Home & Living

Mengenal Arti Kode Besi Beton

Saat melihat kode pada besi beton, apakah Anda tahu apa arti kode besi beton tersebut? Apakah Anda menyadari bahwa setiap besi beton yang digunakan sebagai bahan material pembangunan rumah memiliki kodenya sendiri-sendiri?

 

Untuk mengetahui apa arti dari kode yang tertera pada besi beton, silakan simak informasinya pada pembahasan kali ini. Klopmart akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai apa arti kode besi beton dan bagaimana cara memilih besi beton berkualitas untuk pembangunan rumah.

Apa Arti Kode Besi Beton?

Pada besi beton, terdapat sebuah kode yang terdiri dari huruf dan angka dengan pembatas garis miring. Dari kode tersebut, Anda dapat mengetahui hal berikut ini:

  • Singkatan dari nama merek atau pabrik yang memproduksi beton tersebut
  • Diameter dan panjang beton
  • Tipe baja yang digunakan untuk pembuatan besi beton
  • Nomor heat atau nomor lembaran
  • Nomor seri produksi
  • Tanggal produksi
  • Nomor seri SNI

Bagaimana Cara Memilih Besi Beton yang Tepat?

Dalam memilih bahan material khususnya besi beton, tentu saja Anda ingin mencari produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dalam pembangunan rumah. Oleh karena itu, berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi seputar cara memilih besi beton yang tepat untuk pembangunan rumah Anda.

 

Setidaknya, ada 5 cara yang perlu Anda lakukan untuk membeli besi beton berkualitas, yaitu:

1. Tentukan Jenis Besi Beton yang Akan Digunakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih besi beton adalah tentukan terlebih dahulu jenis beton apa yang akan digunakan. Besi beton yang digunakan dalam pembangunan rumah biasanya terdiri dari 2 macam yaitu besi beton dengan tulang polos dan uliran.

 

Besi beton dengan tulang polos memiliki permukaan yang halus dan mudah untuk dibentuk. Sebaliknya untuk besi beton dengan uliran memiliki permukaan yang terlihat seperti sirip, melintang di sepanjang permukaan besi beton.

2. Lakukan Perhitungan Massa Beban dengan Tepat

Pembangunan rumah haruslah memiliki perhitungan yang tepat terlebih dahulu, khususnya untuk perhitungan massa bebannya. Dengan mengetahui massa beban bangunan rumah, Anda bisa menentukan berapa banyak besi beton yang digunakan dalam pembangunan rumah tersebut.

 

Baca Juga: Daftar Massa Jenis Beton Material Bangunan

3. Cek Kelayakan Besi Beton

Besi beton yang berkarat tidak dapat digunakan dalam pembangunan rumah karena tentu saja hal tersebut akan membahayakan penghuninya suatu saat nanti. Maka dari itu, pilihlah besi beton yang baru atau tidak termasuk ke dalam stok lama.

4. Memilih Kelas Besi Beton Sesuai dengan Warnanya

Besi beton memiliki berbagai kelas yang dibedakan dengan warnanya. Berikut ini, ada 5 kelas dari besi beton yang bisa dijadikan sebagai panduan bagi Anda dalam memilih produk yang tepat:

  • Kelas besi beton BjTP 24: warna hitam
  • Kelas besi beton BjTP 30 dan BjTD 30: warna biru
  • Kelas besi beton BjTD 35: warna merah
  • Kelas besi beton BjTD 40: warna kuning
  • Kelas besi beton BjTD 50: warna hijau

5. Membeli Besi Beton dengan Standar SNI

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih besi beton yang tepat adalah carilah produk besi beton yang sudah memiliki standar SNI. SNI merupakan Standar Nasional Indonesia yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan telah melalui proses pengecekan kelayakan produk sebelum dapat dikonsumsi atau digunakan oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Iniliah Daftar Merk Besi Beton SNI yang Bisa Anda Temukan di Pasaran
 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan besi beton ulir berkualitas, silakan cek harga besi beton ulir dari Klopmart berikut ini dan jangan lupa untuk mengecek arti kode besi beton yang akan dibeli.

Inspirasi Lainnya
12 Inspirasi Desain Toko yang Minimalis

Atap & Lantai

12 Inspirasi Desain Toko yang Minimalis

Selengkapnya
11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Home & Living

11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Selengkapnya
6 Cara Membuat Kandang Kambing: Ukuran, Jenis, Bahan, dan Perlengkapan

Konstruksi

6 Cara Membuat Kandang Kambing: Ukuran, Jenis, Bahan, dan Perlengkapan

Selengkapnya