4 Solusi Masalah Air Kloset Lambat Turun

Air kloset lambat turun pasti menjadi masalah yang tidak nyaman ketika Anda sedang menggunakan kamar mandi. Kondisi ini dinyatakan sebagai masalah pelik karena berarti kloset mengalami mampet atau tersumbat. Ada beberapa solusi dari masalah ini yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Simak ulasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.

Solusi Air Kloset Lambat Turun

Biasanya kondisi air kloset yang ternyata lambat turun baru disadari ketika Anda baru saja buang air kecil atau besar. Ketika Anda menyiram kloset, ternyata malah sangat lama untuk turun. Namun jangan langsung panik. Coba lakukan beberapa cara ini.
 

1. Jangan Menyiram Air Terlalu Banyak

Kloset yang tersumbat masih bisa disiram dengan air. Namun jangan sampai menyiram air terlalu banyak. Jika Anda malah menyiram air terlalu banyak, tindakan itu sudah pasti memperparah sumbatan. Air yang ada di dalam kloset bisa tumpah hingga ke lantai kamar mandi. 

Aktivitas penyiraman dapat Anda lakukan secara perlahan-lahan. Jika sudah menyiram, coba tunggu beberapa saat ini terlihat air turun ke bawah secara perlahan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyiram kloset dengan kondisi ini memang lebih lama. Namun setidaknya bisa menjadi solusi termudah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Toilet Dengan Mudah
 

2. Memanfaatkan Gantungan Baju 

Cara lainnya untuk mengatasi masalah ini adalah memanfaatkan gantungan baju. Jika Anda melihat memang ada kotoran atau benda yang ternyata menyumbat saluran air, sebaiknya gunakan gantungan baju untuk mengambilnya atau memaksanya masuk ke dalam. Untuk pengambilan, sebaiknya untuk benda saja. Jika kotoran, lebih baik memilih opsi untuk memaksanya masuk ke dalam. 

Sebaiknya gunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat agar proses pengambilan dan pemaksaan jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan dari bahan plastik.
 

3. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Setiap rumah pasti memiliki sabun cuci piring. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah ini. Sekarang, Anda bisa mencampurkan sabun cuci piring dengan air panas dengan volume sekitar 1-2 panci. Air panas yang digunakan sebaiknya bukan dalam skala mendidih. Namun perlu diingat bahwa bukan berarti sabun dicampur air panas baru dituangkan. 

Pertama, tuangkan sabun ke dalam lubang kloset. Anda bisa menuangkannya 1-2 cangkir sabun cuci piring tersebut secara perlahan. Diamkan sekitar lima menit. Selanjutnya, tuangkan air panas sedikit demi sedikit. Anda bisa kembali menunggu sekitar 30 menit. Jika sudah, coba siram air ke dalam kloset secara berulang-ulang untuk memastikan apakah masih ada masalah mampet atau tidak. Mudah, bukan?

Baca juga: Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam
 

4. Matikan Suplai Air ke Kloset

Sebelum Anda mencoba ketiga cara di atas, jangan lupa untuk terlebih dahulu mematikan suplai air ke kloset. Mematikan suplai air ke kloset akan menghindari pasokan air berlebih atau terlalu banyak. Jika tidak mematikan suplai air ke kloset, maka pasokan air bisa terlalu banyak dan malah membuatnya tumpah. Tentu saja Anda semakin repot untuk mengatasi masalah ini.

Dari keempat cara ini, jika memang masih ada masalah air kloset lambat turun, mau tidak mau Anda harus memanggil jasa tukang sedot WC. Dengan bantuan mereka, septic tank di rumah Anda bisa disedot dan kembali kosong. Masalah kloset mampet pun teratasi. 

Tidak lengkap rasanya memiliki rumah dengan kualitas kloset terbaik. Beruntung, sekarang Anda sudah bisa mendapatkan kloset Toto CW637J bersama Klopmart yang menjadi pusat penjualan bahan material untuk berbagai pembangunan. Kunjungi Klopmart untuk mendapatkan informasi air kloset lambat turun lebih lanjut. 

Baca juga: Cara Mengatasi WC Mampet dengan Toilet Plunger

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya