Bagaimana Perawatan Power Tools yang Baik dan Benar

Bagaimana perawatan power tools yang baik sering kali ditanyakan oleh kebanyakan orang. Hal ini karena power tools tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang berkecimpung pada dunia konstruksi atau kelistrikan saja. Nyatanya, meskipun banyak orang yang bisa menggunakan power tools, namun tidak sedikit yang kurang memahami langkah perawatan power tools yang baik.

Untuk mengetahui bagaimana perawatan power tools yang baik, Klopmart akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir agar tidak melewatkan cara yang akan kami bagikan!

Bagaimana Perawatan Power Tools yang Baik?

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan dalam merawat power tools. Berikut adalah 7 caranya.

1. Membersihkan Power Tools Setelah Digunakan

Cara pertama dan termudah yang bisa Anda lakukan adalah selalu membersihkan power tools setelah selesai digunakan. Hal ini dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran yang terakumulasi di bagian-bagian power tools, seperti pada ventilasi, roda gigi, dan lainnya. Debu dan kotoran dapat menyebabkan kerusakan pada power tools jika tidak dibersihkan dengan teratur.

Selain itu, cara ini dilakukan untuk menghindari jamur dan tumbuhan yang tumbuh di bagian-bagian power tools yang lembap. Power tools yang disimpan di tempat yang lembap dapat menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur dan tumbuhan sehingga dapat merusak power tools. Ditambah lagi, penggunaan power tools akan makin lebih nyaman jika Anda menggunakan power tools yang bersih.

Baca juga: Gerinda, power tool multifungsi

2. Menambahkan Pelumas pada Bagian yang Memerlukan

Cara selanjutnya adalah memberi pelumas untuk melapisi beberapa bagian tertentu pada power tools. Langkah ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada bagian power tools yang bergerak. Pelumas akan membantu mengurangi gesekan antara bagian-bagian yang bergerak, seperti roda gigi, dan mencegah terjadinya kerusakan akibat gesekan terlalu tinggi.

Selain itu, pemberian pelumas juga berfungsi untuk menjaga kelancaran operasi power tools, terutama pada power tools yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemberian pelumas juga memiliki andil dalam memperpanjang umur power tools.

3. Menyimpan Power Tools Di Tempat yang Kering 

Pastikan untuk menyimpan power tools Anda di tempat yang kering. Mengapa demikian? Cara ini dapat membantu Anda mencegah kerusakan pada power tools akibat dari proses kondensasi dan juga tumbuhnya jamur. 

Kondensasi dapat terjadi ketika udara lembap bertabrakan dengan bagian power tools yang dingin, seperti saat power tools disimpan di ruangan yang lembap atau di luar ruangan yang basah. Kondensasi dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian power tools yang terbuat dari logam. 

Menyimpan power tools di tempat yang kering juga dapat menjaga kualitas dari power tools itu sendiri. Cara ini sangat mendukung penjagaan kualitas power tools, terutama jika power tools terbuat dari material yang tidak tahan terhadap air atau kelembapan.

4. Melepaskan Baterai dan Kabel saat Tidak Digunakan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melepaskan baterai dan kabel saat tidak menggunakan power tools. Anda tidak boleh melupakan cara yang satu ini ketika ingin merawat power tools. 

Melepaskan baterai dan kabel saat tidak menggunakan power tools mampu menghindari kerusakan akibat arus pendek. Arus pendek dapat terjadi jika baterai power tools tidak sengaja menyentuh bagian-bagian yang tidak seharusnya, seperti saat power tools disimpan di tempat yang penuh dengan benda-benda metal. Arus pendek dapat menyebabkan kerusakan pada power tools dan juga dapat berbahaya bagi Anda.

Melepas baterai saat tidak digunakan dapat membantu menjaga kondisi baterai power tools sehingga dapat digunakan lebih lama. Selain itu, kondisi kabel juga tetap terjaga sehingga tidak mudah rusak atau terkelupas.

5. Gunakan Pelindung pada Bagian Power Tools yang Mudah Tergores

Cara perawatan selanjutnya adalah memberi pelindung ketika menyimpannya. Bagian yang harus diberi pelindung diutamakan pada bagian-bagian yang mudah tergores. Cara ini dapat mencegah kerusakan pada bagian power tools serta menjaga kelancaran operasi power tools.

Mengapa cara ini dapat menjaga kelancaran operasi pada power tools? Bagian-bagian power tools yang tergores dapat menyebabkan gangguan pada kelancaran operasi power tools, sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Bagian Bagian Mesin Bor Tangan dan Fungsinya saat Digunakan

6. Pengecekan Berkala pada Baterai dan Kabel Power Tools

Berikutnya, Anda harus melakukan pengecekan berkala terhadap baterai dan kabel power tools. Pengecekan berkala membantu Anda untuk memastikan jika ada baterai yang sudah tidak dapat digunakan dengan baik atau kabel yang terkelupas sehingga dapat dilakukan penggantian komponen yang rusak. 

Selain itu, pengecekan dilakukan demi keamanan Anda. Baterai yang sudah tidak dapat digunakan dengan baik atau kabel yang terkelupas dapat menyebabkan kecelakaan atau luka bagi Anda atau orang lain yang menggunakan power tools tersebut.

7. Perbaiki Power Tools yang Rusak ke Ahlinya

Jika power tools yang Anda gunakan mengalami kerusakan, sebaiknya bawalah ke ahlinya untuk diperbaiki. Mengapa cara ini lebih disarankan daripada Anda perbaiki sendiri? Alasan pertama yaitu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Mencoba memperbaiki power tools sendiri tanpa pengetahuan yang cukup dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada power tools, terutama jika Anda tidak tahu cara yang benar untuk memperbaikinya.

Alasan kedua adalah menjaga keamanan. Mencoba memperbaiki power tools sendiri tanpa pengetahuan yang cukup dapat berbahaya bagi Anda, terutama jika power tools tersebut menggunakan listrik atau baterai.

Alasan ketiga adalah perihal garansi dari power tools. Banyak power tools yang memiliki garansi, namun garansi tersebut mungkin tidak berlaku jika power tools tersebut diperbaiki sendiri. Membawa power tools yang rusak ke ahlinya akan membantu Anda menjaga garansi yang mungkin dimiliki power tools tersebut.

Selain mengetahui bagaimana perawatan power tools yang baik, sudahkah Anda memiliki power tools dengan kualitas yang baik? Anda juga harus memastikan bahwa power tools yang digunakan juga memiliki kualitas yang baik dan mencukupi kebutuhan Anda.

Untuk menemukan produk power tools dengan kualitas baik, Anda dapat mendapatkannya hanya di Klopmart! Tidak hanya power tool, kami jual alat konstruksi dan komponen mesin lainnya yang dapat membantu untuk mempermudah pekerjaan Anda. Jadi, selain melakukan bagaimana perawatan power tools yang baik, pastikan juga Anda memiliki power tools dengan kualitas terbaik!

Sumber rujukan: 

  • tehnikmesin.com/2020/07/cara-perawatan-power-tools.html 
  • cilacapklik.com/2022/11/panduan-perawatan-power-tools.html
 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya