Perbedaan Antara Konsep Hunian SOHO dan WOHO

SOHO adalah singkatan dari Small Office / Home Office. Sedangkan WOHO adalah singkatan dari Work Office / Home Office. Di Indonesia, hunian berkonsep SOHO sudah lebih dahulu diluncurkan keberadaannya. Sedangkan hunian dengan konsep WOHO barulah diluncurkan beberapa tahun kemudian.

Di kota-kota besar, yang penduduknya padat, biasanya kemacetan arus lalu-lintas adalah pemandangan yang akrab ditemui sehari-hari khususnya di jam-jam sibuk pagi hari, saat orang-orang berangkat ke kantor dan juga sore hari saat orang-orang yang tadi paginya ke kantor berbondong-bondong pulang ke rumah masing-masing. Hal ini membuat konsep penyatuan rumah tinggal dengan kantor menjadi salah satu pilihan yang logis dan relevan. Perkembangan teknologi juga mendukung terjadinya pergeseran cara bekerja. Saat ini bekerja dari rumah atau bekerja jarak jauh secara remote sudah menjadi hal yang mungkin dilakukan. Kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan internet sangat mendukung hal ini. Video conference, remote desktop, e-mail dan sebagainya adalah beberapa contoh kemudahan yang saat ini sudah mendunia.

Selain lebih efisien dari segi biaya transportasi dan penghematan waktu untuk mencapai tempat kerja, konsep ini juga lebih meningkatkan produktivitas kerja. Kenapa? Karena bekerja di rumah, jam kerja dapat diatur lebih fleksibel dan juga suasana yang lebih santai juga menunjang peningkatan produktivitas. Kedekatan dengan keluarga juga menunjang hal ini.
 

Keunggulan SOHO dan WOHO

SOHO ataupun WOHO adalah dua konsep hunian yang mencoba mengakomodir kebutuhan penduduk kota. SOHO dan WOHO dibangun dengan lokasi yang berdekatan dengan pusat bisnis dan perkantoran sehingga lebih prestisius. Ijin SOHO dan WOHO juga sudah diperuntukkan sebagai tempat tinggal dan tempat usaha sehingga lebih mudah dalam membuka tempat usaha. Dan berikut adalah beberapa keunggualn dari konsep hunian tersebut:

  • Lokasi yang prestisius dan bergengsi.
  • Lokasi yang memang memiliki ijin yang diperuntukkan untuk area komersial dan niaga.
  • Biaya perawatan lebih rendah karena sudah termasuk untuk kedua lantainya dan dilakukan oleh pengelola bangunan.
  • Faktor keamanan yang tinggi karena memiliki akses yang terlindung dan terpusat.
  • Area yang terpisah dari toko dan bengkel dibandingkan dengan kompleks ruko ataupun rukan, sehingga lebih nyaman dalam bekerja maupun tinggal.
  • Memiliki fasilitas seperti sebuah apartemen.

Baca juga: Mengenal Cluster Perumahan dan Keunggulannya
 

Perbedaan antara SOHO dan WOHO

Meski memiliki konsep yang sama yaitu menyediakan kebutuhan hunian untuk penduduk di daerah perkotaan yang identik dengan kemacetan dan keterbatasan lahan, tetap saua SOHO dan WOHO memiliki perbedaan sebagai berikut:
 

Ciri-ciri dan Karakteristik SOHO

  • Hunian dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor. Lantai kedua berfungsi sebagai tempat tinggal.
  • Lantai kedua berbentuk mezanin, sehingga terdapat ruang void antara lantai satu dan lantai dua.
  • Kegiatan kerja dapat terpantau dari lantai dua.
  • Lantai pertama dan lantai kedua dihubungkan dengan tangga.
  • Memiliki satu pintu sebagai akses keluar masuk hunian.
  • Lift bangunan berhenti di lantai pertama tempat pintu berada.
  • Penghuni lain dan rekan kerja dapat saling bertemu karena jalur lalu-lintasnya sama. Privasi kurang terjaga.
     

Ciri-ciri WOHO

  • Hunian dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor. Lantai kedua berfungsi sebagai tempat tinggal.
  • Lantai kedua berbentuk lantai penuh atau full slab.
  • Kegiatan kerja di lantai satu tidak dapat dipantau dari lantai kedua.
  • Lantai pertama dan lantai kedua dihubungkan dengan tangga.
  • Memiliki dua pintu masuk yang berbeda untuk mengakses lantai pertama dan lantai kedua.
  • Lift bangunan untuk menuju ke lantai area kerja atau area perkantoran berbeda dengan lift bangunan untuk menuju ke lantai area tinggal. Posisi kedua lift tersebut pun berada di lobby yang berbeda dan terpisah.
  • Rekan kerja dan penghuni dapat tidak berpapasan karena menggunakan lift yang berbeda. Privasi dapat lebih terjaga.

SOHO dan WOHO adalah dua konsep yang mengusung sebuah hunian dua lantai yang memiliki dua fungsi. Lantai pertama berfungsi sebagai kantor atau area kerja (working space), sedangkan lantai kedua berfungsi sebagai area hunian (living space).

Bagi Anda yang ingin ingin membuka usaha yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, seperti Teknologi Informatika, Desain, Video, Arsitek dan sebagainya dapat mempertimbangkan untuk membukanya di sini. Untuk para profesional seperti pengacara dan notaris, sudah pasti konsep hunian SOHO maupun WOHO seperti ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi profesi Anda.

Baca juga: RISHA: Solusi Bangun Rumah Minim Budget

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya