5 Tips Cara Pasang Shower Kamar Mandi Rumah

Ada berbagai tips cara pasang shower kamar mandi rumah. Tips ini bermanfaat untuk Anda agar tidak salah pilih shower hingga mengetahui bagaimana kondisi pemasangan yang benar.

Di dalam kamar mandi biasanya ada dua pilihan alat untuk mandi. Shower dan gayung. Namun seiring berjalannya waktu, shower jauh lebih nyaman untuk digunakan daripada gayung meski harga shower jauh lebih mahal. Salah satu keunggulannya adalah jauh lebih hemat air. Mengapa bisa begitu? Alasannya adalah setiap air yang disemprotkan pasti mengenai badan Anda. Berbeda dengan gayung.

Untuk penggunaan shower sendiri sudah tersedia dari berbagai bentuk, ukuran, keunggulan, hingga harga. Mau shower jenis apa yang digunakan, pilihan ada di tangan Anda. Namun sebelum memutuskan untuk memasang shower kamar mandi rumah, simak tips cara pasangnya di bawah ini.

Tips Memasang Shower di Kamar Mandi

Mengecek Saluran Air

Sebelum Anda memasang shower kamar mandi rumah, pastikan saluran air berjalan dengan lancar. Mengapa demikian? Penggunaan shower membuat aliran air menjadi lebih cepat. Inilah yang membuat saluran air kamar mandi tidak memiliki hambatan. Jika terhambat, air tidak akan deras ketika keluar dari shower.

Kemudian jangan lupa untuk membersihkan penutup saluran air agar tidak ada rambut yang tersangkut. Biasanya karena dipakai oleh wanita, banyak rambut rontok yang tersangkut di sana. Kalau begitu maka bisa membuat saluran mampet.

Baca Juga: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Perhatikan Kekencangan Semprotan Air

Setiap kepala shower memiliki keunggulan berbeda-beda. Ada yang arus airnya cukup lebar hingga lebih kecil. Dalam proses pemilihan kepala shower, Anda harus memilih yang semprotannya bisa diatur. Dengan begitu semprotan tidak akan terlalu keras atau kasar untuk anak-anak. Jauh lebih aman menggunakan kepala shower yang bisa diatur agar dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Shower Kamar Mandi

Menggunakan Hand Shower

Ada dua jenis kepala shower yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah hand shower. Sesuai namanya, hand shower memiliki mobilitas yang tinggi karena bisa Anda pegang selama proses mandi. Bahkan anak-anak pun bisa memegangnya.

Kemudian, hand shower juga bisa diarahkan ke bagian tubuh tertentu yang membutuhkan air, seperti beberapa area lipatan di tubuh. Kebersihan tubuh sudah pasti lebih terjamin dengan hand shower.

Buat Sekat Untuk Area Mandi

Anda memiliki luas kamar mandi yang cukup besar? Jika jawabannya ya, Anda bisa membuat sekat untuk area mandi. Penggunaan sekat untuk area mandi ini agar air tidak bercipratan ke seluruh sudut kamar mandi.

Selain itu tidak ada bekas air sabun yang berceceran. Kalau didiamkan malah bisa membawa celaka karena licin saat diinjak. Dinding kamar mandi juga lebih bersih dengan adanya sekat. Sekat area mandi memang memberikan banyak kelebihan.

Baca Juga: Keramik Dinding Kamar Mandi

Pikirkan Penggunaan Wall Shower

Wall shower memang semakin terkenal saat ini. Dengan sistem yang sudah tertanam dalam dinding mandi, Anda tidak perlu memegang kepala shower dalam proses mandi. Namun sebenarnya dari sisi penghematan air menjadi lebih berkurang karena kepala shower tidak bisa Anda arahkan sendiri. Seluruh air hanya akan keluar dari bagian atas kepala Anda.

Namun jika memang Anda tidak bermasalah dan melihat wall shower membawa kemudahan tersendiri, maka jangan ragu untuk menggunakannya.

Cara Pasang Shower di Kamar Mandi

Siapkan Pipa Air

Gunakan pipa air sebagai saluran air untuk shower kamar mandi. Jika Anda menggunakan air panas atau water heater, maka Anda juga harus memasang pipa air khusus untuk saluran air panas.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pipa Saluran Air

Siapkan Keran Air

Setelah memasang pipa air, Anda selanjutnya harus memasang keran air. Sama seperti pipa, Anda juga harus mempersiapkan dua kran jika Anda menggunakan air panas. Mengapa kran air panas dan air dingin dibedakan? Hal ini untuk menjaga jika salah satu rusak maka Anda masih memiliki satu kran lainnya.

Pasang Stop Keran

Setelah pipa dan keran air terpasang, sekarang Anda perlu memasang stop kran. Serupa dengan pipa dan krain air, Anda harus memiliki dua buah stop kran: kran air panas dan air dingin. Untuk stop kran air panas, ada baiknya Anda menggunakan bahan logam.

Siapkan Pipa Shower Kamar Mandi

Untuk pipa shower kamar Mandi, gunakan pipa fleksibel dengan ukuran 25 hingga 30 cm dengan pipa besi T ukuran 12 inchi.

Pasang Seal Tape

Sebelum memasang seal tape, matikan terlebih dahulu saluran air. Setelah memastikan saluran air dimatikan, pasang seal tape pada drat kran dan setiap alur kran.

Pasang Pipa T

Berikutnya, pasang pipa T pada salah satu stop kran. Pastikan pemasangan sangat erat dan tidak ada kebocoran.

Baca Juga: 4 Cara Instalasi Pipa Air yang Benar dan Perlu untuk Diketahui

Sambungkan Pipa Fleksibel

Pada ujung stop kran, sambungkan pipa fleksibel shower kamar mandi. Gunakan kunci inggris untuk membantu menyambung pipa fleksibel.

Pasang Selang Shower Kamar Mandi

Setelah memasang semuanya, langkah berikutny adalah memasang selang shower kamar mandi. Pasang penggantung shower pada dinding kamar mandi untuk menyimpan selang shower.

Itulah cara pasang shower untuk kamar mandi rumah. Dalam setiap langkah pemasangan shower kamar mandi, pastikan tidak ada kebocoran atau kemungkinan untuk terjadinya kebocoran yang bisa terjadi. Gunakan peralatan seperti kunci inggris atau seal tape untuk membantu Anda merekatakan tiap bagian saat memasang shower kamar mandi.

Anda juga bisa mendapatkan produk shower terbaik bersama Klopmart. Sebagai e-commerce bahan material konstruksi bangunan, terdapat berbagai pilihan shower dengan berbagai merek dan keunggulan. Dengan informasi cara pasang shower kamar mandi rumah, kunjungi jual shower Wasser bersama Klopmart sekarang juga.

Cek harga klik disini


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Jan 2021

Related Article