4 Cara Memotong Triplek Melamin? Ketahui Caranya!

Cara memotong triplek melamin menjadi salah satu informasi penting yang harus Anda pahami jika ingin melakukannya sendiri. Untuk bisa memotong triplek melamin, ada beberapa cara yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

Namun sebelum itu, Anda harus membeli gergaji terlebih dahulu. Tapi jangan sampai salah pilih gergaji. Ada gergaji yang memang cocok untuk memotong triplek melamin. Dengan memilih tipe gergaji yang cocok untuk memotong triplek melamin, Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan ini. 

Pemotongan triplek memang terkesan lebih mudah karena terhitung lebih tipis. Namun tetap harus dilakukan secara tepat agar hasilnya lurus dan rapi. Kalau tidak tepat, sudah pasti potongan triplek melamin menjadi tidak rata, kurang bagus, hingga permukaannya menjadi pecah atau retak. 

Ingin tahu bagaimana cara memotong triplek melamin? Ketahui cara lengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Gergaji Khusus

Sesuai penjelasan di atas, Anda memang tidak disarankan untuk menggunakan gergaji biasa. Sebaiknya gunakan gergaji khusus tipe jigsaw. Mengapa gergaji jigsaw lebih cocok untuk triplek melamin? Alasan utamanya adalah gergaji ini memiliki susunan mata sesuai karakteristik triplek melamin. Selain itu, gergaji tipe ini juga dilengkapi konfigurasi kombinasi, sudut, dan jumlah tertentu.


Haluskan Sisi Luar Triplek Melamin

Langkah selanjutnya adalah menghaluskan sisi luar triplek melamin. Biasanya sisi luar triplek melamin memang tidak terlalu halus. Hal ini terjadi karena cacat produksi atau benturan ketika dalam proses distribusi. Agar hasil potongan Anda bisa tetap bagus, sebaiknya haluskan terlebih dahulu menggunakan amplas khusus yang tepat. Jangan lupakan langkah ini karena bernilai penting untuk mendapatkan hasil triplek melamin yang bagus.

Gunakan Selotip Pada Garis Potong

Jika Anda sudah tahu bagaimana mana yang akan dipotong, tempelkan selotip sepanjang garis  potong. Dengan pemasangan garis potong ini maka lapisan vinyl di permukaan triplek melamin tidak akan terkelupas selama proses pemotongan. Hasil yang akan Anda dapatkan pasti berkualitas tinggi. 

Namun jangan sampai Anda menggunakan metode ini untuk pemotongan triplek melamin dalam skala besar. Alasan utamanya adalah kurang cocok karena tidak menghemat waktu. Lebih baik gunakan selotip dalam skala kecil saja. 


Memaksimalkan Landasan Kayu

Untuk menjaga kualitas triplek melamin tetap terjaga sepanjang proses pemotongan, Anda harus melandasinya dengan kayu. Anda dapat meletakkan kayu solid di bawah triplek melamin yang nantinya akan dipotong. 

Penggunaan landasan  kayu ini untuk menahan serat triplek agar tak mengalami masalah keretakan. Tentu saja Anda tidak ingin triplek melamin tersebut retak atau rusak, bukan? Untuk itulah sebaiknya gunakan kayu solid sebagai landasan triplek ketika proses pemotongan. 

Triplek melamin sering digunakan sebagai pelapis bagian dalam dan belakang dari lemari atau laci. Dengan kegunaannya inilah triplek melamin memberikan kemudahan kepada Anda dalam proses pemakaian. Apalagi setelah Anda sudah mengetahui cara memotong triplek melamin. Maka semakin mudah untuk mengaplikasikan triplek ini ke perabotan dan sudut rumah.

Apakah Anda membutuhkan triplek melamin dari berbagai ukuran? Sekarang Klopmart telah hadir untuk memberikan Anda produk triplek melamin berkualitas dengan harga terbaik. Sebagai e-commerce bahan material, Klopmart selalu siap memenuhi kebutuhan Anda untuk triplek melamin dan lainnya dengan maksimal. Anda dapat memiliki triplek melamin sesuai kebutuhan sekarang juga bersama Klopmart. 

Dengan informasi cara memotong triplek melamin yang telah diberikan di atas, yuk saatnya cek harga triplek melamin bersama Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya