8 Macam-Macam Alat Penghalus Plesteran yang Dijual di Pasaran

Untuk menciptakan permukaan dinding atau lantai yang halus Anda membutuhkan alat penghalus plesteran (cor) khusus. Plesteran atau plastering sendiri merujuk pada proses aplikasi lapisan plester untuk menciptakan hasil akhir yang halus dan rata.


Alat penghalus plesteran berfungsi untuk menghaluskan permukaan plesteran agar terlihat rata dan halus. Kalau Anda berencana melakukan proyek pembangunan rumah sendiri maka sudah seharusnya alat penghalus tersebut diketahui.


Itu sebabnya dalam kesempatan kali ini Anda akan diajak memahami macam-macam alat penghalus sehingga permukaan dinding yang dibuat benar-benar rapi seperti yang diharapkan. Jika Anda takut lupa apa saja, siapkan catatan untuk mencatat semua informasi penting. Sudah siap? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Promosi Klopmart


Macam-Macam Alat Penghalus Plesteran

Terdapat beberapa macam alat penghalus plesteran yang dapat digunakan untuk menciptakan hasil akhir yang halus dan rata. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing alat penghalus plesteran yang biasanya digunakan.

1. Alat Halus (Trowel)

Alat Halus (Trowel)


Alat halus atau Trowel adalah alat penghalus plesteran yang paling umum digunakan. Alat ini terbuat dari baja tahan karat dan memiliki permukaan datar dengan ujung yang sedikit melengkung.


Trowel cocok untuk menghaluskan permukaan kecil dan sempit seperti sudut dan sisi dinding. Selain itu Trowel juga digunakan untuk mengaplikasikan plesteran pada permukaan dinding dengan presisi yang tinggi.


Baca juga: Detil Biaya Plester Dinding Dan Cara Menghitungnya

2. Alat Karat (Darby)

Alat Karat (Darby)

Alat karat atau Darby merupakan alat penghalus plesteran yang terbuat dari kayu atau baja. Alat ini memiliki panjang sekitar 1,2 hingga 2 meter yang berguna untuk menghaluskan permukaan yang lebih luas.

Darby digunakan untuk menghilangkan kelebihan plesteran dan memastikan kehalusan permukaan plesteran. Alat ini juga digunakan untuk membentuk kemiringan pada permukaan dinding yang akan dilapisi plesteran.

3. Alat Pemadat (Float)

Alat Pemadat (Float)

Alat pemadat atau Float adalah alat penghalus plesteran yang digunakan untuk menghilangkan bekas ujung trowel dan menghasilkan permukaan yang lebih halus. Alat ini memiliki permukaan yang lebih lebar dan tebal dari Trowel yang digunakan untuk menghaluskan permukaan lebar.


Float juga biasa digunakan untuk menghaluskan permukaan plesteran yang basah sebelum dikeringkan.

4. Alat Korek (Scraper)

Alat Korek (Scraper)

Alat korek atau Scraper adalah alat yang digunakan untuk mengorek atau mengikis permukaan plesteran yang sudah mengering. Alat ini terbuat dari baja tahan karat dan memiliki ujung yang tajam serta runcing.

Alat korek berguna untuk menghilangkan kekurangan dan kerusakan pada permukaan plesteran yang sudah mengering, seperti ketika terlihat ada goresan atau noda.


Baca Juga: 6 Langkah dan Cara Plester Tembok yang Baik dan Benar

5. Alat Halus Segitiga (Hawk)

Alat Halus Segitiga

Alat halus segitiga atau Hawk merupakan alat penghalus plesteran yang sering digunakan oleh para profesional dalam industri konstruksi. Alat ini terbuat dari baja tahan karat dan dilengkapi pegangan kayu yang dapat dipegang dengan satu tangan.

Alat halus segitiga digunakan untuk mengangkat plesteran dari ember dan ditempatkan pada permukaan yang akan dihaluskan.

7. Alat Kikir (Rasp)


Alat kikir atau Rasp adalah alat penghalus plesteran yang digunakan untuk mengikis permukaan plesteran yang sudah kering. Alat ini terbuat dari baja tahan karat dan memiliki banyak gigi yang kasar pada permukaannya. Alat kikir digunakan untuk menghilangkan kelebihan, goresan, dan noda pada permukaan plesteran.

8. Alat Pengikis (Sander)

Alat pengikis atau Sander adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan plesteran dengan menggunakan lembaran kertas pasir yang kasar. Alat ini dapat digunakan secara manual atau dengan menggunakan listrik.

Alat pengikis dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan plesteran yang sudah kering dan menghasilkan hasil akhir yang lebih halus dan rata.

Cara Memakai Alat Penghalus Plesteran

Semua alat penghalus plesteran tersebut jelas akan berguna ketika Anda sudah mengaplikasikan plesteran pada permukaan dinding. Namun beberapa di antaranya juga dibutuhkan bahkan sebelum bahan plesteran mengering. Tanpa berpanjang lebar lagi, coba perhatikan bagaimana cara menggunakan berbagai alat penghalus plesteran tersebut.

1. Persiapkan Permukaan yang Akan Dihaluskan

Sebelum menggunakan alat penghalus plesteran, pastikan bahwa permukaan yang akan dihaluskan sudah dalam keadaan bersih dan rata. Pastikan juga bahwa plesteran sudah kering dengan baik agar hasil akhir yang diciptakan memiliki kualitas terbaik. Jika diperlukan, gunakan penggaris untuk memastikan permukaan datar dan rata.

2. Pilih Alat Penghalus Plesteran yang Sesuai

Pilihlah alat penghalus plesteran yang sesuai dengan jenis plesteran yang digunakan dan ukuran permukaan yang akan dihaluskan. Jika permukaan yang dihaluskan cukup besar maka gunakan alat penghalus plesteran dengan ukuran yang lebih besar untuk mempercepat proses pekerjaan.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kualitas alat penghalus plesteran agar penggunaannya tahan lama.

3. Gunakan Alat Penghalus Plesteran dengan Benar

Ketika menggunakan alat penghalus plesteran, pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan dengan baik. Pastikan bahwa alat tersebut dipegang dengan benar dan gerakan yang dilakukan pada permukaan plesteran juga dilakukan dalam cara yang tepat. Hal ini sangat penting karena cara penggunaannya akan memengaruhi hasil akhir. Apakah hasil yang lebih baik atau justru kerusakan pada permukaan plesteran.

4. Lakukan Proses Penghalusan Secara Merata

Pastikan bahwa proses penghalusan dilakukan secara merata pada seluruh permukaan. Hindari penghalusan yang tidak merata atau terlalu ditekan secara berlebihan pada permukaan plesteran. Hal ini akan memengaruhi kualitas hasil akhir dan dapat merusak permukaan plesteran.


Baca juga: Inilah Cara Menghitung Plesteran dan Acian dengan Benar

5. Bersihkan Alat Penghalus Plesteran Setelah Digunakan

Setelah selesai menggunakan alat penghalus plesteran, pastikan untuk membersihkan alat tersebut dengan baik. Bersihkan permukaan alat dari sisa-sisa plesteran dan debu dengan menggunakan sikat atau kain lap. Hal ini akan memperpanjang umur alat penghalus plesteran dan menjaga kualitasnya untuk penggunaan selanjutnya.

Melalui pemahaman cara menggunakan alat penghalus plesteran dengan baik maka Anda dapat menciptakan hasil akhir yang lebih baik dan memuaskan. Jangan lupa untuk memilih alat penghalus plesteran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mempertimbangkan kualitas alat tersebut saat ingin membelinya.

Sebagai salah satu tempat jual beli bahan material, Klopmart menyediakan berbagai jenis alat penghalus plesteran dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Anda juga bisa membandingkan harga barang yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Selain alat-alatnya, sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart bahkan menyediakan decon beton instan sebagai bahan plesteran itu sendiri. Ada banyak merek dan tipe yang bisa langsung Anda pilih sesuai kebutuhan pembangunan. Masih bingung?

Coba hubungi tim Klopmart untuk melakukan pemesanan atau berkonsultasi lebih lanjut mengenai alat penghalus plesteran yang sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan semua alat dan bahan material yang Anda butuhkan hanya di Klopmart sekarang!

Anda bisa menemukan alat-alat di atas dengan mudah di pasaran sehingga tidak perlu takut untuk membandingkan harga serta kualitasnya dalam berbagai tempat sekaligus. Namun sebenarnya Anda tidak perlu bingung-bingung karena alat penghalus plesteran tersebut bisa dibeli secara online di Klopmart.

Semoga informasi alat-alat penghalus plesteran ini berguna bagi Anda dalam melakukan proyek pembangunan!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya