Bagaimana Cara Mengaci Sudut Tembok dengan Rata dan Halus?

Salah satu informasi yang penting untuk dipahami dalam proses pembangunan rumah adalah cara mengaci sudut tembok agar rata dan halus. Bagi yang belum mengetahuinya, tujuan utama mengaci dinding diperuntukkan agar permukaannya bisa halus. Sebelum ada proses pengacian, permukaan dinding memiliki pori-pori berukuran besar dengan tekstur kasar. 

Pekerjaan ini memang terhitung sulit karena pekerja harus memastikan seluruh permukaan dinding sudah tertutup acian tapi harus memberikan hasil rata, tidak retak, dan halus. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka jangan aneh melihat permukaan dinding terlihat retak. 

Untuk mengaci sudut tembok dan permukaan keseluruhan dengan baik, ada beberapa bahan dan alat yang harus dimiliki, yaitu:

  • Semen
  • Air
  • Penggaris
  • Roskam
  • Amplas halus
  • Ember kecil
  • Kuas

Jika seluruh alat dan bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya mulai masuk ke dalam sesi pengerjaan.
 

Cara Mengaci Sudut Tembok

Untuk mengaci sudut tembok dengan sempurna, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah-langkah ini memang sebaiknya Anda ikuti agar hasil pengerjaan lebih baik.
 

1. Bersihkan Permukaan Sudut Tembok

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan permukaan sudut tembok agar terbebas dari kotoran serta partikel debu. Anda harus memastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel karena dapat mempengaruhi hasil pengacian karena permukaan dinding bisa menjadi tidak rata.
 

2. Buat Adukan Acian

Sekarang Anda bisa mulai membuat adukan acian dari semen dan air. Pastikan hasil pencampuran keduanya menjadi bentuk seperti pasta. Kalau masih terlalu padat, berikan air lagi. Namun jika terlihat terlalu cair, tambahkan beberapa sendok semen lagi.
 

3. Memulai Proses Pengacian

Adukan acian yang sudah berbentuk pasta bisa langsung Anda tempelkan ke sudut tembok dengan menggunakan roskam atau gosokan. Bagian ini memang terhitung tricky karena Anda harus memastikan lapisan acian tidak terlalu tebal alias pas. Kemudian gosok dengan roskam secara menyeluruh ke sudut tembok agar hasilnya merata. Jangan sampai ada sisi permukaan yang terlalu tebal karena pasti membuat hasil pengacian menjadi kurang bagus.
 

4. Gunakan Penggaris

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa penggaris. Penggaris ini diletakkan tepat di bagian depan permukaan sudut tembok agar tidak ada pengacian yang terlalu tebal. 

Tentunya penggaris ini tidak akan menempel selamanya pada bagian tembok. Jika sudah terlihat rata, maka lepaskan penggaris.
 

5. Manfaatkan Gosokan Kecil dan Kuas Basah

Selain penggaris, Anda perlu memanfaatkan gosokan kecil dan kuas basah. Kedua alat ini berguna agar permukaan sudut tembok semakin merata dan halus. Kemudian jika sudah, haluskan kembali dengan roskam. Khususnya untuk semua bagian permukaan sudut tembok.
‚Äč

6. Gosok dengan Bekas Bungkus Semen

Ya, langkah yang ini cukup unik. Bungkus semen yang biasanya langsung dibuang bisa Anda manfaatkan dengan untuk membuat permukaan sudut tembok semakin rapi dan halus. Masalah keretakan seharusnya sama sekali tidak terlihat setelah Anda sudah memasuki langkah ini. Acian tembok juga sudah halus, rata, serta mengering. Mudah, bukan?

Jadi itulah informasi penting mengenai cara mengaci sudut tembok dengan rata dan halus. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Berbicara mengenai proses pengacian, semen yang digunakan jangan sampai memiliki kualitas buruk. Anda harus menggunakan semen terbaik di kelasnya. Salah satu rekomendasi dari Klopmart adalah semen MU-480 Reno Fix. Penasaran dengan produk ini? Dengan informasi cara mengaci sudut tembok, cek harga semen MU di Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
27 Mar 2021

Related Article