Apa Efek Cat Tembok Dicampur Lem Kayu?

Apakah Anda tahu efek cat tembok dicampur lem kayu? Ya, ada salah satu cara unik untuk mendapatkan cat dengan harga murah yaitu mencampurnya dengan lem kayu. Mungkin Anda belum tahu terkait informasi ini. Ingin tahu lebih lengkap tentang efek cat tembok yang dicampur dengan lem kayu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Cat Tembok Dicampur Lem Kayu

Tidak dapat dimungkiri bahwa kualitas cat akan menurun sesuai dengan kondisi cuaca dan lingkungan di sekitarnya. Jika sering mendapatkan polusi udara dan termasuk hujan tinggi, maka cat tembok akan cepat rusak, kusam, hingga mengelupas. Kalau sudah begini, maka Anda harus secepatnya mengecat ulang tembok. Namun dengan harga cat tembok yang beragam di pasaran pada saat ini, banyak yang mencoba mencari cara alternatif. Termasuk dengan mencampur cat tembok dengan lem kayu.

Dengan mencampur cat tembok dengan lem kayu, maka Anda akan mendapatkan cat yang tetap bertahan lama tanpa harus membeli merek terkenal dengan harga tinggi. Ya, biasanya pihak yang membuat cat tembok dicampur dengan lem kayu memang ingin mendapatkan pilihan alternatif dengan harga lebih murah. 

Ingin tahu bagaimana caranya membuat cat alternatif ini?

  • Anda dapat membeli cat tembok dengan harga yang murah. Dari semua merek cat tembok yang ada, pilih saja yang paling murah. Bahkan kalau perlu beli cat tembok kiloan.
  • Tidak hanya membeli cat tembok murah, Anda juga harus mendapatkan lem kayu. Namun untuk ini, sesuaikan jumlah lem kayu dengan volume cat. Jika ingin mengolah cat seberat 5 kg, maka beli lem kayu sekitar 2-3 kg.
  • Siapkan ember dan wadah untuk mencampur cat dengan lem kayu. Jangan lupakan alat pengaduk yang kuat.
  • Sekarang saatnya memulai proses pencampuran dengan mencairkan lem kayu melalui bantuan air secukupnya lalu aduk hingga mencair.
  • Tuangkan lem kayu cair ke cat tembok  yang sudah ada di dalam ember atau wadah tersebut. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata.
  • Sekarang Anda sudah dapat menggunakan cat tembok campuran lem kayu tersebut ke dinding rumah.

Perlu digarisbawahi bahwa Anda harus memastikan lem kayu tersebut sudah benar-benar cair. Selain itu pastikan juga bahwa sudah tercampur dengan cat secara merata dan menyatu. Jika kurang merata, maka tampilan hasil cat di tembok tidak akan maksimal. Malah terlihat banyak bintik-bintik akibat lem yang kurang encer.

Efek Cat Tembok Dicampur Lem Kayu

Kembali pada pertanyaan utama, apa efek cat tembok dicampur lem kayu? Sebenarnya efek utama yang ingin didapatkan dari pencampuran keduanya adalah mendapatkan dampak positif seperti cat weathershield. Dengan begitu, tembok dapat lebih bertahan lama di tengah curah hujan tinggi serta polusi udara. Masalah tembok cepat kusam dan terkelupas bisa diminimalisir dengan baik.

Memang, kekuatan weathershield dari cat tembok campur lem kayu tidak sehebat cat weathershield bawaan pabrik. Namun bukan berarti Anda tidak disarankan untuk menggunakan cara ini. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin menggunakan cat weathershield pabrikan atau membuatnya sendiri?

Jika Anda tertatrik dengan informasi penggunaan lem kayu pada cat tembok, mungkin anda juga akan tertarik dengan fakta menarik mengenai Lem Aibon Si Perekat Serbaguna.

Jadi itulah informasi tentang cat tembok campur lem kayu. Biasanya lem kayu yang digunakan untuk bebas dari berbagai merek sesuai keinginan Anda. Salah satunya adalah lem fox. Dengan informasi efek cat tembok dicampur lem kayu di atas, dapatkan harga lem fox terbaik bersama Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article