Tips & Trik

9 Cara Mengusir Kalajengking di Kamar Mandi dengan Ampuh

Media
08 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kalajengking adalah salah satu jenis hewan yang sering ditemukan di sekitar kita termasuk di dalam rumah. Selain tahan banting, kalajengking juga dikenal suka hidup di tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi. Jika dibiarkan, kalajengking akan menggigit dan mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Lantas, bagaimana cara mengusir kalajengking di kamar mandi?


Cara Mengusir Kalajengking di Kamar Mandi

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan hewan satu ini. Simak cara mengusirnya berikut ini!

1. Gunakan Lem Tikus Sebagai Perangkap

Kalajengking adalah hewan nokturnal yang banyak melakukan aktivitas di malam hari. Sebelum tidur, Anda dapat memasang perangkap dengan menggunakan lem tikus. Letakkan di sudut-sudut kamar mandi yang tidak tergenang air dan tunggu keesokan harinya.

2. Menggunakan Aneka Tanaman

Salah satu jenis tanaman yang bisa mengusir kalajengking adalah lavender. Aroma wangi bunga ini ternyata bisa membuat kalajengking enggan masuk ke dalam rumah. Selain bunga lavender, wangi citrus dari aneka jeruk-jerukan juga bisa mengusir hewan satu ini dari tempat tinggal Anda. Caranya cukup dengan menebarkan aroma lavender atau jeruk baik yang langsung dari bunganya atau dengan minyak aromaterapi. Ternyata aneka tanaman dan bahan alami dapat dijadikan juga sebagai cara mengusir cicak di rumah.

3. Bersihkan Tumpukan dari Kamar Mandi Anda

Tumpukan barang-barang di kamar mandi akan menciptakan area lembap yang sangat disukai oleh kalajengking. Supaya kalajengking tidak sampai membuat sarang di dalam kamar mandi, pastikan Anda membersihkan tumpukan barang-barang yang tidak terpakai. Jika ada tong air atau bak portabel di dalamnya, periksa dan bersihkan bagian bawahnya secara berkala.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Secara Alami

4. Menggunakan Semprotan Hama

Seperti jenis hewan lain, mengusir kalajengking juga bisa dilakukan dengan menggunakan penyemprot hama. Sebelum melakukan penyemprotan, pastikan dulu di mana titik-titik sarang kalajengking berada. Jangan lupa untuk menanyakan kepada penjual jenis racun hama apa yang bisa bekerja efisien mengusir kalajengking di kamar mandi rumah Anda.

Sebelum melakukan penyemprotan, lindungi diri Anda dengan sarung tangan dan masker. Lakukan penyemprotan di siang hari karena biasanya di waktu-waktu tersebut, kalajengking sedang berdiam di dalam sarang-sarang mereka.

5. Menggunakan Cairan Pemutih Pakaian

Kalau Anda khawatir penggunaan cairan pembasmi hama terlalu berbahaya, gunakan cairan pemutih pakaian sebagai gantinya. Caranya adalah dengan menuangkan beberapa sendok takar cairan pemutih pakaian ke dalam saluran pembuangan air. Ulangi setiap minggu untuk memastikan kalajengking ataupun ketonggeng tidak kembali lagi ke dalam kamar mandi.

6. Menanam Lavender

Cara satu ini sangat ampuh. Bahkan, Anda bisa mencegah kalajengking masuk ke rumah dari awal sehingga seluruh keluarga Anda dapat merasa aman.

Mengapa Lavender? Karena Lavender memiliki bau yang tidak disukai oleh kalajengking. Cara ini dapat Anda terapkan jika Anda telah mengusir kalajengking dan ingin mencegah kemunculan kalajengking di rumah ke depannya. Cukup tanam lavender di sebuah pot dan tempatkan pot tersebut di tempat kalajengking sebelumnya muncul atau masuk.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus yang Membandel

7. Menggunakan Hewan Pembasmi Kalajengking

Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, Anda dapat menggunakan mereka untuk mengusir kalajengking dari rumah dan kamar mandi.

Hewan-hewan tersebut umumnya memiliki naluri berburu dan akan mengejar hewan-hewan yang lebih kecil. Umumnya, anjing dan kucing tidak akan memakan kalajengking. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika hewan peliharaan Anda akan keracunan oleh kalajengking setelah mengusirnya.

8. Menggunakan Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang dapat mengusir kalajengking dari rumah dan kamar mandi dengan efektif. Cuka dapat menyebabkan sensor dalam tubuh kalajengking menjadi rusak dan bisa membuat dirinya menyerang diri sendiri.

Agar lebih efektif, Anda bisa menyiapkan sebuah botol semprotan yang berisikan cuka. Cukup semprotkan cuka ke arah tubuh kalajengking dan biarkan kalajengking kebingungan hingga Ia menyengat dirinya sendiri atau pergi mencari jalan keluar.

9. Tutup Celah dan Lubang-lubang di Kamar Mandi Anda

Setelah Anda berhasil mengusiri kalajengking, ada baiknya Anda sekarang berusahan untuk mencegah kalajengking masuk ke rumah.

Jika pintu kamar mandi rumah Anda sudah berlubang atau ada bagian dinding yang bolong, pertimbangkan untuk memperbaikinya segera. Pasalnya kalajengking dapat masuk ke dalam rumah melalui celah dan lubang-lubang yang terbuka. Untuk lubang yang tidak dapat ditutup permanen, Anda bisa menggunakan kawat kasa sebagai penghalang.

Saluran air yang bocor juga sebaiknya segera diperbaiki. Pipa, keran dan saluran lain yang meneteskan air konon bisa jadi jalan mudah bagi kalajengking untuk masuk ke rumah.

Itulah dia beberapa cara mengusir kalajengking yang dapat Anda coba. Ada banyak cara yang dapat Anda coba, mulai dari menggunakan bahan kimia, hingga menggunakan bantuan hewan peliharaan Anda. Jika cara mengusir kalajengking di atas berhasil untuk Anda, maka ada baiknya Anda mulai memikirkan cara agar kalajengking tidak masuk rumah lagi.


Butuh pipa baru untuk rumah Anda? Klopmart menyediakan beragam pilihan merek dengan harga bersaing. Klopmart juga menyediakan berbagai aksesoris untuk kamar mandi rumah Anda mulai dari keran, closet, shower, wastafel hingga bathtub. Temukan kebutuhan konstruksi lainnya hanya di Klopmart.

Baca juga: Apa itu ketonggeng?

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya