10 Cara Menghilangkan Karat pada Besi tanpa Ribet

Benda berkarat tentu menjadi masalah tersendiri. Selain membuat besi atau benda cepat rusak, di sisi lain korosi atau karat yang menempel juga bisa berbahaya. Sebab, jika terkena kulit dan luka dikhawatirkan menyebabkan tetanus. Untungnya, Anda dapat membersihkan karat dengan mudah. Anda dapat mencoba cara menghilangkan karat dengan sunlight dan cara lainnya di artikel ini.

10 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Paling Mudah

Berikut beberapa rekomendasi cara yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

1. Pakai Cuka Biasa

Cara menghilangkan karat yang pertama bisa Anda lakukan menggunakan bahan yang mudah didapat adalah memakai cuka biasa. Tuangkanlah cuka secukupnya pada bagian benda dan besi yang berkarat dan diamkanlah selama 24 jam.Setelah didiamkan, mulailah dengan menggosok bagian karat dengan menggunakan sikat maupun spons. Sebaiknya, gunakan penggosok dengan bahan alumunium foil.

Selain cuka biasa, cuka lainnya yang bisa digunakan adalah jenis cuka putih dan walaupun cara kerja cuka biasa dalam menghilangkan karat tidak secepat cuka putih, namun cuka biasa lebih mudah ditemukan di pasaran.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Gosong dan Nampak Seperti Baru

2. Gosok Menggunakan Ampelas

Menggosok dengan ampelas menjadi cara yang paling sering dilakukan dalam menghilangkan karat. Sebenarnya, benda satu ini digunakan untuk finishing pada permukaan benda agar makin halus dan rata. Namun, tak jarang banyak yang menggunakannya sebagai penghilang karat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan karat dengan menggunakan ampelas? Pertama, Anda bisa membeli ampelas dengan nomor tertentu. Selanjutnya, gosoklah benda yang berkarat tadi dengan ampelas. Namun, pada saat mengampelas sebaiknya janganlah terlalu menekannya terlalu keras agar tidak merusak besi.

3. Sabun Cuci Piring dan Kentang Bisa Anda Coba

Bila selama ini Anda menganggap sabun cuci piring, seperti sunlight, hanya bisa digunakan untuk membersihkan noda pada piring dan gelas, tentu itu wajar. Namun, sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat.

Cara menghilangkan noda karat ini dapat Anda lakukan dengan mengkombinasikannya bersama kentang. Ini merupakan kombinasi yang ideal hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang mampu melarutkan karat.

Caranya, potonglah kentang jadi beberapa bagian lalu blender dan tumbuk sampai halus. Campurkan kentang yang sudah halus tadi ke sabun pencuci piring. Aduklah sampai merata kemudian oleskan pada benda atau besi yang berkarat tadi. Setelah selesai, gosoklah menggunakan bahan spons maupun aluminium foil. Lap dengan kain kering agar logam tersebut kering.

Baca juga: Betulkah Baja Ringan Tahan Karat?

4. Paduan Lemon dan Garam

Jika sebelumnya Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dan kentang, maka kombinasi berikutnya yang bisa dicoba adalah kombinasi air lemon dan garam. Kedua bahan alami ini juga tidak kalah ampuhnya dalam menghilangkan karat pada besi atau benda logam lainnya. Begitu pula cara menggunakannya sangat mudah.

Pertama adalah, Anda perlu menaburkan garam pada bagian besi yang berkarat hingga terlapisi dengan sempurna. Berikutnya adalah berilah air perasan jeruk lemon pada bagian atasnya secukupnya. Diamkanlah kurang lebih selama 2 hingga 3 jam, setelah itu gosoklah dengan menggunakan kulit lemon tadi.

5. Asam Sitrat

Larutan asam juga terbukti ampuh dalam menghilangkan karat. Salah satu yang bisa Anda coba adalah asam sitrat. Asam sitrat merupakan bahan yang kerap digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Mendapatkannya pun mudah, Anda bisa membeli asam sitrat di toko makanan maupun toko kue atau di supermarket.

Langkah menggunakannya adalah dengan mencampurkan asam sitrat dengan air hangat. Setelah keduanya tercampur dalam sebuah wadah berukuran sedang, maka Anda bisa merendam logam atau benda yang berkarat kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Saat karat mulai melunak dan mengelupas, sikatlah permukaan dengan sikat maupun sabun. Lakukanlah selama berulang kali hingga karat benar-benar hilang.

Baca juga: Cara Mencegah Korosi Pada Besi yang Efektif

6. Gunakan Soda Kue

Sudah tidak diragukan lagi bila baking soda, atau soda kue, digunakan sebagai cara menghilangkan karat secara ampuh. Khususnya untuk karat ringan maupun karat pada bahan yang berasal dari bahan logam yang tipis.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menuangkan baking soda bersama dengan air dalam sebuah wadah sampai berbentuk pasta kental. Setelah itu, oleskanlah baking soda tadi ke bagian benda atau besi yang berkarat.

Anda juga harus memastikan jika bintik berkarat sudah tertutup dengan baik. Diamkan sampai baking soda benar-benar menempel kurang lebih satu jam. Kemudian, gosoklah benda berkarat tadi menggunakan sikat kawat dan lanjutkan dengan membilas pasta tadi dengan air dan keringkan sampai bersih.

Mudah bukan membersihkan karat membandel menggunakan baking soda?

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya menyegarkan bagi siapa saja, terutama saat cuaca panas. Namun, tahukah Anda jika minuman bersoda juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada besi? Selain itu, cara menghilangkan karat menggunakan minuman bersoda tergolong sangat mudah.

Anda cukup menuangkan minuman bersoda tersebut secukupnya ke dalam sebuah wadah. Setelah minuman bersoda tadi dituangkan, maka rendamlah benda atau besi yang berkarat tadi di wadah yang berisi minuman bersoda. Diamkanlah selama beberapa saat sampai karat benar-benar hilang dan bersih. Lanjutkanlah dengan membersihkan besi maupun benda yang karatnya sudah hilang tadi menggunakan lap basah dan lanjutkan dengan lap kering.

Baca juga: Cara mencegah besi berkarat

8. Solar

Ya, Anda tidak salah baca, solar yang umum digunakan sebagai bahan bakar ternyata bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi lho.

Bagaimana caranya?

Untuk cara menghilangkan karat pada besi menggunakan solar caranya sangat mudah. Anda hanya perlu merendam benda berkarat ke dalam sebuah wadah yang telah diisi dengan solar. Lalu, diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Apabila dirasa sudah cukup, angkatlah benda tersebut dari rendaman solar. Maka karat akan hilang dengan sendirinya.

9. Oli Bekas

Apabila Anda memiliki sisa oli bekas di rumah, maka dapat Anda manfaatkan juga sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi.

Anda dapat menggosokkan oli bekas ke bagian besi atau logam yang berkarat dan gosok permukaan benda berkarat dengan sikat sampai bersih. Apabila karat cukup tebal, diamkan terlebih dahulu beberapa saat sebelum digosok agar karat bisa lebih mudah dibersihkan.

Namun, perlu diperhatikan agar tidak membersihkan karat membandel pada mesin kendaraan Anda karena dapat membuat komponen paking atau sil karet di sekitar mesin cepat getas dan robek.

Baca juga: Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah

10. Campuran Pasta Gigi dan Bubuk Pengembang

Bahan rumahan terakhir yang dapat anda gunakan untuk membersihkan karat adalah pasta gigi dan baking powder, atau bubuk pengembang. Untuk menggunakan metode menghilangkan karat pada besi ini, Anda tinggal mencampurkan pasta gigi dan bubuk pengembang dengan jumlah yang sama. Setelah itu, aduk campuran tersebut hingga menjadi sebuah pasta yang dapat menghilangkan karat pada benda.

Persiapkan sikat gigi bekas untuk mulai membersihkan karat yang menempel. Oleskan campuran pasta gigi tersebut di bagian karat pada besi. Pastikan untuk mengoleskan pasta campuran dengan rata agar karat pada besi hilang sepenuhnya. Lalu, biarkan campuran bekerja pada benda yang berkarat selama beberapa jam. Setelah itu, bilas atau cuci peralatan Anda untuk menghilangkan sisa-sisa karat yang masih tertinggal.

Itulah dia cara menghilangkan karat pada besi dengan sunlight dan bahan rumahan lainnya. Karat dapat merusak daya tahan peralatan di rumah Anda. Sebaiknya, Anda memeriksa peralatan di rumah Anda secara berkala untuk mencegah karat tumbuh dengan cepat. Jika sudah terlanjur muncul, Anda tinggal menggunakan cara-cara yang telah dijelaskan di atas untuk segera menghilangkan karat dengan mudah.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Feb 2020

Related Article