Cat dan Kimia

Apa Saja Kegunaan Minyak Pelumas dalam Peralatan

Kegunaan minyak pelumas dalam peralatan berbeda-beda sesuai dengan tujuan dilakukannya pelumasan terhadap objek tersebut. Hal ini tidak mengherankan mengingat setiap minyak pelumas juga mempunyai berbagai fungsi lain di luar fungsi utamanya.

Secara umum minyak pelumas digunakan untuk mengurangi gaya gesek antara dua buah benda yang bersentuhan sehingga permukaannya menjadi licin. Dengan demikian, risiko keausan dapat dikurangi dan tenaga yang diperlukan untuk memindahkan atau menggerakkan benda tersebut akibat gaya gesekan yang terjadi juga dapat diminimalkan.

Di samping itu, minyak pelumas kerap pula dimanfaatkan untuk beberapa tujuan lain seperti meminimalkan korosi hingga memperpanjang usia sebuah benda. Untuk selengkapnya, berikut adalah beberapa kegunaan minyak pelumas yang wajib anda ketahui.

1. Memperkecil Risiko Korosi

Fungsi ini lazimnya diaplikasikan pada benda-benda yang terbuat dari logam, seperti mesin kendaraan, engsel pintu, dan sebagainya. Adapun penyebab terjadinya korosi adalah adanya reaksi antara logam dan zat-zat sekitarnya seperti oksigen dan air (udara yang lembab).

Minyak pelumas memberikan fungsi proteksi terhadap korosi melalui keberadaan selaput pelumas yang tetap ada pada permukaan logam dan komposisi kimia pelumas tersebut. Untuk hasil terbaik, penggunaan minyak pelumas ini perlu dilakukan secara berkala.

2. Membersihkan Kotoran

Kegunaan minyak pelumas yang satu ini memang bukan fungsi utama. Walau begitu, fungsi tambahan ini justru semakin banyak dimanfaatkan.

Minyak pelumas dapat membersihkan bahkan membilas kotoran yang masuk ke dalam sistem atau sela-sela kedua benda yang bersentuhan. Pada mesin mobil misalnya, pelumas dapat melumatkan lumpur dan membawanya ke karter saringan. Adapun contoh yang lebih sederhana adalah minyak zaitun yang sering dibuat menjadi pelumas seperti pada engsel pintu juga tak jarang dipakai untuk membersihkan sela-sela engsel tempat banyaknya debu dan partikel kecil lainnya menempel.

3. Meredam Panas

Terutama dalam hubungan antara satu logam dengan logam lainnya menimbulkan efek kalor seperti pada kompresor. Dampak panas yang dihasilkan akan turut merusak komponen lainnya jika dibiarkan terus-menerus.

Manfaat minyak pelumas dalam hal ini adalah membantu menyerap kalor ke media lain yang mempunyai suhu lebih rendah. Namun yang perlu diingat, tugas ini membutuhkan sirkulasi pelumas dalam jumlah banyak dan konstan.

4. Memperpanjang Usia Peralatan

Berbagai kegunaan pelumas untuk perlengkapan pada akhirnya akan memperpanjang usia peralatan itu sendiri. Semakin sedikitnya korosi, kotoran, dan efek panas yang terjadi akan memperpanjang usia peralatan tersebut sehingga pengguna tidak perlu melakukan penggantian peralatan baru dalam waktu yang relatif dekat.

Itulah beberapa kegunaan minyak pelumas yang wajib Anda tahu. Namun sebelum buru-buru melakukan pelumasan, pastikan dulu Anda memilih pelumas yang tepat.

Pilihlah jenis minyak pelumas sesuai kebutuhan. Bila untuk mesin, maka gunakan produk yang sesuai dari aneka pabrikan yang ada. Sementara untuk beberapa peralatan lain yang lebih sederhana seperti engsel pintu, rail tirai, dan sebagainya, pelumas yang dapat digunakan juga dapat disesuaikan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau canola.

Klopmart menyediakan berbagai jenis minyak pelumas terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kami bekerja sama dengan para supplier dan distributor terbaik dan terpercaya di kelasnya dalam menyediakan segala keperluan Anda. Pun dalam proses pengiriman, kami bersama mitra logistik pilihan melayani dengan tujuan seluruh wilayah Indonesia.

Kini Cukup lewat ponsel atau komputer, Anda pun dapat membeli minyak pelumas dan perlengkapan lainnya dengan lebih mudah dan hemat di Klopmart. Dijamin nyaman!

Inspirasi Lainnya
12 Inspirasi Desain Toko yang Minimalis

Atap & Lantai

12 Inspirasi Desain Toko yang Minimalis

Selengkapnya
11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Home & Living

11 Tips Dekorasi Rumah Minimalis

Selengkapnya
6 Cara Membuat Kandang Kambing: Ukuran, Jenis, Bahan, dan Perlengkapan

Konstruksi

6 Cara Membuat Kandang Kambing: Ukuran, Jenis, Bahan, dan Perlengkapan

Selengkapnya