buku di kamar, Anda bisa lebih fokus karena gangguan suara dari luar telah diredam oleh rak buku tersebut.

7. Menggunakan Soundproof Wallpaper

Berbeda dengan poin nomor 2, cara menyerap suara suara selanjutnya adalah dengan memasang wallpaper di permukaan dinding.

Tidak hanya menyerap suara, menerapkan cara yang satu ini juga dapat mempercantik tampilan ruangan Anda karena wallpaper kedap suara ini memiliki beragam motif. Jadi, Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan tema ruangan yang Anda inginkan.

8. Menggunakan Cat Peradam Suara

Ya, cat jenis ini berbeda dengan jenis cat dinding pada umumnya yang beredar di pasaran. Cat peredam suara merupakan salah satu solusi yang dapat Anda aplikasikan untuk meminimalisir suara dari luar ruangan.

Adapun cara kerjanya yaitu memantulkan suara yang terserap di dinding. Jadi, suara dari luar diserap terlebih dulu, selanjutnya dipantulkan supaya tidak menembus dinding dan masuk ke dalam ruangan.

9. Melapisi Plafon dengan Gypsum

Cara berikutnya untuk menghalangi gelombang suara adalah dengan menggunakan gypsum. Adapun penerapannya yaitu melapisi plafon atau langit-langit ruangan Anda dengan gypsum.

Agar hasilnya maksimal, kombinasikan gypsum dengan material peredam suara lainnya seperti rackwool dan glasswool.

Baca juga: Ukuran Plafon Gypsum Per Lembar yang Harus Anda Ketahui

10. Menggunakan Rak Telur

Cara efektif untuk meredam suara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan rak telur. Cara ini tergolong cara yang paling murah, tetapi Anda juga perlu menyiapkan pilox sebagai pelengkapnya supaya rak telur terlihat estetis.

Caranya pun simpel, warnai rak telur dengan pilox yang telah Anda siapkan sebelumnya. Setelah cat mengering, Anda bisa langsung menempelkan rak telur di dinding atau langit-langit. Anda bisa menggunakan lem aibon untuk merekatkannya dengan sempurna.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

11. Gunakan Panel Akustik

Panel akustik merupakan material untuk meredamkan suara yang umumnya digunakan pada studio musik. Namun, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat kamar lebih kedap suara. 

Umumnya, panel akustik terdapat dalam bentuk papan atau kain dengan material inti yang padat dan dapat dipasang pada permukaan dinding.

Dengan menggunakan panel akustik, sebuah ruangan dapat mencegah suara memantul dari permukaan yang keras serta menghalangi gelombang suara masuk melalui pintu atau jendela.

12. Menggunakan Insulasi Pemblokir Suara 

Berikutnya adalah memasang insulasi pemblokir suara di seluruh permukaan kamar, hal ini menjadi solusi yang tepat dalam mencegah kebisingan dari luar.

Umumnya, insulasi ini terbuat dari gabungan material absorber yang ringan, lunak, dan berpori. Oleh karena itu, insulasi bisa menyerap suara serta memblokirnya.

Untuk memasang insulasinya, Anda dapat meminta bantuan dari ahli karena material ini tidak dapat dipasang sembarangan. 


Dapatkan Lem Aica Aibon dengan Mudah di Klopmart

Kesepuluh cara membuat ruangan kamar kedap suara ini bisa membantu Anda dengan efisien untuk melakukannya dengan benar dan memiliki hasil yang optimal pula. Selain menggunakan cara-cara yang telah dibahas di atas, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi ruangan yang akan dijadikan ruang kedap suara.

Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dan tepat untuk diterapkan di ruangan tersebut. Misalnya jika ingin menggunakan rak telur maka lem Aibon harus Anda siapkan.

Jadi, apakah Anda ingin membeli lem aibon? Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi mencarinya. Klopmart siap memberikan Anda produk dan harga lem aica aibon sesuai kebutuhan. Beli melalui Klopmart sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya