Besi Bangunan

15 Cara Menghilangkan Karat pada Besi tanpa Ribet

Media
02 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

15 Cara Menghilangkan Karat pada Besi tanpa Ribet

Benda berkarat tentu menjadi masalah tersendiri. Selain membuat besi atau benda cepat rusak, di sisi lain korosi atau karat yang menempel juga bisa berbahaya. Sebab, jika terkena kulit dan luka dikhawatirkan menyebabkan tetanus. Untungnya, Anda dapat membersihkan karat dengan mudah. Anda dapat mencoba cara menghilangkan karat dengan sunlight dan cara lainnya di artikel ini.

Penyebab Karat pada Besi

Sebelum mengetahui cara untuk menghilanhkan karat pada besi, pertama kita harus tahu penyebab terjadinya karat tersebut, berikut penyebabnya. 

1. Zat Pengotor

Penyebab munculnya karat pada besi salah satunya adalah zat pengotor. Zat pengotor dapat menyebabkan reduksi tambahan. Hal ini menjadikan logam teroksidasi dan semakin bertambah. Seperti tumpukan debu karbon pada sisa pembakaran pada BBM (Bahan Bakar Minyak). Reaksi reduksi akan menjadikan besi semakin cepat berkarat. 

2. Kelembapan Udara

Berikutnya, terjadinya korosi atau karat pada besi itu disebabkan oleh kelembaban udara. Perlu diketahui, temperatur udara yang meningkat bisa mempercepat besi mengalami korosi. Suhu atau temperatur udara yang meninkat mengakibatkan partikel pada energi kinetik semakin membesar. Hal ini pada akhirnya berdampak pada proses besi berkarat menjadi meningkat. 

3. Elektrolit

Penyebab selanjutnya adalah elektrolit. Elektrolit atau disebut sebagai asam atau garam adalah salah satu yang baik dalam mentransfer muatan, sehingga menjadi lebih mudah untuk berkarat.  

15 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Mudah

Berikut beberapa rekomendasi cara yang bisa Anda terapkan dengan mudah. 

1. Pakai Cuka Biasa

Cara menghilangkan karat yang pertama, bisa Anda lakukan menggunakan bahan yang mudah didapat adalah memakai cuka biasa. Tuangkanlah cuka secukupnya pada bagian benda dan besi yang berkarat dan diamkanlah selama 24 jam. Setelah didiamkan, mulailah dengan menggosok bagian karat dengan menggunakan sikat maupun spons. Jika masih terdapa titik karat yang tersisa, lakukan cara ini dengan lebih lama, karena semakin lama maka semua karat akan terangkat dari besi atau logam tersebut. Agar hasil lebih maksimal, sebaiknya gunakan penggosok baja atau sikat kawat.

Selain cuka biasa, cuka lainnya yang bisa digunakan adalah jenis cuka putih dan walaupun cara kerja cuka biasa dalam menghilangkan karat tidak secepat cuka putih, namun cuka biasa lebih mudah ditemukan di pasaran.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong dan Nampak Seperti Baru

2. Gosok Menggunakan Ampelas

Menggosok dengan ampelas menjadi cara yang paling sering dilakukan dalam menghilangkan karat pada besi. Sebenarnya, benda satu ini digunakan untuk finishing pada permukaan benda agar makin halus dan rata. Namun, tak jarang banyak yang menggunakannya sebagai penghilang karat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan karat dengan menggunakan ampelas? Pertama, Anda bisa membeli ampelas dengan nomor tertentu. Selanjutnya, gosoklah benda yang berkarat tadi dengan ampelas. Namun, pada saat mengampelas sebaiknya janganlah terlalu menekannya terlalu keras agar tidak merusak besi.

3. Sabun Cuci Piring dan Kentang Bisa Anda Coba

Bila selama ini Anda menganggap sabun cuci piring, seperti sunlight, hanya bisa digunakan untuk membersihkan noda pada piring dan gelas, tentu itu wajar. Namun, sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat.

Cara menghilangkan noda karat ini dapat Anda lakukan dengan mengkombinasikannya bersama kentang. Kentang dan sabun merupakan kombinasi yang ideal hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang mampu melarutkan karat.

Caranya, potonglah kentang jadi beberapa bagian lalu blender dan tumbuk sampai halus. Campurkan kentang yang sudah halus tadi ke sabun pencuci piring. Aduklah sampai merata kemudian oleskan pada benda atau besi yang berkarat tadi. Setelah selesai, gosoklah menggunakan bahan spons maupun aluminium foil. Lap dengan kain kering agar logam tersebut kering.

Baca juga: Betulkah Baja Ringan Tahan Karat?

4. Paduan Lemon dan Garam

Jika sebelumnya Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dan kentang, maka kombinasi berikutnya yang bisa dicoba adalah kombinasi air lemon dan garam. Kedua bahan alami ini juga tidak kalah ampuhnya dalam menghilangkan karat pada besi atau benda logam lainnya. Begitu pula cara menggunakannya sangat mudah.

Pertama adalah, Anda perlu menaburkan garam pada bagian besi yang berkarat hingga terlapisi dengan sempurna. Berikutnya adalah berilah air perasan jeruk lemon pada bagian atasnya secukupnya. Diamkanlah kurang lebih selama 2 hingga 3 jam, setelah itu gosoklah dengan menggunakan kulit lemon tadi.

5. Asam Sitrat

Larutan asam juga terbukti ampuh dalam menghilangkan karat. Salah satu yang bisa Anda coba adalah asam sitrat. Asam sitrat merupakan bahan yang kerap digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Mendapatkannya pun mudah, Anda bisa membeli asam sitrat di toko makanan maupun toko kue atau di supermarket.

Langkah menggunakannya adalah dengan mencampurkan asam sitrat dengan air hangat. Setelah keduanya tercampur dalam sebuah wadah berukuran sedang, maka Anda bisa merendam logam atau benda yang berkarat kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Saat karat mulai melunak dan mengelupas, sikatlah permukaan dengan sikat maupun sabun. Lakukanlah selama berulang kali hingga karat benar-benar hilang.

Baca juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi yang Efektif

6. Gunakan Soda Kue atau Baking Soda

Sudah tidak diragukan lagi bila baking soda, atau soda kue, digunakan sebagai cara menghilangkan karat secara ampuh. Khususnya untuk karat ringan maupun karat pada bahan yang berasal dari bahan logam yang tipis.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menuangkan baking soda bersama dengan air dalam sebuah wadah sampai berbentuk pasta kental. Setelah itu, oleskanlah baking soda tadi ke bagian benda atau besi yang berkarat.

Anda juga harus memastikan jika bintik berkarat sudah tertutup dengan baik. Diamkan sampai baking soda benar-benar menempel kurang lebih satu jam. Kemudian, gosoklah benda berkarat tadi menggunakan sikat kawat dan lanjutkan dengan membilas pasta tadi dengan air dan keringkan sampai bersih.

Mudah bukan membersihkan karat membandel menggunakan baking soda?

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya menyegarkan bagi siapa saja, terutama saat cuaca panas. Namun, tahukah Anda jika minuman bersoda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi? Selain itu, cara menghilangkan karat menggunakan minuman bersoda tergolong sangat mudah.

Anda cukup menuangkan minuman bersoda tersebut secukupnya ke dalam sebuah wadah. Setelah minuman bersoda tadi dituangkan, maka rendamlah benda atau besi yang berkarat tadi di wadah yang berisi minuman bersoda. Diamkanlah selama beberapa saat sampai karat benar-benar hilang dan bersih. Lanjutkanlah dengan membersihkan besi maupun benda yang karatnya sudah hilang tadi menggunakan lap basah dan lanjutkan dengan lap kering.

Baca juga: Cara mencegah besi berkarat

8. Solar

Solar

Ya, Anda tidak salah baca, solar yang umum digunakan sebagai bahan bakar ternyata bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi lho.

Bagaimana caranya?

Untuk cara menghilangkan karat pada besi menggunakan solar caranya sangat mudah. Anda hanya perlu merendam benda berkarat ke dalam sebuah wadah yang telah diisi dengan solar. Lalu, diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Apabila dirasa sudah cukup, angkatlah benda tersebut dari rendaman solar. Maka karat akan hilang dengan sendirinya.

9. Oli Bekas

Apabila Anda memiliki sisa oli bekas di rumah, maka dapat Anda manfaatkan juga sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi.

Anda dapat menggosokkan oli bekas ke bagian besi atau logam yang berkarat dan gosok permukaan benda berkarat dengan sikat sampai bersih. Apabila karat cukup tebal, diamkan terlebih dahulu beberapa saat sebelum digosok agar karat bisa lebih mudah dibersihkan.

Namun, perlu diperhatikan agar tidak membersihkan karat membandel pada mesin kendaraan Anda karena dapat membuat komponen paking atau sil karet di sekitar mesin cepat getas dan robek.

Baca juga: Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah

10. Campuran Pasta Gigi dan Bubuk Pengembang

Bahan rumahan terakhir yang dapat anda gunakan untuk membersihkan karat adalah pasta gigi dan baking powder, atau bubuk pengembang. Untuk menggunakan metode menghilangkan karat pada besi ini, Anda tinggal mencampurkan pasta gigi dan bubuk pengembang dengan jumlah yang sama. Setelah itu, aduk campuran tersebut hingga menjadi sebuah pasta yang dapat menghilangkan karat pada benda.

Persiapkan sikat gigi bekas untuk mulai membersihkan karat yang menempel. Oleskan campuran pasta gigi tersebut di bagian karat pada besi. Pastikan untuk mengoleskan pasta campuran dengan rata agar karat pada besi hilang sepenuhnya. Lalu, biarkan campuran bekerja pada benda yang berkarat selama beberapa jam. Setelah itu, bilas atau cuci peralatan Anda untuk menghilangkan sisa-sisa karat yang masih tertinggal.

11. Pembersih Keramik

Pembersih keramik bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karat yang efektif. Cara menggunakan pembersih keramiknya mudah, tinggal oleskan oembersih keramik pada beberapa titik besi motor yang terkena karat. 

Cara untuk menghilangkan karat pada besinya adalah dengan mendiamkan beberapa saat lalu menggosok dengan sikat agar karat bisa terangkat. Akan tetapi, tidak dianjurkan menggunakan pembersih keramik ini pada area blok mesin. Hal ini dikarenakan pembersih keramik dapat menyebabkan blok mesin bekerja kurang baik saat dinyalakan. 

12. Stempet atau Gemuk

Stempet atau gemuk adalah bahan cair yang bertekstur kental seperti gel. Stempet atau gemuk umumnya dimanfaatkan untuk pelumas suku cadang pada motor.

Hampir mirip dengan oli bekas, stempet atau gemuk telah terbukti efektif sebagai cara untuk emnghilangkan karat pada besi motor. Akan tetapi, cara ini belum sepenuhnya terbukti dapat digunakan pada bahan lain. Stempet atau gemuk efektif dalam menghilangkan karat pada bagian motor yang tidak bisa dicat ulang. 

13. Fiber Wheel

Bahan ini merupakan bahan otomatis yang dapat melunturkan noda serta bercak yang ada pada besi ataupun metal. Fiber wheel memiliki bentuk seperti roda dan perlu listrik untuk mengaktifkan. Hal ini menyebabkan tidak semua orang dapat menggunakannya. Oleh karena itu perlu menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan kacamata saat menggunakannya. 

14. Rust Remover

Rust remover merupakan cairan yang dikhususkan unutk menghilangkan karat pada besi. Akan tetapi, bahan ini dasarnya memang tidak murah. Dengan menggunakan rust remover, kamu hanya perlu meredamkan bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam tergantung pada kondisi karatnya. Selanjutnya, gunakan sikat kawat untuk memastikan karat dapat terangkat, sehingga besi bersih sepenuhnya. 

15. Sabun

Beriktunya adalah menggunakan sabun. Umunya, cara menghilangkan karat pada besi atau logam polos biasanya cukup dengan sabun cuci piring. Selain sabun cuci piring, karat yang terdapat pada logam polos juga dapat terangkat apabila mendapatkan tambahan asam oksalat pada kentang. 

Cara menghilangkannya sangat aman dan tidak beracun, Sabun dan kentang sering digunakan untuk menghilangkan krat yang berada pada loyang, pisau dan peralatan rumah tangga lainnya. 

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengiris kentang menjadi dua. Berikutnya, menutup bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring. Lalu, gosok bagian peralatan yang berkarat dengan kentang hingga hilang dan tidak ada sisa. Setelah karat tersebut hilang, bilas lalu keringkan seperti mencuci peralatan rumah tangga pada umumnya. 

Kesimpulan

Itulah dia cara menghilangkan karat pada besi dengan sunlight dan bahan rumahan lainnya. Karat dapat merusak daya tahan peralatan di rumah Anda. Sebaiknya, Anda memeriksa peralatan di rumah Anda secara berkala untuk mencegah karat tumbuh dengan cepat. Jika sudah terlanjur muncul, Anda tinggal menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan di atas untuk segera menghilangkan karat dengan mudah. karatan, 

Di Klopmart, kami menyediakan berbagai macam besi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu jenis besi yang sering dibeli oleh pelanggan kami selain besi beton adalah besi siku galvanis.

Jadi, silakan hubungi Klopmart sekarang juga apabila Anda membutuhkan besi siku galvanis berkualitas dan semoga informasi mengenai cara menghilangkan karat pada besi di atas dapat bermanfaat.


Sumber Rujukan:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menghilangkan-karat-pada-besi/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya