3 Cara Memasang Rak Dinding Tempel dengan Tepat dan Presisi

​

Cara memasang rak dinding tempel menjadi salah satu solusi yang sangat berguna untuk Anda jika ingin menggunakannya di rumah. Berguna sebagai tempat penyimpanan tambahan, rak dinding tempel juga lebih indah jika dilihat dari sisi dekorasi. 

Proses pemasangan rak dinding tempel terasa jauh lebih mudah jika seluruh peralatan serta caranya bisa Anda ikuti dengan baik. Untuk lebih jelas lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini.
 

Bahan dan Alat Memasang Rak Dinding Tempel

Proses pemasangan rak dinding tempel bisa dijalankan dengan mudah jika Anda menyiapkan setiap bahan dan alat yang diperlukan. Apa saja? Ini dia daftarnya:

  • Tripleks atau Multipleks 12 mm
  • Lem kayu
  • Cat kayu
  • Gerinda tangan
  • 2 buah plat besi ketebalan 3 mm, panjang 7 cm - 10 cm
  • 2 buah plat besi ketebalan 3 mm, panjang 26 cm - 35 cm
  • 4 buah Fisher S6
  • Sekrup/paku
  • Gergaji kayu
  • Mesin las
  • Waterpass
  • Bor
  • Mata bor besi 6 mm 
  • Mata bor tembok 6 mm
  • Palu/obeng 

Jika seluruh alat dan bahan rak dinding tempel sudah Anda lengkapi, maka sekarang saatnya memulai proses pemasangan.
 

Cara Memasang Rak Dinding Tempel

Ada beberapa langkah atau cara di dalam memasang rak dinding tempel. Tentu saja setiap cara yang diberikan di bawah ini sebaiknya Anda pahami dan ikuti agar hasil kerja menjadi lebih memuaskan. Ini dia cara-caranya.


 

Siapkan Seluruh Alat dan Bahan

Anda bisa memulai proses pemasangan dengan menyiapkan plat besi sesuai ukuran yang dibutuhkan. Kemudian buat lubang sebesar 6 mm dengan menggunakan bor pada kedua sisi plat besi berukuran 7 cm itu. Jika sudah selesai, last plat besi dengan ukuran 2 cm pada bagian tengah. Tentunya di plat besi yang tadi sudah Anda lubangi terlebih dahulu. Akhirnya akan menghasilkan bentuk huruf T. 

Demi menghindari karat yang bisa muncul seiring berjalannya waktu, Anda harus melapisi bracket dengan cat anti karat.
 

Membuat Papan Rak Dinding

Plat besi sudah siap dipasang, tapi papan rak dinding belum siap. Anda dapat membuatnya dengan memotong multipleks sesuai ukuran yang diinginkan. Ingat, ukuran papan akan mempengaruhi ukuran bracket yang dibutuhkan.

Rakit seluruh bagian multipleks dengan menggunakan lem kayu agar bisa tetap kokoh dan memiliki daya tahan lama. Kemudian gunakan sekrup atau paku untuk menyambung semua bagian rak. Terakhir, tutup bagian samping multipleks dengan dempul dan amplas hingga rata. Jika ingin memberikan warna berbeda, cat rak yang sudah dihaluskan dengan amplas.


 

Memulai Proses Pemasangan

Rak yang sudah jadi dapat Anda pasang ke tembok. Sebelum itu, tandai bagian tembok yang akan dilubangi untuk dipasangkan rak. Bor lubang tersebut lalu pasang Fisher S6 pada setiap lubang. 

Selanjutnya, pasang bracket ke dinding dengan menggunakan sekrup atau obeng. Supaya tidak miring, maksimalkan waterpass. Cek apakah bracket sudah lurus sejajar atau masih miring. Kemudian tinggal pasang bracket dan memasukkan raknya. Selamat, Anda sudah membuat rak dinding tempel.

Proses pemasangan rak dinding tempel memang bergantung dengan bor berkualitas dan memiliki daya yang sesuai kebutuhan. Ada beberapa pilihan bor yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah Makita HG 6500 yang sudah tersedia di Klopmart. Dengan informasi cara memasang rak dinding tempel yang telah diberikan di atas, ayo cek harga bor Makita untuk mendapatkan produk terbaik sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membuat Meja Dapur Dengan Cor

Konstruksi

5 Cara Membuat Meja Dapur Dengan Cor

Selengkapnya
9 Rekomendasi Paku dan Baut Berkualitas untuk Proyek Bangunan Anda

Konstruksi

9 Rekomendasi Paku dan Baut Berkualitas untuk Proyek Bangunan Anda

Selengkapnya
6 Cara Membuat Batu Bata Merah yang Tahan Lama

Konstruksi

6 Cara Membuat Batu Bata Merah yang Tahan Lama

Selengkapnya