Atap & Lantai

Bagaimana Membuat Tempat Penyimpanan Wine?

Media
18 Jun 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Dinikmati oleh orang di seluruh dunia, wine adalah jenis minuman yang tersedia dalam berbagai macam jenis, kualitas dan harga. Selain wine merah dan wine putih, ada beberapa jenis lain seperti Champagne, Cabernet, Merlot, Pinot Noir hingga Zinfandel. Jika Anda termasuk orang yang hobi minum serta mengoleksi minuman ini, memiliki tempat penyimpanan sendiri adalah hal yang wajib.

Tidak seperti minuman lain, jika disimpan dengan baik, beberapa jenis wine bahkan akan semakin bagus kualitasnya seiring waktu. Lalu, bagaimana cara membuat rak penyimpanan yang baik agar kualitasnya tetap terjaga dan bahkan semakin meningkat?

Perhatikan Suhu Penyimpanan

Tempat penyimpanan ini idealnya adalah sebuah ruangan yang gelap dengan suhu antara 10 hingga 15,5 derajat Celcius. Tingkat kelembapan udara yang disarankan adalah sekitar 60 hingga 70 persen. Botol-botolnya juga harus disimpan secara horizontal dengan posisi leher botol sedikit lebih rendah. Tujuannya adalah menjaga gabus penutupnya tetap basah.

Pilih Jenis Rak yang Tepat

Karena harganya yang sangat bervariasi, beberapa jenis minuman anggur ini bahkan kerap dijadikan investasi oleh pemiliknya. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, kualitas wine yang meningkat akan membuat harganya menjadi lebih mahal. Lantas, bagaimana caranya Anda menjaga investasi yang bernilai itu?

Tidak peduli berapa banyak koleksi wine Anda, baik hanya beberapa botol atau dalam jumlah banyak, Anda disarankan untuk memilih rak wine yang tepat. Wine yang khusus dibuat untuk penyimpanan wine mampu menjaga kualitasnya secara maksimal dibanding hanya meletakkan botolnya sembarangan. Rak tempat penyimpanan tersebut akan memberikan perlindungan yang maksimal bagi koleksi Anda dari gerakan, panas, cahaya hingga perubahan suhu.

Pilih Material Tepat Untuk Penyimpanan Wine Anda

Rak wine ini bisa dibuat dari beragam bahan mulai dari logam hingga plastik. Desainnya pun beragam dan Anda bisa melakukan kustomisasi untuk membuatnya. Anda cukup memilih material yang Anda sukai dan silahkan berkreasi membuat rak wine sesuai dengan keinginan dan selera pribadi Anda.

Rencanakan Pembuatan Rak Wine Anda

Ada banyak rak wine yang dijual jadi di pasaran. Tapi membeli rak siap pakai ini akan membatasi Anda dalam menyusun lemari khusus wine Anda. Untuk menyesuaikan dengan bentuk ruangan, tidak ada salahnya membuat rak ini secara khusus.

Desain rak bisa Anda contek dari rak yang sudah ada. Anda juga bisa mencari model yang disukai di internet kemudian menjadikannya sebagai inspirasi. Ada banyak langkah-langkah membuat rak wine sendiri yang bisa Anda tonton di platform streaming video. Anda bisa memilih rak dekoratif yang mampu menampung hingga 6 botol hingga sebuah rak besar yang bisa menyimpan puluhan koleksi wine Anda.

Rak yang berukuran kecil bisa dengan mudah diletakkan di atas meja atau digantungkan di dinding. Anda juga bisa membuat rak custom yang muat dimasukkan ke dalam kabinet. Tentukan model yang paling sesuai dengan kebutuhan penyimpanan Anda agar fungsi tempat penyimpanan ini menjadi maksimal.

Beli Perlengkapan Tempat Penyimpanan Wine Anda

Setelah memutuskan material apa yang ingin digunakan dan desain mana yang ingin dicontek, saatnya untuk berbelanja bahan baku. Salah satu tempat terbaik di mana Anda bisa menemukan material rak khusus menyimpan wine adalah di Klopmart. Rencanakan belanja online gratis ongkir untuk mendapatkan material rak wine berkualitas untuk Anda!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya