Apa Itu Void Rumah? Ketahui Manfaat serta Inspirasi Desainnya

void rumah mungkin dapat menjadi pertimbangan untuk desain hunian Anda. Mengapa hal ini layak dipertimbangkan? Tentunya selain untuk estetika desain, void juga punya banyak manfaat baik lainnya seperti pencahayaan. Meski identik diterapkan di rumah dengan lantai tingkat, tetapi bisa juga disesuaikan dengan rumah lantai satu dengan plafon tinggi.


Dalam merancang desain rumah idaman, tentunya setiap orang menginginkan yang terbaik. Oleh karena itu, modifikasi desain yang modern dan unik menjadi salah satu fokus utama. Nah, kehadiran void ini dapat membantu Anda. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.


Apa Itu Void?

Void merupakan ruang kosong yang terbuka, biasanya dibuat di bagian tengah konstruksi dan diantara dua lantai. Pada posisi tersebut, void memungkinkan untuk membuat lantai atas dan lantai bawah terkoneksi atau menyatu. Hal ini yang membuat rumah Anda terasa lebih intimate dan dinamis.


Baca Juga: Perbedaan Antara Konsep Hunian SOHO dan WOHO


Saat ini juga sudah banyak penerapan void yang dilakukan di rumah dengan satu lantai saja. Tentunya dengan catatan, rumah tersebut memiliki plafon yang tinggi. Desain void dapat disesuaikan melalui ketinggian plafon yang ada.




Manfaat Penggunaan Void untuk Rumah

Setelah mengenal apa itu void, lalu mengapa void ini banyak dipertimbangkan untuk desain rumah idaman? Tentunya hal tersebut dikarenakan void tidak hanya sekedar memberikan kesan estetik saja, tetapi juga menawarkan kelebihan lainnya. Berikut ini merupakan beberapa kegunaan void untuk rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Sirkulasi Udara Segar

Kegunaan yang paling dirasakan dengan kehadiran void di rumah adalah sirkulasi udara jadi lebih segar. Berkat ruang terbuka di antara dua lantai, memungkinkan pergantian udara dingin dan panas jadi lebih mudah. Jadi, udara segar di rumah pun jadi lebih merata.


Pernah mendengar bahwa lantai atas selalu memiliki suhu lebih panas dibandingkan lantai bawah? Hal ini disebabkan oleh cara kerja udara dingin dan panas yang perlu Anda ketahui. Menurut beberapa sumber, udara panas selalu bergerak ke atas dan udara dingin bergerak ke bawah. Nah, inilah yang menyebabkan lantai atas cenderung lebih panas dibandingkan lantai bawah.


Melalui penggunaan void, Anda dapat mengatasi masalah ini. Pergantian udara panas dan dingin dalam rumah jadi lebih merata, sehingga tidak ada yang terlalu panas maupun terlalu dingin. Apabila diimbangi dengan ventilasi udara yang baik, rumah pun akan selalu memiliki udara segar yang membuat penghuninya nyaman. 


Baca Juga: Ventilasi SIlang: Peengertian dan Cara Membuatnya

2. Sumber Pencahayaan

Selanjutnya, void berguna untuk menjadi sumber pencahayaan. Bagaimana bisa? Kehadiran ruang terbuka dalam rumah memberikan akses rumah yang lebih terang karena cahaya alami. Terlebih lagi, apabila void diletakkan tepat berdampingan dengan jendela besar.


Kehadiran void juga memungkinkan pencahayaan di rumah Anda terpusat dalam satu titik yaitu di tengah. Anda dapat meletakkan lampu gantung tepat di tengah void sehingga cahayanya pun merata ke seluruh penjuru. Jadi, void ini dapat menjadi sumber pencahayaan yang maksimal baik secara alami maupun bantuan lampu di rumah Anda.

3. Rumah Terlihat Lebih Luas

Kemudian, kegunaan void yang selanjutnya adalah membuat kesan rumah terlihat lebih luas dan lega. Apabila memiliki hunian dengan lebih dari satu lantai, biasanya rumah akan terlihat padat dan sesak. Nah, void ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk membuat kesan rumah lega dan luas.


Meski memang memangkas sedikit ruang yang seharusnya bisa dipergunakan, tetapi void justru membawa manfaat baik. Dengan menggunakan void, rumah minimalis pun dapat terlihat lebih megah. Apalagi jika menggunakan desain void yang unik dan mewah.

4. Desain Dinamis

Bosan melihat desain rumah yang terlihat monoton dan membosankan? Yuk coba gunakan void dalam rumah Anda untuk membuat rumah terlihat lebih dinamis, unik dan pastinya tidak membosankan. Menggunakan layanan desain profesional mungkin dapat membantu Anda lebih maksimal dalam menemukan desain void terbaik untuk rumah.

5. Hemat Energi

Void dapat membuat rumah Anda jadi lebih hemat energi. Kok bisa? Tentunya hal ini dikarenakan kegunaan void sebelumnya yaitu sumber pencahayaan. Apabila Anda memiliki akses pencahayaan alami, maka rumah akan terlihat lebih terang dengan bantuan void. Tanpa perlu memberi banyak akses di setiap ruang dan menggunakan tambahan lampu di siang hari, rumah Anda pun jadi hemat energi.


Lalu, bagaimana jika tetap harus menggunakan bantuan lampu? Void tetap bisa membuatnya jadi lebih hemat energi. Caranya adalah dengan memusatkan lampu di satu titik tengah yang mampu menjangkau sebagian besar ruang di rumah. Anda tidak perlu menggunakan banyak lampu, hemat energi pun mudah diwujudkan.


Baca Juga: Tips Rumah Hemat Energi dari Memanfaatkan Pencahayaan Alami

6. Memudahkan Komunikasi

Rumah lebih dari satu lantai membuat para penghuninya sulit berkomunikasi? Wajar saja, hal ini biasanya dikarenakan kesulitan akses antara satu penghuni ke penghuni lainnya. Apabila Anda memiliki kamar di lantai atas, kemudian saudara berada di kamar lantai bawah pastinya membuat komunikasi jadi jarang. Sekalipun berkomunikasi, membutuhkan bantuan alat seperti ponsel.


Nah, kehadiran void ini dapat mengatasi permasalahan tersebut. Akses per lantai menjadi mudah, sehingga komunikasi pun lancar. Tidak perlu turun dulu ke lantai bawah atau naik ke lantai atas, void membuat akses jadi lebih fleksibel.


Pertimbangan Sebelum Menggunakan Void Rumah

Sebelum menerapkan void rumah, terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan agar dapat memberikan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

1. Kekuatan dan Sistem Konstruksi Rumah

Pastikan bahwa struktur rumah memiliki kekuatan dan sistem konstruksi yang memadai untuk mendukung penggunaan void. Konsultasi dengan seorang ahli konstruksi guna memverifikasi keamanan struktur bangunan tersebut.

2. Kebutuhan Luas Void

Pilihlah ukuran void yang sesuai dengan desain rumah dan kebutuhan penghuninya. Hindari memaksakan ukuran void yang tidak cocok dengan proporsi bangunan.

3. Ketersediaan Lahan

Perhatikanlah ketersediaan lahan untuk menerapkan void. Pastikan bahwa ada ruang yang memadai untuk membangun void tanpa mengorbankan area lain yang penting.

Contoh Pengaplikasian Void Rumah

Tertarik untuk menerapkan void ke dalam desain rumah Anda? Tenang, kami memiliki beberapa referensi desain yang mungkin dapat menjadi pertimbangan. Yuk simak beberapa contoh pengaplikasian void rumah di bawah ini.

1. Void pada Tangga


Contoh pengaplikasian void yang pertama adalah memberikan ruang terbuka pada akses tangga. Selain mempermudah komunikasi, void pada tangga ini juga membuat tampilan rumah jadi lebih mewah dan elegan loh. Apalagi jika rumah Anda memiliki desain tangga melingkar.

2. Void di atas Ruang Utama


Membuat kesan rumah lebih luas dan komunikasi jadi lebih mudah dapat diwujudkan melalui void yang berada di atas ruang utama. Keseluruhan ruang di lantai bawah dapat dengan mudah menyatu dengan lantai atas. Desain yang satu ini juga bisa diaplikasikan untuk rumah dengan satu lantai loh.

3. Void Minimalis


Tidak memiliki banyak ruang di rumah Anda? Tenang, void dapat didesain secara minimalis di sudut. Anda dapat menambahkan pajangan untuk menonjolkan estetika void minimalis ini. Biasanya void ini juga dapat diterapkan untuk desain kafe atau tempat publik lainnya.

4. Void Luas Menyambung ke Pintu Utama


Walaupun biasanya berada di bagian depan rumah, seringkali orang membuat ruang tamu dengan desain void. Ruang tamu yang dirancang dengan void rumah memiliki tujuan untuk memberikan kesan yang lebih ramah dan terbuka. Ini juga selalu berhasil memberikan kesan pertama yang baik kepada tamu.




5. Void dengan Akses Dining Room


Contoh selanjutnya adalah mengaplikasikan void untuk menyambung ke ruang makan. Anda juga bisa menyatukannya langsung dengan akses tangga. Ditambah dengan sumber pencahayaan alami, desain void ini dapat membuat rumah menjadi lebih hangat.


6. Void untuk Kebutuhan Ruang-Lainnya

Penggunaan void dalam area dapur, ruang kebugaran, atau ruang lainnya dapat disesuaikan dengan aktivitas yang dominan dilakukan di rumah. Void membantu menetapkan ruang tersebut sebagai pusat perhatian dalam perancangan rumah.


Itulah informasi mengenai apa itu void, kegunaan dan contohnya yang perlu Anda ketahui. Apabila tertarik untuk menerapkan void dalam rumah, lebih baik menggunakan layanan desain profesional agar mendapatkan hasil terbaik. Selain estetika, penerapan void juga perlu mempertimbangkan fungsionalnya. Butuh bantuan tempat yang jual kebutuhan atap, dinding dan lantai

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya