Saniter

15 Cara Menghilangkan Rayap dengan Menggunakan Bahan Alami

Media
11 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Jangan anggap remeh serangan rayap di dalam rumah. Serangan rayap yang dibiarkan terus menerus bisa berujung pada kerusakan furnitur rumah yang terbuat dari kayu dan pakaian di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui cara mengusir rayap di rumah.

Membasmi rayap di rumah juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di dalam rumah. Berikut adalah beberapa cara membasmi rayap kayu hingga tuntas secara alami yang dapat Anda coba di rumah Anda.

Cara Membasmi Rayap Secara alami

1. Daun Salam dan Daun Kemangi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda dapat membasmi rayap dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di rumah, salah satunya daun salam dan kemanggi. Bahan makanan satu ini dikenal memiliki bau wangi yang dapat meningkatkan selera makan. Tetapi, bagi rayap, bau bahan makanan ini dapat membuat mereka menjauh; bahan makanan ini adalah pembasmi rayap alami

Cara mengusir rayap dengan kedua bahan ini juga sangat mudah. Anda tinggal meletakkan keduanya di dekat atau di dalam perabotan kayu yang ingin Anda lindungi. Bau yang ditimbulkan oleh kedua bahan ini akan membuat rayap kayu menjauh dari perabotan Anda. Bahan ini juga aman ketika diletakan pada lemari pakaian, karena tidak membuat pakaian menjadi bau. 

2. Air Cucian Beras

Jika sebelumnya Anda selalu membuang air bekas cucian beras, maka sebaiknya Anda berpikir kembali. Air cucian bekas beras juga termasuk pembasmi rayap yang sangat ampuh.

Untuk menggunakannya, masukkan air cucian beras secukupnya ke sebuah botol semprot. Lalu, semprotkan air cucian pada sarang rayap. Pastikan untuk menyemprot sarang rayap setiap hari untuk memastikan koloni rayap menghilang. Karena dapat disemprot, cara ini sangat efektif jika Anda berencana unttuk meembasmi rayap di tembok rumah.

3. Kapur Barus

Sudah tidak asing lagi kalau Anda dapat membasmi rayap dengan kapur barus. Bahan alami satu ini memiliki kandungan yang disebut naftalena yang sangat efektif untuk membasmi rayap. Selain dapat mengusir rayap, kapur barus juga terbukti sangat ampuh untuk mengusur kutu dan jamur. Ada dua cara untuk menggunakan kapur barus ini, pertama adalah dengan meletakkannya langsung pada bagian yang terdapat rayap.

Sementara, cara yang kedua adalah dengan menghancurkannya menjadi serbuk dan dicampur dengan air. Nantinya, air kapur barus ini dapat Anda semprotkan secara merata pada bagian yang terdapat rayap maupun di sarang rayap secara langsung setiap hari.

4. Lidah Buaya

Mungkin selama ini Anda mengira jika lidah buaya memiliki khasiat yang ampuh untuk menjaga kesehatan rambut. Namun ternyata, di sisi lain lidah buaya juga efektif dalam menghilangkan rayap yang mengganggu di rumah.

Caranya sangat mudah, pertama Anda harus memilih lidah buaya yang baik. Kemudian, bersihkan dan diblender sampai halus. Lidah buaya yang telah menjadi jus tadi masukkan ke dalam botol. Letakkan ke sarang dengan cara menyemprotkannya sampai merata.

5. Garam

Sebenarnya ada cara menghilangkan rayap dengan bahan yang ada di dapur. Salah satunya adalah menggunakan garam. Garam yang dapat digunakan adalah garam halus maupun garam kasar. Anda bisa menambahkan garam tersebut dengan air secukupnya.

Masukkan dalam botol, lalu semprotkan pada sarang rayap. Cara lainnya adalah dengan memasukkan kapas ke air garam, tempatkanlah kapas tersebut ke bagian yang dilalui rayap.

6. Larutan Cuka

Larutan cuka pun bisa Anda pilih dalam membasmi rayap yang ada di sekitar rumah. Di sini ada dua jenis cuka yang dapat digunakan, yakni cuka biasa maupun larutan cuka putih. Anda bisa menggunakan larutan cuka ini dalam membasmi rayap dengan cara yang paling sederhana. Cukup meluruhkan larutan secukupnya pada bagian maupun sarang rayap secara langsung. Lakukanlah terus-menerus kurang lebih selama satu minggu dan lihat hasilnya.

Baca juga: Cat Kayu Anti Rayap beserta Panduan Lengkap Menggunakannya

7. Minyak Jeruk

Cara menghilangkan rayap di rumah yang terakhir adalah menggunakan minyak jeruk. Minyak jeruk ini dalam sebuah uji coba laboratorium disebutkan bahwa memiliki kandungan bahan aktif d-limonene. Bahan tersebut terbukti ampuh digunakan sebagai racun serangga, termasuk rayap. Bahkan dapat efektif 68-98 persen dalam membasmi rayap. Anda cukup membuat lubang di sarang rayap. Kemudian, masukkanlah minyak jeruk tersebut dan diamkanlah selama beberapa saat.

8. Air Sabun

Serupa dengan air cucian beras, air sabun juga dapat digunakan untuk membasmi rayap. Cukup campurkan sabun dengan air di dalam sebuah botol semprot. Setelah itu, semprotkan air sabun pada bagian yang sering dihinggapi rayap atau pada koloni atau sarang rayap.

9. Asam Borat (BARU)

Tak hanya dengan memperluas ventilasi, Anda juga dapat menggunakan asam borat sebagai alternatif untuk membasmi rayap. Asam borat sendiri adalah bahan kimia yang digunakan untuk memusnahkan rayap. Penggunaannya sangatlah mudah, cukup semprotkan atau oleskan cairan tersebut pada berbagai perabotan di rumah yang ingin dibasmi rayap. Penyemprotan asam borat secara berulang akan menakutkan rayap untuk memakan kusen kayu ataupun furnitur di rumah Anda.

10. Tembakau (BARU)

Ternyata tembakau dapat dimanfaatkan sebagai obat anti rayap, siapa yang menyangka? Selain berguna untuk membunuh tungau yang biasanya menyerang anak kecil yang bermain di rumput, tembakau juga efektif untuk membasmi rayap. Agar lebih efektif, Moms dapat mencampurkan tembakau dengan air dan diamkan semalam sehingga sari tembakau dapat keluar sepenuhnya. Kemudian, Moms dapat menyemprotkan campuran air tersebut pada kayu yang diserang atau langsung ke sarang rayapnya.

11. Cacing Parasit atau Nematoda (BARU)

Nematoda adalah cacing tersegmentasi mikroskopis yang bisa membunuh rayap dengan cara meracuni darahnya. Meski terdengar menjijikkan, nematoda bisa ditemukan secara online atau di toko obat hama. Untuk menggunakannya, Moms bisa mencampur nematoda dengan tanah pot dan air dingin, lalu mengoleskan campuran tersebut ke area yang dihinggapi rayap untuk membasminya.

12. Minyak Nimba (BARU)

Minyak nimba adalah obat anti rayap yang efektif, meskipun aromanya agak aneh. Minyak ini mirip dengan minyak jeruk dan bahkan lebih efektif dalam membunuh rayap. Saat digunakan, obat ini mencegah rayap untuk meranggas, sehingga mereka tidak akan makan dan bertelur dan akhirnya mati. Minyak nimba dapat dibeli di toko online dan offline, dan cara menggunakannya cukup mudah dengan meneteskan minyak pada bola kapas, kemudian mengoleskannya ke area yang terinfeksi hama. Aplikasikan secara teratur hingga hama mati pada setiap furnitur yang dimakan oleh rayap.

13. Boraks (BARU)

Boraks adalah obat pembasmi rayap yang ampuh dan efektif, bahkan digunakan oleh ahli profesional. Obat ini bekerja dengan mengganggu sistem saraf hama dan membuatnya mati secara perlahan. Pemberian boraks perlu dilakukan setiap 2-3 hari untuk memastikan kematian hama. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan boraks pada area yang terinfeksi hama. Beberapa orang membuat semprotan dengan mencampurkan air dan 1 sdt boraks dalam botol semprot, lalu disemprotkan pada furnitur yang terinfeksi hama. Namun, perlu berhati-hati jika ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah.

14. Minyak Tanah (BARU)

Untuk mengusir hama yang ada di rumah, gunakanlah minyak tanah. Caranya, semprotkan minyak tanah pada kayu yang telah diserang rayap atau pada sarang-sarang hama.

15. Membuat Jebakan Dari Kardus (BARU)

Terakhir, cara membasmi rayap yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jebakan menggunakan kardus yang basah atau kondisi lembap untuk menarik perhatian rayap dan memindahkannya dari area yang terinfeksi ke dalam kardus tersebut. Setelah rayap berkumpul di dalam kardus, kamu bisa membasminya secara masal dan membuangnya ke tempat sampah yang jauh dari rumah. Metode ini bisa dilakukan berulang kali sampai semua rayap di rumah terbasmi.

Baca juga: 5 Cat Kayu Anti Rayap beserta Panduan Lengkapnya

Cara Mencegah Rayap Kembali di Rumah

Setelah Anda berhasil membasmi rayap, Anda tentunya tidak ingin rayap-rayap tersebut kembali ke rumah dan merusak perabot kayu Anda, kan? Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah rayap kembali dan bahkan muncul di rumah.

1. Turunkan Suhu Ruangan

Rayap sangat menyukai suhu yang lembab. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menurunkan suhu ruangan yang sering diserang oleh rayap. Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan AC, Anda bisa memastikan kalau rumah atau ruangan Anda memiliki saluran ventilasi yang baik.

2. Membersihkan Kayu Kering

Rayap sangat suka material atau furnitur berbahan kayu. Salah satu cara rayap muncul di rumah adalah melalui kayu-kayu kering yang mungkin saja ada di sekitar rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan jika tumpukan atau kumpulan kayu di rumah Anda bersih atau buang saja seluruhnya jika memugkinkan.

3. Perhatikan Genangan Air

Selain kayu, rayap dapat berkembang biak dengan cepat pada genangan air. Jikalau Anda merasa serangan rayap semakin ganas, khususnya pada musim penghujan, maka ada baiknya Anda memperhatikan genangan air di sekitar rumah Anda.

Jika terdapat genangan, segera kuras atau tutup dengan tanah. Jika memungkinkan, gunakan air kapur sirih yang sangat efektif untuk membasmi rayap tanah.

4. Menjemur Perabotan Furnitur Kayu (BARU)

Untuk mencdgah datangnya rayap yang menyukai material kayu, perlu menjaga agar material tersebut tidak lembap. Perabotan kayu harus dijemur secara teratur di bawah sinar matahari dan cukup lama untuk menghindari kelembapan. Langkah ini akan lebih efektif untuk rayap kayu. Pernis harus digunakan secara rutin pada peralatan kayu untuk mencegah kelembapan. tindakan pencegahan lainnya bisa juga dengan cara  menghindari menyentuh dinding dengan perabotan kayu dan berikan jarak antara perabotan dan dinding untuk menghindari rayap yang masuk melalui celah dinding.

5. Menutup Retakan Pada Setiap Sisi Rumah (BARU)

Penting untuk memeriksa kondisi rumah secara berkala agar dapat menemukan retakan atau celah yang dapat menjadi jalan masuk bagi rayap. Retakan ini bisa ditutup dengan semen putih atau bantuan tukang bangunan, sehingga rumahmu aman dari serangan rayap.

Baca Juga: Cara Jitu Mengusir Rayap di Rumah Anda

Cukup mudah bukan cara menghilangkan rayap dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut? Selain mudah didapat, bahan-bahan tersebut sangatlah terjangkau. Jadi, tidak terlalu menguras kantong Anda tentunya dan pastinya harus dilakukan secara rutin. Selamat mencoba!

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya