Atap & Lantai

6 Cara Menghilangkan Noda di Tembok Rumah yang Membandel

Media
14 Mei 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki tembok rumah yang selalu bersih tanpa noda adalah idaman setiap orang. Bukan hanya perkara kebersihan, tetapi juga soal keindahan dari interior rumah yang tetap terjaga. Namun, tetap saja ada yang menyebabkan tembok rumah kotor, seperti noda-noda yang membandel.

Tidak perlu gusar dan khawatir, ada cara menghilangkan noda di tembok dengan mudah dan gampang. Cara ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah yang mudah ditemukan.

Manfaatkan pasta gigi

Cara menghilangkan noda di tembok rumah yang pertama adalah dengan memanfaatkan pasta gigi yang ada di kamar mandi Anda. Pastikan juga pasta gigi yang akan digunakan adalah pasta gigi reguler yang dipakai pada umumnya, bukan pasta gigi dengan ragam rasa atau modifikasi jenis pasta gigi yang lain. Hal ini agar hasilnya lebih optimal saat membersihkan noda di tembok.

Memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkan noda di tembok ini dapat Anda lakukan terutama jika noda berasal dari krayon atau pensil berwarna yang digunakan oleh anak-anak. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Siapkan kain lap bersih lalu mengoleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap tersebut. Lalu, sapukan lap tersebut pada noda yang ada di tembok. Jangan digosok-gosok, tetapi sapukan saja satu kali, lalu angkat, Sapukan kembali hingga bersih. Terakhir, lap tembok dengan kain basah.


Pakai mayonnaise

Bahan rumahan lainnya selain pasta gigi yang juga dapat dipakai untuk membersihkan noda di tembok adalah mayonaise. Saat membaca ini, Anda barangkali terkejut, namun memang benar mayonaise bisa jadi cara menghilangkan noda di tembok yang cukup ampuh.

Mayonnaise bertekstur lengket dan agak kental ini dapat digunakan untuk membersihkan noda pada tembok. Anda cukup mengoleskan mayonnaise di permukaan noda pada tembok secukupnya sampai menutupi noda. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum disiram dengan air. Lap dengan kain kering bersih.

Gunakan baking powder

Barangkali tidak semua orang memiliki mayonaise di rumah mereka. Alih-alih menggunakan mayonaise, Anda bisa menggunakan baking powder untuk menghilangkan noda membandel di tembok. Apalagi untuk jenis noda yang mengering dan seperti berkerak, baking powder akan sangat cocok.

Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Anda cukup campurkan baking powder secukupnya dengan air hangat. Aduk hingga tercampur merata, lalu oleskan campuran baking powder dan air tersebut pada noda di tembok yang hendak dibersihkan. Gosok perlahan-lahan dengan menggunakan kain lap bersih hingga noda membandel itu perlahan hilang dari tembok rumah Anda.

Bersihkan dengan cairan lemon

Kalau tidak memiliki mayonnaise ataupun baking powder, cukup bersihkan dengan cairan dari perasan buah lemon. Cara menghilangkan noda di tembok ini juga mungkin Anda lakukan jika punya beberapa cadangan buah lemon di kulkas. Sebelum digunakan untuk membersihkan, keluarkan lemon dulu dari kulkas dan biarkan kembali pada suhu ruangan.

Setelah itu, potong buah lemon menjadi dua. Dengan permukaan buah lemon yang terbuka, gosokkan perlahan-lahan pada noda di tembok sambil sedikit diperas agar airnya keluar. Lakukan beberapa kali sampai asam dari lemon melepas noda dari tembok rumah Anda. Setelah itu, lap dengan kain bersih agar tidak tersisa cairan lemon di tembok Anda.

Manfaatkan keasaman cuka

Selain cairan buah lemon yang asam, Anda juga dapat memanfaatkan keasaman dari cuka yang ada di dapur Anda untuk membersihkan noda di tembok rumah Anda. Cuka ini termasuk bahan rumahan yang pasti selalu ada karena jadi bahan untuk memasak juga.

Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok cuka untuk membersihkan noda membandel di tembok rumah Anda. Caranya pun mudah, gunakan kapas dan tuangkan cuka pada kapas tersebut secukupnya. Berikutnya, tinggal gosokkan kapas pada noda hingga tembok rumah kembali bersih seperti sedia kala. Zat asam pada cuka akan mengangkat noda dengan cepat.


Pakai cairan alkohol

Cara menghilangkan noda di tembok rumah yang terakhir adalah dengan memakai cairan alkohol. Tidak harus alkohol yang 100%, Anda dapat menggunakan cairan alkohol dengan persentase berapapun untuk membersihkan noda membandel di tembok. Semakin tinggi persentase alkohol, akan semakin optimal.

Caranya pun tidak jauh berbeda dengan saat mengaplikasikan cuka tadi. Anda hanya perlu menuangkan alkohol pada kapas secukupnya sesuai dengan banyaknya noda yang harus dibersihkan. Lalu, gosok dan bersihkan noda di tembok dengan kapas yang sudah dilumuri alkohol tersebut sampai tembok bersih dari noda.

Pasta gigi, mayonaise, baking powder, cairan lemon, cuka, dan cairan alkohol merupakan beberapa bahan rumahan yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda di tembok. Dari pasta gigi yang dapat menghilangkan noda krayon hingga mayonaise yang efektif untuk noda membandel, setiap bahan memiliki cara penggunaan yang berbeda. Begitu pula dengan baking powder yang cocok untuk noda berkerak, serta cairan lemon, cuka, dan alkohol yang efektif mengangkat noda dengan keasaman alaminya. Dengan mengetahui dan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, kebersihan dan keindahan interior rumah dapat tetap terjaga tanpa harus khawatir dengan noda yang membandel pada tembok.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya