6 Langkah atau Cara Menempelkan Wallpaper Dinding Dengan Benar

Cara menempelkan wallpaper dinding sebenarnya tidak terlalu sulit. Pekerjaan yang satu ini akan bisa Anda lakukan dengan mudah, asal tahu langkah-langkahnya. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang berikut ini Anda akan bisa mendekor rumah dengan pilihan wallpaper yang diinginkan. Rumah milik Anda akan terlihat bagus sesuai selera Anda dan nyaman untuk dipandang. Yuk, perhatikan cara atau langkah-langkah berikuti ini.

Inilah Cara Menempelkan Wallpaper Dinding Dengan Benar

Sebelum kita masuk pada cara memasang wallpaper, Anda harus memastikan bahwa alat dan bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Berikut ini adalah alat dan bahan yang akan Anda butuhkan.

  • Wallpaper pilihan Anda
  • Lem wallpaper
  • Kuas aplikasi wallpaper
  • Kain perca
  • Plumb bob
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Meteran
  • Pensil


Untuk lem wallpaper, kami merekomendasikan untuk menggunakan lem Fox kuning. Lem yang satu ini cocok untuk digunakan sebagai perekat wallpaper karena bisa tahan panas, serta diformulasikan agar bisa menempel lebih dalam. Lem ini juga bisa tahan lama karena akan lebih mudah meresap ke pori-pori dinding, cepat untuk merekat dan kering. Anda juga bisa menemukan alat dan bahan lainnya disini.

Selanjutnya lakukan beberapa persiapan, ukur dinding yang akan ditutup dengan wallpaper, sekaligus menghitung berapa banyak wallpaper yang akan Anda gunakan. Kini mari kita masuk dalam cara memasang wallpaper di dinding rumah Anda.
 

1. Pastikan Dinding Bebas Dari Paku dan Noda

Sebelum memasang wallpaper, Anda harus bisa memastikan tidak ada paku atau noda yang mengganggu nantinya. Kertas wallpaper akan sangat sulit untuk menempel pada dinding yang kotor dan basah. Jika ada sudut dinding yang terasa lembab dan sulit untuk dibersihkan, kupas lapisan catnya, lalu tambal dengan dempul tembok. Begitu juga untuk bolongan yang disisakan oleh paku yang dicabut.
 

2. Sesuaikan Ukuran Dinding dengan Wallpaper

Jika Anda sebelumnya sudah mengukur dinding, maka Anda akan bisa menandai panjang dan lebar dinding pada wallpaper. Tandai sedikit dengan pensil, lebihkan sekitar 15 hingga 20 cm untuk menjaga-jaga jika wallpaper sobek ketika proses pemasangan berlangsung. Potong sesuai ukuran tersebut.
 

3. Gambar Garis Panduan di Dinding

Menggunakan plumb bob, gambar garis lurus dari atas dinding sampai bawah yang akan membantumu ketika menyeimbangkan wallpaper saat sedang memasang.
 

4. Mulai Oleskan Lem Wallpaper

Oleskan lem pada wallpaper menggunakan kuas khusus dan jangan gunakan kuas untuk mengecat dinding, ruas dari bulu kuas untuk mengecat dinding lebih lebar dan mudah rontok sehingga akan menimbulkan tekstur yang tidak diinginkan pada tembok.

Cukup oleskan lem satu kali saja. Jika terlalu banyak lem, hal ini bisa membuat wallpaper menjadi lembab dan keriput.
 

5. Tempelkan Wallpaper

Tempelkan wallpaper secara perlahan. Perhatikan jika ujung dinding sudah tertutup dan ujung kertas wallpaper Anda tidak melewati batas garis awal yang sudah digambar. Oleskan sedikit lem pada setiap ujung dan sudut wallpaper agar bisa lebih rekat. Cocokan pola dari wallpaper Anda dan potong sisa wallpaper yang berlebih. Hati-hati dengan sudut dan colokan listrik.

6. Ratakan Wallpaper

Gunakan kain perca atau baju bekas, ratakan wallpaper dengan gerakan seperti mengelap, mulai dari ujung wallpaper hingga ke ujung bawah agar bisa menghindari terbentuknya gelembung udara.
Dan lihat hasilnya, apakah sudah rapi, jika belum mungkin Anda bisa mengulangi proses ini. Tentunya jika bahan Anda masih banyak, tidak perlu khawatir. Semakin banyak latihan tentu hasil yang Anda dapatkan akan semakin rapi. Anda bisa mengunjungi Klopmart untuk mendapatkan berbagai alat dan bahan bangunan yang Anda butuhkan, termasuk lem Fox kuning. Semoga informasi cara menempelkan wallpaper dinding ini bisa membantu Anda, jangan lupa cek harga lem Fox kuning di Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
27 Mar 2021

Related Article