6 Cara Mengusir Kalajengking di Kamar Mandi dengan Aman

Kalajengking adalah salah satu jenis hewan yang sering ditemukan di sekitar kita termasuk di dalam rumah. Selain tahan banting, kalajengking juga dikenal suka hidup di tempat-tempat yang lembab seperti kamar mandi. Jika dibiarkan, kalajengking akan menggigit dan mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Lantas, bagaimana cara mengusir kalajengking di kamar mandi?
 

Cara Mengusir Kalajengking di Kamar Mandi

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan hewan satu ini. Simak cara mengusirnya berikut ini!
 

1. Gunakan Lem Tikus Sebagai Perangkap

Kalajengking adalah hewan nokturnal yang banyak melakukan aktivitas di malam hari. Sebelum tidur, Anda dapat memasang perangkap dengan menggunakan lem tikus. Letakkan di sudut-sudut kamar mandi yang tidak tergenang air dan tunggu keesokan harinya.
 

2. Menggunakan Aneka Tanaman

Salah satu jenis tanaman yang bisa mengusir kalajengking adalah lavender. Aroma wangi bunga ini ternyata bisa membuat kalajengking enggan masuk ke dalam rumah. Selain bunga lavender, wangi citrus dari aneka jeruk-jerukan juga bisa mengusir hewan satu ini dari tempat tinggal Anda. Caranya cukup dengan menebarkan aroma lavender atau jeruk baik yang langsung dari bunganya atau dengan minyak aromaterapi.
 

3. Bersihkan Tumpukan dari Kamar Mandi Anda

Tumpukan barang-barang di kamar mandi akan menciptakan area lembap yang sangat disukai oleh kalajengking. Supaya kalajengking tidak sampai membuat sarang di dalam kamar mandi, pastikan Anda membersihkan tumpukan barang-barang yang tidak terpakai. Jika ada tong air atau bak portabel di dalamnya, periksa dan bersihkan bagian bawahnya secara berkala.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Secara Alami
 

4. Menggunakan Semprotan Hama

Seperti jenis hewan lain, mengusir kalajengking juga bisa dilakukan dengan menggunakan penyemprot hama. Sebelum melakukan penyemprotan, pastikan dulu di mana titik-titik sarang kalajengking berada. Jangan lupa untuk menanyakan kepada penjual jenis racun hama apa yang bisa bekerja efisien mengusir kalajengking di kamar mandi rumah Anda.

Sebelum melakukan penyemprotan, lindungi diri Anda dengan sarung tangan dan masker. Lakukan penyemprotan di siang hari karena biasanya di waktu-waktu tersebut, kalajengking sedang berdiam di dalam sarang-sarang mereka.
 

5. Menggunakan Cairan Pemutih Pakaian

Kalau Anda khawatir penggunaan cairan pembasmi hama terlalu berbahaya, gunakan cairan pemutih pakaian sebagai gantinya. Caranya adalah dengan menuangkan beberapa sendok takar cairan pemutih pakaian ke dalam saluran pembuangan air. Ulangi setiap minggu untuk memastikan kalajengking ataupun ketonggeng tidak kembali lagi ke dalam kamar mandi.
 

6. Tutup Celah dan Lubang-lubang di Kamar Mandi Anda

Jika pintu kamar mandi rumah Anda sudah berlubang atau ada bagian dinding yang bolong, pertimbangkan untuk memperbaikinya segera. Pasalnya kalajengking dapat masuk ke dalam rumah melalui celah dan lubang-lubang yang terbuka. Untuk lubang yang tidak dapat ditutup permanen, Anda bisa menggunakan kawat kasa sebagai penghalang.

Saluran air yang bocor juga sebaiknya segera diperbaiki. Pipa, keran dan saluran lain yang meneteskan air konon bisa jadi jalan mudah bagi kalajengking untuk masuk ke rumah.

Butuh pipa baru untuk rumah Anda? Klopmart menyediakan beragam pilihan merek dengan harga bersaing. Klopmart juga menyediakan berbagai aksesoris untuk kamar mandi rumah Anda mulai dari keran, closet, shower, wastafel hingga bathtub. Temukan kebutuhan konstruksi lainnya hanya di Klopmart.

Baca juga: Apa itu ketonggeng?

 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Jun 2020

Related Article